Apa Itu CPENT? Berikut Pengertian dan Definisinya Lengkap

0
2246

Apa itu CPENT ? CPENT (Certified Penetration Testing Professional) adalah program lanjutan untuk Certified Ethical Hacker (CEH) untuk memenuhi syarat sebagai Master Licensed Penetration Tester (LPT).

Nah, bagi kamu yang lulus ujian dengan skor di atas 90%, kamu memiliki pilihan untuk mendapatkan sertifikat LPT kamu secara langsung.

Apa Itu CPENT?

apa itu cpent

CPENT (Certified Penetration Testing Professional) adalah sertifikasi dari En-Council, dimana program ini mengajarkan metode efektif untuk menembus jaringan perusahaan yang harus diserang, dieksploitasi, dihindari, dan dilindungi.

Inti dari program CPENT ini adalah untuk memberikan keterampilan pengujian penetrasi menggunakan serangan cyber yang disimulasikan terhadap sistem perusahaan kamu, sekaligus menguji kerentanan dan kekuatan sistem yang digunakan.

Apa Itu Penetration Testing?

Penetration Testing dapat dianggap sebagai alat pengujian menggunakan simulasi serangan cyber terhadap sistem perusahaan kamu dan juga untuk memeriksa kerentanan dan kekuatan sistem yang digunakan.

Prosedur ini menentukan sistem tujuan khusus yang mengevaluasi informasi yang dapat diakses dan menggunakan metodologi yang berbeda untuk mencapai tujuan yang dinyatakan.

Kamu tidak perlu bingung menguji penetrasi dengan penilaian kerentanan. Sementara penilaian kerentanan adalah kegiatan menemukan kelemahan yang diketahui, kegiatan pengujian pena berusaha untuk secara proaktif mengeksploitasi kelemahan dalam jaringan.

Demikian pula, melalui pengujian penetrasi, kamu dapat menentukan apakah proses defensif yang saat ini diterapkan pada sistem cukup kuat untuk mencegah kemungkinan lubang keamanan.

Baca juga: Apa itu Cyber Crime? Kenali 8 Jenis dan Cara Pencegahannya

Mengapa Kamu Membutuhkan Penetrasi Test?

Tujuan pengujian penetrasi adalah untuk menjaga data penting tetap aman dan terlindungi dari akses tidak sah oleh pelaku kejahatan. Penguji penetrasi harus secara proaktif memeriksa kerentanan teknis, kelemahan desain, dan kerentanan lainnya untuk memperkuat sistem secara efektif.

Keamanan bukan hanya tentang bagaimana perangkat lunak dan mesin merespons upaya penyusupan. Faktor-faktor lain juga penting, termasuk:

  • Kesadaran keamanan karyawan
  • Efektivitas kebijakan privasi perusahaan
  • Rencana respons insiden sebagai kinerja bisnis
  • Perhatikan kepatuhan karyawan terhadap peraturan perusahaan

Tentunya, Anda tidak ingin server Anda dengan udah diserang oleh pihak yang bertanggung jawab. Sebelum hal itu terjadi, cari tahu kekurangan Anda terlebih dahulu.

Seberapa Sering Kamu Harus Melakukan Penetrasi Test?

Kamu harus melakukan pengujian penetrasi secara teratur untuk memastikan keandalan sistem TI dan manajemen keamanan kamu. Meskipun setiap bisnis memiliki kebutuhan uniknya sendiri, yang terbaik adalah melakukan uji penetrasi 1-2 kali per tahun.

Kamu dapat mengikuti 3 poin sederhana di bawah ini untuk mengetahui seberapa sering bisnis kamu harus melakukan pengujian penetrasi.

  1. Perubahan pada infrastruktur kritis, perangkat lunak, dan kebijakan. Organisasi mengubah arsitektur dan sistem mereka karena berbagai alasan. Pengujian penetrasi baru diperlukan untuk menilai kembali keamanan jaringan kamu dan memastikan bahwa kerentanan yang tidak terduga dapat dideteksi dan dikurangi dengan cepat.
  2. Tentukan kebutuhan. Ini akan mempengaruhi pengujian penetrasi. Sebagian besar perusahaan berusaha untuk mematuhi persyaratan peraturan industri untuk memenuhi akuntabilitas mereka, memenangkan kepercayaan pelanggan baru, dan mempertahankan model lama. Standar kepatuhan yang memerlukan pengujian penetrasi meliputi HIPAA, PCI DSS, GLBA, FISMA, dan ISO 27001.
  3. Menilai risiko serangan dunia maya perusahaan kamu. Ini berfokus pada mengidentifikasi, memperkirakan, dan memprioritaskan proses yang aman dan menerapkan sistem informasi yang kuat. Kamu dapat mendeteksi kerentanan dan kelemahan keamanan yang perlu dimitigasi menggunakan penilaian risiko dunia maya.

Untuk menjadi ahli cyber security, kamu harus memperoleh keterampilan pengujian penetrasi dengan berpartisipasi dalam program pelatihan dan sertifikasi online yang tersedia untuk umum.

Pelajari Lebih Lanjut Apa Itu CPENT dan Menjadi Penguji Penetrasi

Sebagian besar posisi keamanan siber memerlukan sertifikasi profesional selain pendidikan dan pengalaman kerja. Sertifikasi dan pelatihan keamanan siber adalah tambahan yang berguna untuk resume kamu.

Kamu dapat mempelajari keterampilan sebagai penguji penetrasi melalui program pelatihan dan sertifikasi online yang dijalankan oleh banyak perusahaan IT, organisasi profesional, dan sekolah online.

Ada beberapa program sertifikasi pengujian penetrasi yang populer di pasaran, seperti Certified Penetration Testing Professional (CPENT) dan Licensed Penetration Tester (LTP Master).

Sedikit tentang Certified Penetration Testing Professional dari EC-Council.

Certified Penetration Testing Professional adalah program yang ditawarkan oleh EC-Council untuk persiapan tes penetrasi yang andal dan tidak terjebak dengan alat, ruang lingkup dunia maya dan tentu saja dapat memberikan hasil pelaporan positif di akhir misi yang dapat membantu perusahaan meningkatkan setiap aspek keamanan.

Dalam program ini, kamu akan mempelajari berbagai jenis metodologi pentest. Buat exploit sendiri, OT System, IOT pentest, membuat tools pentest sendiri, melakukan advance binary exploitation dll.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments