Managed dan Unmanaged Web Hosting, Apa Perbedaannya?

287
7 min read

Bisnis online umumnya membutuhkan website. Dengan semakin bertambahnya kebutuhan website, semakin bertambah pula kebutuhan hosting karena website tidak bisa berjalan tanpa adanya hosting. Saat memilih web hosting Indonesia, calon pembeli bisa memilih managed web hosting atau unmanaged web hosting. 

Baik managed maupun unmanaged web hosting hadir dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Dengan begitu, pemilik bisnis online bisa mempertimbangkan jenis hosting mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Jika belum pernah mendengar istilah managed web hosting dan unmanaged web hosting, sekarang saatnya untuk mencari informasi tersebut agar bisa menentukan layanan hosting seperti apa yang dibutuhkan.

Sekilas Tentang Hosting

Web hosting dibutuhkan untuk menyimpan data dan file website. (Sumber: freepik)
Web hosting dibutuhkan untuk menyimpan data dan file website. (Sumber: freepik)

Saat ini, semakin mudah untuk mendapatkan hosting murah berkualitas karena semakin banyak penyedia hosting di Indonesia. Ini tentunya memberikan keuntungan sehingga kamu memiliki pilihan yang lebih banyak. 

Akan tetapi, ini juga bisa menjadi tantangan tersendiri karena menentukan layanan hosting yang tepat bukanlah perkara yang mudah.

Sebelum memilih layanan hosting, pastikan kamu juga tahu apa saja perbedaan domain dan hosting agar tidak salah mengartikan karena dua hal tersebut berbeda meskipun keduanya diperlukan untuk menjalankan sebuah website.

Agar mendapatkan pilihan yang tepat, terlebih dahulu kamu harus mengerti apa itu hosting. Sederhananya, hosting bisa kita artikan sebagai tempat penyimpanan data dan file website agar bisa diakses oleh para pengunjung. Semakin banyak konten yang dipublikasikan di website, semakin besar pula kapasitas penyimpanan yang diperlukan.

Terdapat berbagai jenis hosting yang ditawarkan dan bisa pengguna sesuaikan dengan kebutuhan mereka. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel tentang jenis-jenis hosting.

Fungsi Hosting

Fungsi web hosting
Menyimpan data website adalah fungsi utama hosting. (Sumber: freepik)

Hosting memiliki peran penting agar website bisa diakses oleh para pengunjung. Kamu mungkin sudah tahu jika hosting digunakan sebagai tempat untuk menyimpan file dan data website. Akan tetapi, fungsi hosting tidak terbatas di situ saja.

Pada umumnya, hosting memiliki beberapa fungsi penting, di antaranya adalah sebagai berikut.

Tempat Menyimpan Data

Menyimpan data sebuah website adalah fungsi utama hosting sehingga memudahkan pemilik website mengelola data tersebut agar bisa ditampilkan di halaman web. Website yang dibuat dengan beragam konten dan file memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar.

Meningkatkan Performa Website

Tahukah kamu juga hosting juga berkontribusi dalam peningkatan performa website? Untuk mendapatkan fungsi satu ini, kamu bisa memilih hosting yang menawarkan fitur unggulan sehingga website akan lebih stabil. 

Baca Juga  Catat! Ini 10 Kesalahan dalam Memilih Hosting yang Wajib Dihindari

Dengan begitu, waktu loading website menjadi lebih cepat sehingga para pengunjung akan semakin senang dan nyaman saat menjelajahi tiap halaman websitemu.

Meningkatkan SEO

Agar bisa ditemukan pengguna, maka website harus ada di posisi tinggi hasil pencarian Google. Hosting memang tidak bisa meningkatkan hasil Search Engine Optimization atau SEO secara langsung, tetapi kecepatan website tergantung menjadi faktor penting dalam optimasi SEO

Hosting berkualitas mampu membuat website berjalan dengan cepat dengan waktu loading yang singkat.

Jika hosting yang saat ini kamu gunakan tidak bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan website dalam hal kecepatan, kamu bisa pindah hosting yaitu dengan mentransfer hosting ke penyedia yang berbeda.

Melindungi Website dari Hacker

Mungkin tidak banyak orang yang tahu jika hosting dapat memberikan keamanan yang kuat untuk website. Jika hosting mudah diakses dan diretas oleh hacker, maka ia bisa mengakses semua data yang tersimpan. Untuk itu, kamu perlu hosting yang menawarkan keamanan tingkat tinggi.

Email Bisnis Terlihat Lebih Profesional

Saat menjalankan bisnis, semua harus direncanakan dengan baik, termasuk email. Bisnis harus terlihat lebih profesional dan hal tersebut bisa dilakukan bahkan melalui email. Saat mengirim email ke pelanggan atau klien, akan lebih baik jika menggunakan domain sendiri. Sehingga email akan terlihat lebih profesional dan kredibel. 

Managed Hosting vs Unmanaged Hosting

Tantangan dalam memilih hosting tidak lantas berakhir saat kamu sudah menentukan jenis hosting mana yang sesuai. Pasalnya, hosting menawarkan dua pilihan paket yaitu managed web hosting dan unmanaged web hosting. Dilihat dari namanya saja, kamu bisa tahu bahwa keduanya adalah paket hosting yang berbeda. 

Untuk bisa memahami apa saja perbedaan manageg hosting vs unmanaged hosting, kita simak uraiannya berikut.

Apa Itu Managed Web Hosting?

Managed hosting menawarkan berbagai kelebihan. (Sumber: freepik)
Managed hosting menawarkan berbagai kelebihan. (Sumber: freepik)

Salah satu layanan yang bisa didapatkan saat memilih web hosting adalah managed web hosting. Layanan tersebut bisa kamu tambahkan sebagai pertimbangan saat memilih shared hosting vs dedicated hosting

Seperti namanya, managed hosting mengacu pada hosting plan yang semua keperluan administrasi dan pengelolaan hosting dilakukan oleh penyedia hosting.

Akan tetapi, kamu mungkin harus menyiapkan uang yang lebih untuk mendapatkan layanan satu ini. Tetapi, tidak perlu khawatir karena setiap uang yang kamu keluarkan sangat bernilai terlebih dengan  berbagai keuntungan yang bisa didapatkan. 

Meski demikian, managed web hosting juga hadir dengan beberapa kekurangan.

Baca Juga  Apa Itu Imunify360 dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan membeli managed web hosting yang perlu kamu tahu sebelum memutuskan untuk memilihnya.

KelebihanKekurangan
Web hosting akan dikelola oleh penyedia hosting sehingga kamu memiliki tugas maintenance yang lebih sedikitMengeluarkan biaya yang lebih
Penyedia hosting bertanggung jawab dalam melakukan berbagai tugas seperti keamanan dan updateKurang fleksibel dalam menentukan plugin dan versi software
Akses ke dukungan pelanggan (customer support) yang lebihAkses ke konfigurasi akun menjadi terbatas
Tidak perlu mengkhawatirkan detail website karena akan diurus oleh penyedia hosting

Apa Itu Unmanaged Web Hosting?

Unmanaged web hosting hadir dengan harga terjangkau. (Sumber: freestock)
Unmanaged web hosting hadir dengan harga terjangkau. (Sumber: freestock)

Unmanaged web hosting merupakan kebalikan dari managed hosting, di mana semua kebutuhan yang berhubungan dengan web hosting akan dikelola oleh pengguna hosting tersebut. 

Dengan kata lain, penyedia hosting hanya menyediakan layanan hosting namun tidak bertanggung jawab dalam mengurus atau mengelola hosting tersebut.

Sebelum memutuskan untuk memilih unmanaged web hosting, pastikan kamu siap dengan semua hal yang mungkin terjadi termasuk risiko dan masalah yang harus diperbaiki tanpa bantuan yang lebih dari penyedia hosting.

Selain itu, kamu juga harus memiliki pengetahuan teknis yang mendalam mengenai sistem operasi berbasis Linux maupun Windows. Unmanaged web hosting biasanya minim aplikasi atau program sehingga pengguna harus menambahkannya sendiri. 

Dengan kata lain, memilih unmanaged web hosting berarti kamu harus mengelola konfigurasi aplikasi sendiri. Seperti halnya managed hosting, unmanaged web hosting juga menawarkan berbagai kelebihan namun juga memiliki kekurangan.

KelebihanKekurangan
Lebih hemat biaya (terjangkau)Dukungan yang terbatas
Fleksibel dalam hal pemasangan kebutuhan plugin dan softwareHarus memiliki pengetahuan teknis yang mendalam
Akses penuh ke cPanel untuk konfigurasi akunMemakan waktu
Akses penuh ke server sehingga bisa melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan dan keinginan
Kontrol yang lebih untuk urusan keamanan dan backup data

Managed Web hosting vs Unmanaged Web Hosting: Mana yang Lebih Baik?

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa baik managed maupun unmanaged web hosting memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Untuk menentukan layanan mana yang lebih baik, semua kembali ke kebutuhan dan kemampuan pengguna dalam mengelola hosting yang akan dibeli. Sehingga kamu juga bisa menghindari kesalahan dalam memilih hosting

Selain itu, beda jenis website beda pula layanan yang dibutuhkan. Apabila kamu tidak punya banyak waktu atau pengetahuan teknis yang dibutuhkan dalam mengelola web hosting, sebaiknya memilih managed web hosting. 

Meski harus mengeluarkan biaya yang lebih, tetapi kamu bisa memanfaatkan promo hosting sehingga managed hosting menjadi lebih terjangkau. 

Namun, jika kamu ingin lebih leluasa dalam mengelola hosting secara mandiri dan memiliki pengetahuan teknis yang pastinya dibutuhkan saat menggunakan hosting, maka unmanaged web hosting dapat menjadi pilihan hosting yang paling sesuai. Terlebih, kamu bisa menghemat biaya sehingga uang tersebut bisa dialokasikan untuk kebutuhan website lainnya. 

Kesimpulan

Dengan adanya managed web hosting dan unmanaged web hosting, pengguna hosting memiliki pilihan yang bisa mereka sesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya, mereka memilih layanan hosting berdasarkan berbagai pertimbangan termasuk kemudahan, efektivitas, dan efisiensi dalam mengelola hosting.

Sudah tahu layanan hosting mana yang akan kamu pilih? Jika sudah  menentukan pilihan hosting, kini kamu bisa menghubungi Exabytes agar website bisa segera digunakan untuk bisnis online yang kamu rencanakan.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments