Tren Digital Marketing 2022, Yuk Terapkan di Bisnis Online Anda!

324
8 min read

Kini kita berada di tahun 2022 yang artinya bahwa kita harus mengikuti tren digital marketing di tahun ini. Tujuannya adalah agar bisnis semakin dikenal oleh banyak orang yang menjadi target konsumen.

Marketing merupakan sebuah bagian dari bisnis. Saat ini, perusahaan atau bisnis lebih fokus ke marketing secara digital meskipun mereka tetap menjalankan pemasaran konvensional. 

Dengan mengetahui perbedaan traditional marketing vs digital marketing, kamu akan semakin yakin untuk mulai menggunakan digital marketing.

Sekilas Tentang Digital Marketing

apa itu digital marketing
Digital marketing menjadi pilihan banyak bisnis online. (Sumber: freepik)

Dilihat dari namanya saja kita bisa mengartikan bahwa digital marketing adalah upaya untuk memasarkan produk atau layanan secara digital. Ada banyak cara dan media untuk melakukan pemasaran digital dan salah satunya adalah menggunakan search engine marketing

Dengan banyaknya pilihan media dan strategi marketing secara online, kamu bisa menjangkau lebih banyak target pasar. Alhasil, kesempatan untuk mendapatkan pelanggan baru juga semakin terbuka lebar. 

Akan tetapi, hasil yang didapatkan bergantung dari usaha dan cara membangun strategi digital marketing yang dimiliki masing-masing perusahaan atau bisnis. Jadi, pastikan kamu memilih strategi yang tepat agar tujuan bisnis tercapai.

Manfaat Digital Marketing

Setiap jenis pemasaran, baik traditional marketing maupun digital marketing memberikan manfaat. Karena kali ini bisnis kamu akan lebih berfokus pada pemasaran secara digital, jadi kamu harus terlebih dahulu mencari tahu apa saja manfaat digital marketing

Salah satu manfaat dari pemasaran produk atau layanan secara digital adalah jangkauan pasar yang lebih luas dan tepat sasaran. Dengan berbagai media dan strategi yang digunakan, kamu berkesempatan untuk menjangkau target pasar yang lebih luas tanpa batasan letak geografis.

Kamu juga bisa menentukan target konsumen yang ingin dijangkau saat melakukan promosi dengan mempertimbangkan berbagai hal termasuk usia, jenis kelamin, hobi, profesi, dan lain sebagainya.

Tujuan dari marketing adalah untuk meningkatkan penjualan. Dengan menjalankan digital marketing, kamu memiliki kesempatan yang lebih agar angka penjualan meningkat. Ini adalah manfaat lain dari menggunakan digital marketing untuk kebutuhan pemasaran.

Tren Digital Marketing di Tahun 2022

Tren digital marketing 2022
Tren digital marketing di tahun 2022 yang bisa kamu terapkan. (Sumber: freepik)

Setelah tahu apa saja manfaat digital marketing, apakah kamu memutuskan untuk berpindah dari konvensional ke digital marketing? Menggunakan strategi pemasaran digital atau pun konvensional adalah sebuah pilihan. Kamu bahkan bisa menjalankan keduanya secara bersamaan.

Untuk bisa mencapai tujuan digital marketing yang sudah dibuat, kamu harus terbuka dengan tren digital marketing yang mungkin berubah dan berkembang setiap tahunnya. 

Kamu juga harus mengetahui apa saja digital marketing metric yang perlu dipahami untuk mengoptimalkan strategi marketing yang sedang dijalankan.

Implementasi digital marketing yang tepat juga diharapkan bisa menekan churn rate sehingga bisnis memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan melalui penjualan dan kepercayaan dari pelanggan setia.

Lalu, apa saja tren digital marketing di tahun ini? Berikut adalah beberapa tren digital marketing yang bisa diterapkan di bisnis online milikmu!

Baca Juga  Ikuti Exabytes Digital Day On Air (Webinar) : Boost Your Sales with Facebook Ads & Google Ads Sambil Berdonasi!

Konten

konten menjadi tren digital marketing
Konten kembali menjadi tren digital marketing di tahun 2022. (Sumber: freepik)

Di era digital seperti sekarang ini, para pemilik bisnis berlomba-lomba mendapatkan perhatian dari konsumen melalui berbagai media pemasaran termasuk konten. Ya, konten marketing masih banyak digunakan untuk menarik perhatian pengguna internet.

Konten yang digunakan untuk marketing tidak harus selalu berupa teks. Kamu bisa memilih jenis konten lain seperti gambar, video, audio, infografis, e-book, dan lainnya.

Agar upaya marketing tersebut memberikan hasil yang lebih maksimal, jangan lupa untuk mempelajari cara membangun strategi konten marketing yang tepat. Konten masih tetap menjadi tren digital marketing yang bisa kamu terapkan karena mesin pencari masih menjadi sumber trafik berkualitas. 

Video

Tidak semua orang senang membaca, oleh karena itu pebisnis dan marketer harus mencari strategi marketing lain selain konten berupa artikel. Jika berbicara tentang tren digital marketing, di tahun ini video masih menjadi tren yang sangat layak untuk kamu gunakan untuk memasarkan produk secara digital. 

Dengan kata lain, kamu masih bisa mengoptimalkan video marketing dengan membuat video berkualitas yang mampu menarik perhatian pengguna.

Paid Search

Tren digital marketing selanjutnya yang masih bisa kamu terapkan adalah paid search seperti Google Ads Indonesia. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa search engine seperti Google masih menjadi sumber trafik utama karena banyaknya pencarian berawal dari sana. 

Dengan demikian, kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan trafik, leads, dan calon pelanggan atau konsumen. Kamu bisa memasang iklan Google Ads menggunakan keyword yang banyak digunakan oleh pengguna internet saat melakukan pencarian. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan keyword yang sudah terlebih dahulu kamu riset dan berhubungan dengan produk atau layanan yang ditawarkan di website milikmu.

Penasaran apa itu leads? Artikel satu ini bisa membantu kamu mendapatkan informasi seputar leads.

Influencer Marketing

Influencer marketing masih menjadi tren yang relevan di tahun 2022. Melalui influencer, kamu bisa memengaruhi audiens potensial untuk memilih produk atau layanan yang kamu jual. Di tahun ini, ada banyak cara untuk mengimplementasikan influencer dalam strategi digital marketing.

Kini, ada platform Tiktok yang tengah populer dan memiliki banyak pengguna aktif. Platform tersebut juga bisa kamu manfaatkan untuk menerapkan strategi influencer marketing

Jika masih ingin berfokus pada sosial media Instagram, gunakan Instagram reels untuk kepentingan marketing. Reels adalah fitur terbaru dari Instagram yang saat ini sedang disenangi oleh para pengguna Instagram.

Mobile Marketing

Mobile marketing
Mobile marketing untuk hasil marketing maksimal. (Sumber: pixabay)

Saat memutuskan untuk memasarkan produk melalui internet, kamu pasti akan menemukan berbagai istilah digital marketing dan salah satunya adalah mobile marketing

Di tahun 2022, mobile marketing masih menjadi tren yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih dari bisnis online

Pembeli menggunakan perangkat seluler mereka untuk mencari produk dan melakukan pembelian online, terlebih di saat pandemik seperti sekarang ini.

Untuk menerapkan tren digital marketing satu ini, pastikan website kamu mobile-friendly. Agar bisa mencapai tujuan, website kamu harus responsif di semua perangkat seluler karena pengunjung menggunakan smartphone yang berbeda saat mengakses website kamu.

Artificial Intelligence (AI)

Untuk kamu yang ingin memaksimal ROI dari penggunaan strategi pemasaran digital, Artificial Intelligence (AI) adalah tren digital marketing 2022 yang patut untuk dicoba.

Baca Juga  10+ Tips Memilih Jasa Digital Marketing Indonesia Terpercaya

Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi kecerdasan buatan yang semakin banyak digunakan dalam digital marketing. Dengan teknologi ini, marketer bisa mempelajari, menganalisa, dan membuat kesimpulan berdasarkan data yang didapatkan. 

Untuk mengoptimasi digital marketing, ada beberapa tools dari AI yang bisa dimanfaatkan seperti Hubspot dan Google Cloud AI.

Mobile atau Live Streaming Shopping

Berbelanja kini bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah terlebih dengan banyaknya toko online yang bisa memenuhi kebutuhan para konsumen. 

Bahkan kini kita bisa berbelanja melalui live streaming seperti yang banyak dijumpai di platform TikTok. Ini juga membuktikan bahwa live streaming shopping kini menjadi tren digital marketing yang tidak boleh kamu lewatkan.

Personalized Email Marketing

email marketing
ngkau audiens secara personal melalui email marketing. (Sumber: freestock)

Email marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang juga harus kamu coba, terlebih kini personalized email marketing menjadi tren digital marketing di tahun 2022. 

Melalui email yang dikirimkan kepada audiens, kamu bisa menjalin hubungan menggunakan cara yang lebih halus secara personal. 

Kamu bisa menawarkan produk atau layanan sesuai preferensi atau minat audiens sehingga mereka akan merasa lebih diperhatikan. Tanpa harus menghabiskan waktu untuk melakukan pencarian, mereka bisa mendapatkan produk yang dicari.

Konten email marketing bisa bervariasi. Kamu bahkan bisa menginformasikan audiens saat bisnis kamu memberikan penawaran khusus misalnya harga khusus atau diskon untuk pembelian pertama dan cashback untuk pelanggan setia. Semua bisa kamu sesuaikan dengan mempelajari data audiens yang kamu punya.

Namun, pastikan konten pada email marketing harus dibuat semenarik mungkin agar penerima email penasaran dan kemudian membaca email tersebut. Selain itu, Call to Action juga harus kamu tambahkan ke dalam konten tersebut agar pembaca terpengaruh untuk melakukan tindakan selanjutnya.

Chatbot

Sebagai pebisnis, layanan pelanggan atau customer service menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Saat ini, pelanggan selalu ingin mendapatkan respon yang cepat karena semakin merasa dimanjakan oleh kemudahan dalam mengakses apapun.

Chatbot bisa menjadi solusi bagi bisnis yang ingin memberikan respon cepat kepada setiap pelanggan. Chatbot juga menjadi salah satu tren digital marketing di tahun ini. 

Dengan memasang chatbot di website, pelanggan bisa mendapatkan informasi terkait produk atau layanan melalui obrolan otomatis.

Chatbot memungkinkan kamu berkomunikasi dengan pelanggan setia maupun calon pelanggan potensial tanpa batasan waktu. Penggunaan chatbot juga diharapkan bisa meningkatkan conversion rate website karena pengunjung merasa mendapatkan perlakuan spesial serta bisa segera mendapatkan apa yang mereka cari. 

Kesimpulan

Digital marketing memang mampu memberikan hasil yang menjanjikan, namun semua itu kembali pada strategi dan upaya yang dilakukan oleh masing-masing bisnis atau perusahaan. 

Dengan mempelajari tren digital marketing, kamu bisa mengetahui apa saja strategi yang paling tepat untuk diimplementasikan dalam pemasaran digital.
Karena paid search menjadi salah satu tren digital marketing di tahun 2022, kamu bisa mengoptimalkan iklan Google dengan memilih Exabytes untuk mendapatkan jasa Google Ads yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan iklan dan promosi.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments