Apa Itu Public Cloud? Kelebihan dan Cara Menggunakan

0
169

Penasaran kan dengan apa itu public cloud, istilah yang baru kamu dengar saat sedang mencari solusi penyimpanan non fisik? Yuk cari tahu selengkapnya di sini!

Sekilas tentang Apa Itu Public Cloud

Sekilas tentang Apa Itu Public Cloud

Apa itu public cloud? Seperti namanya, public cloud adalah layanan komputasi cloud yang tersedia untuk publik atau umum. Layanan ini biasanya disediakan melalui internet sehingga bisa diakses oleh pengguna dari mana saja, bahkan di seluruh penjuru dunia.

Public cloud bersifat fleksibel, jadi bisa pengguna ubah sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, pengguna cukup membayar penggunaan layanan sesuai kebutuhan. Tidak ada perawatan software maupun hardware karena semua dilakukan oleh penyedia layanan. Hal inilah yang kemudian membuat pengguna bisa menghemat waktu dan biaya.

Fungsi Public Cloud

Public cloud memiliki berbagai fungsi yang dapat memenuhi kebutuhan organisasi, individu, dan pengembang aplikasi. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari layanan cloud publik:

Penyediaan Infrastruktur

Apa itu public cloud menyediakan infrastruktur komputasi, penyimpanan data, dan jaringan. Semuanya bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi dan menyimpan data mereka tanpa harus membangun atau mengelola infrastruktur fisik sendiri.

Elastisitas Skala

Public cloud memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menyesuaikan kapasitas sumber daya mereka sesuai dengan permintaan beban kerja yang berfluktuasi. Dengan kemampuan ini, pengguna dapat menghindari over-provisioning dan mengoptimalkan biaya infrastruktur.

Layanan Komputasi

Public cloud menyediakan berbagai layanan komputasi, termasuk mesin virtual, kontainer, dan fungsi serverless. Dengan begitu, pengguna dapat menjalankan berbagai jenis aplikasi dan beban kerja mulai dari aplikasi web hingga analisis data skala besar.

Penyimpanan Data

Fungsi lain dari public cloud adalah untuk menyimpan data. Artinya, pengguna bisa menggunakan layanan tersebut sebagai penyimpanan data yang scalable dan tahan bencana. Pengguna bisa memanfaatkan fungsi cloud publik ini untuk menyimpan file, objek, dan basis data.

Data yang tersimpan di cloud storage kemudian bisa mereka akses dari mana saja dengan koneksi internet.

Karakteristik Public Cloud

Karakteristik Public Cloud

Karakteristik dari apa itu cloud merupakan hal penting lain yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan cloud ini. Efektif dan efisien merupakan salah satu karakteristik dari public cloud.

Selain itu, kapasitas penyimpanan yang luas juga merupakan hal yang sangat menonjol dari cloud publik. Tidak heran jika banyak penyedia yang menawarkan penyimpanan yang besar yang bisa pengguna sesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Penggunaan cloud publik membantu pengguna menghemat biaya penggunaan layanan cloud. Mereka tidak harus membangun infrastruktur khusus karena layanan tersedia secara cloud sehingga bisa diakses di mana saja dan kapan saja melalui penggunaan internet.

Kelebihan dan Kekurangan Public Cloud

Dari uraian tentang apa itu public cloud, apakah kamu bisa dengan mudah menemukan kelebihan dan kekurangan layanan cloud tersebut? Sebelum memilih untuk menggunakan public cloud, biasanya orang-orang akan terlebih dahulu mempertimbangkan apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan public cloud yang harus kamu ketahui dari awal agar bisa memaksimalkan penggunaan public cloud dalam memenuhi kebutuhan:

Kelebihan Public Cloud

Kelebihan apa saja yang bisa pengguna dapatkan dengan memilih apa itu public cloud? Terdapat sejumlah kelebihan public cloud, di antaranya:

Skalabilitas

Saat memilih public cloud, pengguna bisa merasakan kelebihan berupa skalabilitas. Hal tersebut kemudian bisa mereka manfaatkan untuk meningkatkan atau mengurangi kapasitas IT sesuai kebutuhan.

Jadi, perusahaan bisa mengadaptasi dengan cepat pada perubahan bisnis tanpa harus mengeluarkan dana yang besar untuk membeli hardware maupun software baru.

Aksesibilitas

Pengguna public cloud bisa mengakses layanan yang mereka gunakan kapan saja dan di mana saja selama memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil. Itu artinya, mereka bisa tetap bekerja dengan tetap terhubung ke data maupun aplikasi yang diperlukan.

Integrasi dengan Berbagai Layanan dan Aplikasi

Integrasi adalah salah satu kelebihan yang bisa pengguna dapatkan dari apa itu public cloud. Mereka bisa dengan mudah mengakses berbagai layanan maupun aplikasi, termasuk ERP, CRM sehingga berpeluang meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Hemat Biaya

Perusahaan yang menggunakan public cloud bisa mengurangi berbagai biaya termasuk untuk kebutuhan hardware, perawatan, dan operasi TI. Perusahaan membayar biaya sesuai penggunaan sehingga bisa mengurangi biaya pembelian hardware maupun biaya pemeliharaan server yang tidak digunakan.

Tidak hanya itu, perusahaan juga bisa menambah atau mengurangi kapasitas sesuai kebutuhan berkat skalabilitas yang ditawarkan oleh public cloud.

Lebih Hemat Waktu Pengelolaan Server

Server adalah perangkat berupa komputer yang berfungsi untuk memproses dan menyediakan data serta layanan bagi klien atau perangkat lain dalam jaringan.

Berbicara tentang server, public cloud memberikan kelebihan pada pengelolaan server yang lebih hemat waktu. Dengan begitu, perusahaan bisa mengalokasikan sumber daya untuk melakukan berbagai tugas lain yang tidak kalah penting. 

Penyedia public cloud bertanggung jawab atas pengelolaan infrastruktur. Mereka juga menjaga performa server sehingga perusahaan yang menggunakan layanan tersebut tidak perlu mengkhawatirkan masalah teknis yang mungkin terjadi di kemudian hari. Termasuk pemeliharaan dan downtime.

Kekurangan Public Cloud

Apa itu public cloud tentu tidak hanya hadir dengan kelebihannya. Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan cloud satu ini, sebaiknya pertimbangkan juga beberapa kekurangannya, termasuk:

Bergantung pada Koneksi Internet

Ketergantungan pada koneksi internet menjadi salah satu kekurangan dari apa itu public cloud. Untuk bisa menggunakan layanan cloud tersebut, pengguna harus memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat. 

Apabila terjadi gangguan pada koneksi internet, bukan tidak mungkin pengguna akan kesulitan dalam mengakses data yang tersimpan secara cloud.

Hal tersebut bisa menyebabkan masalah, terutama bagi perusahaan yang membutuhkan akses ke data penting secara real-time.

Keterbatasan Kontrol

Dengan menggunakan public cloud, artinya pengguna harus menyadari bahwa mereka harus siap dengan keterbatasan kontrol pada infrastruktur dan konfigurasi sistem. Kekurangan satu ini mungkin menjadi bahan pertimbangan apakah akan memilih public cloud atau berpindah ke private cloud.

Apabila kamu perlu kontrol yang tinggi atas konfigurasi sistem untuk alasan pemenuhan terhadap kebutuhan keamanan atau regulasi tertentu, apakah kamu tidak akan memilih public cloud?

Keamanan dan Kepatuhan

Masalah keamanan dan kepatuhan juga menjadi kekurangan lain dari apa itu public cloud. Mengapa demikian? Layanan cloud yang digunakan oleh banyak orang berisiko dan rentan terhadap kebocoran data. 

Hal inilah yang mungkin menyulitkan dalam menerapkan kebijakan keamanan yang sama untuk resource internal organisasi maupun cloud publik. Tentunya, masalah semacam ini di luar kendali pengguna.

Ketergantungan pada Vendor

Cloud memungkinkan organisasi menghemat biaya dan mendapatkan fleksibilitas. Akan tetapi, mereka juga harus menyadari bahwa hal tersebut membuatnya bergantung pada layanan vendor. Sehingga akan menyulitkan saat hendak beralih ke vendor lain.

Bukan tidak mungkin pada akhirnya vendor menawarkan harga yang berbeda atau bahkan menghentikan layanan.

Perbedaan Public Cloud dengan Private Cloud

Perbedaan Public Cloud dengan Private Cloud

Dengan mengetahui apa itu public cloud, sebagian dari kamu mungkin penasaran apa saja yang membedakannya dengan private cloud. Terdapat beberapa perbedaan antara public dan private cloud, di antaranya adalah:

Public Cloud Private Cloud
Bisa diakses oleh publik melalui jaringan internet Akses yang terbatas pada satu organisasi atau entitas tertentu
Sumber daya disediakan oleh penyedia layanan cloud kepada pengguna secara bersamaan Kontrol keamanan penuh pada organisasi sehingga memungkinkan mereka mengadopsi kebijakan keamanan sesuai kebutuhan masing-masing tanpa harus berbagi dengan pihak lain
Keamanan menjadi tanggung jawab penyedia layanan cloud Biaya awal yang mungkin tinggi saat membangun dan mengelola infrastruktur
Hadir dengan tingkat kontrol yang rendah sehingga membuat beberapa pengguna kurang nyaman Keterbatasan skalabilitas karena infrastruktur fisik yang tersedia sehingga mengharuskan pengguna merencanakan kapasitas secara lebih cermat agar mendapatkan resource yang memadai
Pembayaran biasanya berdasarkan penggunaan dengan biaya awal yang lebih rendah Organisasi memiliki kontrol penuh atas infrastruktur yang bisa disesuaikan dengan lingkungan sesuai persyaratan mereka
Mudah menyesuaikan kapasitas dan skalabilitas resource sesuai kebutuhan Memungkinkan organisasi mematuhi peraturan dan kebijakan internal dengan lebih baik berkat kendali penuh atas lokasi dan pengelolaan data
Kontrol yang kurang atas infrastruktur fisik sehingga dapat membatasi kemampuannya untuk menyesuaikan terhadap lingkungan
Penyimpanan data secara cloud mungkin berisiko menimbulkan masalah kepatuhan dan regulasi

Kesimpulan

Jadi, apakah kamu akan menggunakanan layanan cloud publik setelah mengetahui apa itu public cloud, karakteristik, kelebihan, dan kekurangannya? Kamu juga bisa terlebih dahulu memastikan apakah layanan cloud publik lebih sesuai dengan kebutuhan dibandingkan dengan private cloud.

Baik public cloud maupun private cloud tersedia di Exabytes. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi Exabytes kapan saja ketika kamu sudah menentukan pilihan.

web hosting murah terbaik blog banner