Apa Itu LAN? Pengertian, Manfaat, dan Cara Menggunakan LAN

0
154

Apa itu LAN adalah informasi yang bisa kamu cari tahu melalui artikel ini. Bahkan, kamu juga bisa memahami manfaat dan cara menggunakan LAN untuk kebutuhan jaringan di area yang kecil, misalnya di rumah atau kantor.

Sekilas tentang Apa Itu LAN

Sekilas tentang Apa Itu LAN

Apa itu LAN? LAN adalah singkatan dari Local Area Network, yaitu jaringan komputer yang terdiri dari beberapa perangkat yang terhubung satu sama lain di lingkungan area yang kecil, misalnya di kantor, kampus, atau rumah.

Jaringan tersebut memungkinkan beberapa perangkat berkomunikasi dan berbagai resource secara efisien. LAN banyak digunakan oleh perusahaan atau institusi yang ingin memiliki akses ke data atau informasi dengan mudah dan cepat.

LAN terdiri dari token ring, ethernet, FDDI, dan ARCNET. Jenis LAN yang banyak digunakan adalah jaringan ethernet, yaitu jaringan yang menggunakan Unshielded Twisted Pair (UTP) atau kabel fiber optic untuk melakukan transmisi data antar perangkat komputer.

Penggunaan LAN diyakini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Di mana karyawan bisa mengakses informasi maupun berbagi sumber daya dengan antara satu perangkat dengan perangkat lain. Jadi, tidak heran apabila beberapa komputer bisa menggunakan printer atau scanner secara bersama-sama.

Cara Kerja Local Area Network (LAN)

Memahami apa itu LAN berarti kamu juga harus mengetahui seperti apa cara kerja jaringan tersebut. Mungkin kamu tidak pernah menyangka bahwa ternyata LAN bekerja dengan cara yang mirip dengan jaringan internet lainnya. Naamun, jaringan LAN akan menghubungkan komputer sekaligus menyediakan akses bersama ke berbagai hal, termasuk file, printer, dan lainnya.

Untuk arsitektur jaringan, LAN termasuk dalam kategori peer to peer atau client server. Jadi, beberapa perangkat klien terhubung ke server pusat. Hal tersebut memudahkan komputer satu untuk mengakses aplikasi atau file dari komputer lain yang berada dalam naungan server yang sama.

Agar dapat bekerja, LAN memerlukan perangkat jaringan seperti switch dan router. Dengan begitu, LAN dapat menghubungkan perangkat klien dalam jaringan. Jika perangkat klien sudah terhubung ke switch melalui kabel jaringan, switch kemudian akan mengatur pengiriman data antar perangkat.

Apabila ada kebutuhan untuk mengirim data ke perangkat di luar jaringan LAN, router akan bekerja, yaitu dengan mengarahkan data ke jaringan yang dituju.

Untuk kebutuhan komunikasi dalam jaringan LAN, protokol TCP/IP memiliki peran penting di dalamnya. Tugasnya adalah memastikan bahwa data dikirim secara aman dan akurat ke berbagai perangkat yang ada di dalam jaringan.

Kamu bisa mengatur jaringan LAN ke dua mode berbeda, mode kabel dan mode nirkabel. Seperti namanya, mode kabel memerlukan kabel jaringan agar perangkat dapat terhubung. Sementara untuk mode nirkabel (wireless), perangkat bisa terhubung melalui Wi-Fi.

Fungsi LAN

Fungsi LAN

Sudah tahu apa itu LAN namun informasi tersebut saja belum cukup? Itu artinya, kamu juga harus tahu fungsi dari Local Area Network (LAN), bukan? Secara umum, jaringan ini berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer di dalam jaringan. Sehingga memungkinkan proses kerja yang lebih cepat dan mudah.

Meski demikian, fungsi LAN tidak terbatas hanya pada hal tersebut saja. Terdapat beberapa fungsi lain yang juga harus kamu tahu agar semakin memahami apa saja fungsi LAN bagi pengguna, termasuk:

Memindahkan File dari Satu Komputer ke Komputer Lain

LAN dapat menghubungkan beberapa perangkat. Artinya, jaringan ini juga dapat memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain. Jadi, pengguna tidak perlu menggunakan alat tambahan untuk dapat memindahkan file yang akan mereka gunakan. Cukup memanfaatkan metode sharing pada komputer yang digunakan.

Memungkinkan Pengguna Berkomunikasi Menggunakan LAN Chatting

Fungsi lain dari penggunaan LAN adalah memungkinkan pengguna berkirim pesan berkat adanya LAN chatting. Menariknya lagi, komunikasi tersebut bisa terjadi tanpa memerlukan koneksi internet namun jaringan LAN akan tetap terlihat online.

Dengan menggunakan LAN chatting, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi bawaan Windows seperti winchat.exe. Mereka juga bisa menggunakan software LAN chatting lain sesuai preferensi.

Memungkinkan Pengguna Berbagi Printer

Selain berbagai file dengan mudah dan cepat melalui metode sharing pada perangkat, LAN juga memungkinkan para pengguna untuk berbagi printer.  Itu artinya pengguna bisa menggunakan printer secara bersama-sama tanpa harus repot memindahkan printer atau komputer yang mereka gunakan.

Fungsi LAN satu ini seringkali ditemui di beberapa tempat seperti tempat sewa komputer, kantor, atau lainnya.

Sebagai Remote Komputer

Hendak melakukan aktivitas remote pada komputer tertentu? Jika iya, kamu bisa memanfaatkan fungsi LAN satu ini, sebagai remote komputer. 

Biasanya, untuk kebutuhan remote komputer, ada berbagai software yang bisa digunakan, misalnya TeamViewer atau Anydesk. Akan tetapi, software remote tersebut hanya bisa bekerja apabila tersambung ke jaringan internet.

Berbeda halnya apabila kamu memanfaatkan jaringan LAN. Remote bisa dilakukan tanpa harus terhubung ke jaringan internet. Yaitu dengan memanfaatkan fitur Remote Desktop Manager/ Connection yang tersedia di Microsoft. Bahkan, kamu bisa mengontrol komputer di dalam jaringan LAN.

Karakteristik LAN

Seperti namanya, LAN atau Local Area Network merupakan jaringan dengan cakupan lokal. Karakteristik dari jaringan ini bisa kamu identifikasi dengan mudah sehingga akan membantu kamu membedakannya dengan jaringan lain, termasuk MAN dan WAN.

Berikut adalah beberapa karakteristik LAN yang turut melengkapi informasi perihal apa itu LAN yang juga tidak kalah penting untuk kamu ketahui:

  • Tidak menggunakan jaringan telekomunikasi dari operator tambahan
  • Digunakan untuk kepentingan pribadi
  • Terdapat satu komputer sebagai server yang mengatur sistem agar jaringan dapat berjalan dengan normal
  • Berada di ruang lingkup geografis yang lebih sempit, misalnya kampus, sekolah, kantor, atau rumah
  • Kecepatan perpindahan yang tinggi berkat ruang lingkup yang sempit atau terbatas
  • Dapat berfungsi dengan baik tanpa memerlukan jalur telekomunikasi atau tidak perlu akses internet

Komponen Dasar Jaringan LAN

LAN atau Local Area Network adalah jaringan yang terdiri dari beberapa komponen dasar. Komponen-komponen tersebut perlu diatur sedemikian rupa agar bisa menghubungkan beberapa perangkat komputer. Adapun komponen yang dimaksud di antaranya adalah:

  • Workstation: host berupa sistem komputer
  • Server: hardware yang melayani jaringan dan workstation yang terhubung dengan jaringan
  • Link: bagian dari LAN yang berfungsi untuk menghubungkan server dan workstation
  • Network software: software yang menjalankan jaringan LAN agar berfungsi dengan baik
  • Network interface card: rangkaian elektronika yang didesain khusus agar dapat menangani network protocol

Kelebihan dan Kekurangan LAN

LAN mempunyai berbagai macam fungsi yang turut membantu aktivitas manusia. Tetapi, apakah kamu tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya? Kelebihan dan kekurang LAN turut menjadi pertimbangan apakah individu memutuskan untuk menggunakannya atau tidak, di antaranya adalah sebagai berikut:

Kelebihan Kekurangan
Memungkinkan pengguna berbagai resource dengan komputer lain sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien Cakupan wilayah koneksi cukup terbatas atau hanya di area lokal saja
Pembuatan jaringan tidak memerlukan operator telekomunikasi Kemungkinan terjadinya masalah di server pusat yang akan berdampak pada seluruh jaringan komputer
Data jaringan lebih terpusat sehingga pengguna dapat mengakses file di perangkat lain Akses jaringan yang semakin lambat dengan semakin bertambahnya perangkat yang terhubung
Membantu melakukan backup data pengguna apabila terjadi kesalahan Perlu software multi user untuk bisa berbagai software
Lebih hemat karena penggunaan kabel lebih sedikit Risiko infeksi virus yang mudah menyebar
Menawarkan keamanan pada data jaringan berkat sistem keamanan berupa pengatur password Instalasi jaringan bisa menjadi lebih mahal karena bergantung pada kondisi dan kebutuhan di lapangan

 

LAN dan Perbedaannya dengan MAN dan WAN

Selain mengenali apa itu LAN, kamu juga mungkin familiar dengan dua istilah lainnya yaitu MAN dan WAN. Meski memiliki pengertian yang tampak hampir sama apabila dilihat secara sekilas, ketiganya ternyata memiliki perbedaan.

Lantas, apa perbedaan LAN, Man, dan WAN? LAN dinilai lebih cocok untuk koneksi jaringan di beberapa ruangan. Sementara MAN (Metropolitan Area Network) adalah pilihan tepat untuk koneksi jaringan antar kota. Bagaimana dengan WAN? WAN (Wide Area Network) cocok untuk koneksi jaringan antar wilayah atau area yang lebih luas.

Oleh sebab itu, pemilihan antara ketiganya bisa pengguna sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Bagi yang penasaran dengan urutan warna kabel LAN, tentu bisa menyimak artikel satu ini.

Apakah LAN Penting untuk Kamu?

Penting tidaknya LAN tergantung dari kebutuhan masing-masing. Itulah mengapa kamu harus terlebih dahulu mengetahui apa itu LAN, fungsi, hingga kelebihan dan kekurangannya. 

Apabila kamu sedang menjalankan bisnis dan ingin meningkatkan produktivitas dan efektivitas melalui sharing sumber daya atau informasi, LAN bisa menjadi pilihan tepat.

Sudah yakin untuk menentukan pilihan? Terlepas dari apakah bisnis kamu harus menggunakan LAN atau tidak, apakah kamu sudah punya pilihan server? Jika belum, kamu bisa menghubungi Exabytes sekarang juga untuk mendapatkan pilihan server yang sesuai kebutuhan bisnis.

vps linux mura