10 Tips dan Cara Buat Artikel Berkualitas dan Menarik

0
1747

Walaupun terdengar mudah, sebenarnya membuat artikel yang baik juga dibutuhkan strategi yang bagus. Pasalnya, tujuan utama artikel adalah untuk menarik perhatian pembaca.

Nah, untuk menarik perhatian mereka, maka artikel yang kamu sajikan harus bagus dan tentunya berkualitas. Bagaimana tips cara buat artikel berkualitas dan yang menarik?

Pentingnya Membuat Artikel yang Berkualitas dan Menarik

Tips membuat artikel menarik

Membuat artikel yang menarik merupakan hal yang penting. Pasalnya, artikel yang menarik akan memiliki kemampuan untuk menarik perhatian pembaca dan membuat mereka ingin membaca lebih lanjut. 

Jika sebuah artikel tidak menarik, maka kemungkinan besar pembaca akan segera meninggalkannya dan mencari artikel yang lebih menarik dan informatif. Selain itu, artikel yang menarik juga dapat meningkatkan jumlah pembaca dan berpotensi menjadi viral, sehingga dapat meningkatkan reputasi penulis atau penerbit artikel tersebut. 

Artikel yang menarik juga dapat memberikan nilai tambah bagi pembaca karena dapat memberikan informasi yang berharga, menghibur, atau bahkan memotivasi mereka. Oleh karena itu, membuat artikel yang menarik adalah penting untuk menarik perhatian pembaca, meningkatkan kredibilitas, dan memberikan nilai tambah bagi pembaca.

Selain yang disebutkan di atas, beberapa manfaat yang bisa didapat saat membuat artikel yang menarik dan berkualitas, yaitu:

  • Menarik Perhatian Pembaca

Artikel yang menarik dan berkualitas dapat memikat pembaca untuk membaca keseluruhan artikel dan membagikannya ke media sosial mereka. Dengan begitu, artikel yang kamu buat dapat menjangkau lebih banyak orang dan menjadi viral.

  • Meningkatkan Traffic Website

Artikel yang berkualitas dan menarik dapat meningkatkan traffic website yang kamu kelola. Jika artikel kamu menarik dan bermanfaat, pembaca akan kembali ke website kamu untuk membaca artikel baru dan mungkin akan mendaftar ke newsletter atau mengunjungi halaman lain di website.

  • Meningkatkan Kredibilitas 

Artikel yang berkualitas dan menarik dapat meningkatkan kredibilitas kamu sebagai penulis atau ahli di bidang tertentu. Pembaca akan menganggap kamu sebagai sumber informasi yang tepercaya dan mengakui keahlian yang kamu miliki di bidang tersebut.

  • Meningkatkan Konversi

Artikel yang berkualitas dan menarik dapat meningkatkan konversi. Jika artikel yang kamu buat membahas produk atau layanan yang kamu tawarkan dan ditulis dengan baik, pembaca cenderung untuk membeli produk atau layananmu.

  • Memperluas Jaringan

Artikel yang berkualitas dan menarik dapat membantu kamu memperluas jaringan. Kalau artikelmu menarik, pembaca mungkin akan berbagi artikelmu ke teman dan kolega mereka. Hal ini dapat membantu kamu membangun hubungan yang lebih baik dengan mereka.

Tips Cara Buat Artikel Berkualitas dan Menarik

Cara Buat Artikel Berkualitas

  • Tentukan tujuan artikel

Menentukan tujuan berarti menetapkan alasan yang spesifik mengapa kamu menulis artikel tersebut. Tujuan artikelmu harus jelas dan terperinci sehingga kamu dapat menentukan arah dan konten artikel dengan tepat.

Mengidentifikasi tujuan artikel dapat membantu kamu dalam memutuskan jenis konten yang harus ada dalam artikel, gaya penulisan yang harus kamu gunakan, serta memastikan bahwa artikel yang kamu buat relevan dan bermanfaat bagi pembaca. Tujuan artikel juga dapat membantu kamu dalam menentukan strategi promosi artikel setelah artikel selesai ditulis.

Misalnya, jika tujuan artikel kamu adalah untuk memberikan informasi tentang suatu topik yang sangat spesifik, kamu mungkin perlu menampilkan beberapa sumber informasi dan data yang tepat dan terkini dalam artikel. Namun, jika tujuan artikel kamu adalah untuk menghibur pembaca, kamu dapat menambahkan cerita atau pengalaman pribadi untuk membuat artikel lebih menarik.

  • Buat judul yang menarik

Membuat judul yang menarik dapat menarik perhatian pembaca atau audiens potensial, sehingga meningkatkan kemungkinan bahwa mereka akan tertarik untuk membaca atau mengakses konten yang disajikan. Judul yang menarik bisa menjadi kunci untuk menarik perhatian orang pada sebuah artikel, postingan blog, video, atau karya lainnya, dan dapat membantu meningkatkan popularitas, visibilitas, dan efektivitas dari sebuah karya.

Untuk membuat judul yang menarik, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Pertama, pastikan judul tersebut menggambarkan secara singkat dan jelas tentang apa isi dari karya yang disajikan. 

Kedua, gunakan kata-kata yang menarik perhatian, seperti kata-kata kuat, kontras, atau kata-kata yang memicu emosi pada pembaca. 

Ketiga, pilih judul yang sederhana dan mudah diingat, sehingga mudah untuk diingat oleh pembaca dan di-share ke orang lain.

  • Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Dalam menggunakan bahasa yang mudah dipahami, penting untuk memperhatikan siapa audiens yang akan mendengar atau membaca pesan tersebut. Jika audiens adalah orang yang kurang terbiasa dengan bahasa formal atau teknis, maka sebaiknya menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, tanpa mengorbankan kejelasan pesan yang ingin disampaikan.

Saat menulis, posisikan diri kamu sebagai orang awam yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memahami audiens. Hindari bahasa-bahasa yang mungkin juga tidak semua orang tahu.

  • Gunakan struktur yang jelas

Buat struktur yang jelas dan mudah dipahami. Struktur yang baik akan membuat artikel kamu lebih mudah dibaca, memudahkan pembaca untuk menemukan informasi yang diinginkan, dan memperjelas hubungan antara setiap bagian artikel.

Gunakan subheading untuk membagi artikel menjadi beberapa bagian yang terpisah. Gunakan paragraf pendek untuk memudahkan pembaca dalam membaca artikel kamu.

  • Buat konten yang bermanfaat

Buat konten yang bermanfaat bagi pembaca. Lakukan riset yang cukup untuk memastikan informasi yang kamu berikan akurat dan relevan. Hindari informasi yang tidak terkait dengan topik dan tidak berguna bagi pembaca. 

Ketika kamu menulis artikel atau konten apapun, kamu harus berusaha untuk membuatnya bermanfaat bagi pembaca dengan memberikan informasi atau solusi yang berguna untuk mereka. Tidak hanya itu saja, kamu juga harus membuat artikel tersebut menarik agar pembaca merasa tertarik untuk membacanya dan tidak cepat bosan.

  • Gunakan narasi yang menarik

Selain konten yang harus bermanfaat, kamu juga harus memperhatikan dari segi narasi. Dalam membuat artikel, kamu perlu memperhatikan bagaimana cara penyampaian cerita atau informasi yang menarik bagi pembaca. Gunakan narasi yang menarik untuk mempertahankan minat pembaca. Buat artikel kamu lebih menarik dengan menambahkan cerita atau pengalaman pribadi yang relevan dengan topik.

Kamu dapat menggunakan teknik storytelling atau penceritaan cerita yang menarik untuk mengaitkan pembaca dengan artikel dan membuat mereka bisa membaca sampai akhir. Dengan menghadirkan sebuah narasi yang menarik, pembaca akan lebih mudah memahami dan menangkap pesan yang ingin kamu sampaikan.

Contoh dari penggunaan narasi yang menarik dalam artikel adalah dengan memulai artikel dengan kisah atau pengalaman pribadi yang relevan dengan topik yang dibahas, atau dengan menghadirkan sebuah skenario atau masalah yang dapat menarik perhatian pembaca. Dengan teknik ini, pembaca akan lebih tertarik untuk membaca artikel secara keseluruhan dan mungkin juga akan lebih memahami dan mengingat informasi yang disampaikan.

  • Gunakan data dan fakta

Gunakan data dan fakta yang relevan untuk mendukung argumen atau informasi yang kamu berikan. Hal ini akan membuat artikel kamu terlihat lebih profesional dan dapat dipercaya oleh pembaca.

Dalam kebanyakan kasus, artikel yang didasarkan pada data dan fakta yang kuat cenderung lebih dipercaya dan dihargai oleh pembaca. Penggunaan data dan fakta juga dapat membantu kamu untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan dalam artikel akurat dan relevan dengan topik yang dibahas. Dengan menggunakan sumber data dan fakta yang tepat, kamu dapat memperjelas informasi dan menghilangkan asumsi atau spekulasi yang mungkin muncul.

Namun, kamu perlu memastikan bahwa sumber data dan fakta yang digunakan dalam artikel benar-benar valid dan terpercaya. Kamu juga perlu memastikan bahwa data dan fakta tersebut diinterpretasikan dengan benar dan sesuai dengan konteks yang tepat. Dalam hal ini, kehati-hatian dalam mengumpulkan dan menyajikan data dan fakta sangat penting agar artikel yang dihasilkan dapat diandalkan dan bermanfaat bagi pembaca.

  • Gunakan gambar dan video

Gunakan gambar dan video yang relevan untuk memperkuat artikel yang kamu buat. Gambar dan video juga akan membantu membuat artikel lebih menarik dan memudahkan pembaca untuk memahami konten yang kamu tulis.

Dengan adanya gambar atau video juga bisa membantu memperjelas informasi atau ide yang sulit dijelaskan hanya dengan menggunakan kata-kata.

Selain itu, gambar dan video juga dapat membantu mengilustrasikan poin-poin utama atau ide-ide yang terkait dengan topik yang dibahas dalam artikel. Misalnya, gambar atau video tentang sebuah eksperimen dapat membantu membuktikan hipotesis yang dijelaskan dalam artikel.

  • Edit dan proofread

Jangan lupa untuk melakukan editing dan proofreading sebelum mempublikasikan artikel yang telah kamu buat. Periksa tata bahasa, ejaan, dan struktur artikel kamu. Pastikan artikelmu terdengar jelas dan mudah dipahami oleh pembaca dan tidak menimbulkan interprestasi yang salah.

  • Promosikan artikel

Nah, setelah artikel kamu dipublikasikan, promosikan artikel kamu. Bagikan artikel di media sosial atau situs web lain yang relevan dengan topik. Hal ini akan membantu artikel dikenal oleh lebih banyak orang dan meningkatkan jumlah pembaca artikel.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments