Cara Install Ghost CMS di Localhost dengan Mudah [Lengkap]

296
blog exabytes indonesia
9 min read

Jika Anda ditanya platform blog apa yang sekarang sedang Anda gunakan, pasti kebanyakan dari Anda akan menjawab WordPress. Namun selain WordPress, tahukah Anda bahwa ada platform lain yang tidak kalah powerful, platform CMS tersebut adalah Ghost.

CMS Ghost adalah salah satu CMS yang tidak kalah canggih dengan platform lain, terutama untuk membuat blog yang menarik. Platform Ghost telah di pakai oleh Mozilla untuk membuat website resmi mereka.

Nah pada artikel ini Exabytes Indonesia akan menjelaskan apa itu Ghost, fitur apa saja yang tersedia di dalamnya, keunggulannya dan bagaimana cara install Ghost di Localhost. Jangan lupa baca sampai selesai ya!

Apa itu Ghost?

Ghost adalah salah satu platform CMS yang dibangun menggunakan Node.js dan dirilis dengan lisensi open source. Ghost dirancang untuk publikasi, performa dan fleksibilitas. Banyak perusahaan besar yang telah menggunakan CMS Ghost ini salah satunya ada Mozilla, Apple, Tinder dan masih banyak yang lainnya.

Fitur utama yang dimiliki CMS ini adalah newsletter dan premium content. Sehingga jika Anda menggunakan Ghost, Anda bisa menjual konten yang telah Anda siapkan dan pembaca harus terlebih dahulu berlangganan untuk bisa membaca kontennya.

John O’Nolan dan Hannah Wolfe adalah dua orang yang berhasil menciptakan Ghost di tahun 2013, tujuan awal mereka adalah membuat sebuah platform baru dengan target penggunanya adalah publisher profesional.

Salah satu penciptanya yaitu John O’Nolan, dulunya adalah seorang kontributor inti di WordPress dan John melihat bahwa WordPress semakin rumit. Maka dari itu John memulai Ghost sebagai ide kecilnya untuk mengatasi kerumitan tersebut.

Saat ini platform CMS Ghost telah banyak digunakan oleh jutaan orang di dunia, karena CMS ini tersedia secara gratis sehingga semua orang bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan. Ghost bisa menjadi angin segar untuk para developer yang sudah bosan dengan WordPress dan ingin mencoba hal baru.

Melalui artikel ini Anda bisa menggunakan CMS Ghost sebagai alternatif cara membuat website secara cepat selain menggunakan platform populer lainnya. 

Fitur yang Dimiliki CMS Ghost

Kita sudah tau bahwa WordPress memiliki fitur yang sangat banyak, Anda bisa mengekspresikan segala sesuatu dengan fitur yang ditawarkan WordPress. Namun bagaimana dengan CMS Ghost? Apakah CMS tersebut memiliki fitur yang tidak kalah menarik?

Kami telah menemukan beberapa fitur yang ada di Ghost dan mungkin fitur tersebut yang menjadi alasan utama perusahaan besar seperti Mozilla menggunakan CMS yang satu ini.

Tools Basic SEO

Salah satu tujuan membangun blog adalah untuk dibaca dan tentu saja blog yang menarik akan banyak pembacanya. SEO adalah salah satu faktor yang bisa mengantarkan pembaca pada blog Anda.

CMS Ghost memiliki tools basic SEO bawaan yang tidak kalah baik dari WordPress. Dengan menggunakan Ghost, Anda sudah tidak perlu memasang plugin khusus lagi untuk kebutuhan SEO. Teknik optimasi on page SEO yang sudah Anda miliki bisa juga diterapkan di Ghost.

Fitur bawaan dari tools SEO di CMS Ghost di antaranya:

Data yang Terstruktur

Data SEO yang dihasilkan dari postingan di CMS Ghost sangat terstruktur dan fitur ini secara default telah diterapkan, sehingga Anda akan terbantu di index oleh mesin pencari.

AMP

AMP juga didukung oleh CMS Ghost, sehingga tampilan blog Anda jika menggunakan Ghost akan menjadi jauh lebih cepat dan ringan. Kecepatan blog adalah salah satu faktor mesin pencari memposisikan blog Anda di halaman pertama mereka.

Tampilan yang Responsif

Pengguna seluler sekarang hampir menyusul pengguna PC maupun laptop, sehingga sangat penting sekali membangun blog yang memiliki tampilan yang responsif. Tema yang disediakan CMS Ghost telah sepenuhnya responsif dan user friendly bagi pengguna seluler.

RSS Feed

RSS adalah elemen yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh banyak aplikasi saat ini, dan Ghost memilikinya!Anda bisa berbagi konten dengan mudah ke berbagai platform.

Sitemap

Sitemap memiliki peran penting dalam SEO website, mesin pencari biasanya akan menemukan halaman melalui XML sitemap. Karena semua URL yang ada di website Anda ada di sitemap dan mesin pencari akan lebih mudah merayapi setiap URL yang ada di sitemap.

Maka dari itu website maupun blog yang memiliki sitemap akan memiliki peluang besar di index dengan lebih cepat. Bahkan tidak jarang berkat sitemap, semua postingannya muncul di halaman pertama mesin pencari.

Tema dan Kustomisasi

CMS Ghost tersedia dengan tema yang bagus dan menarik sehingga Anda bisa membuat tampilan situs website yang berbeda. Tema yang dimiliki Ghost semuanya responsif, dengan begitu pembaca bisa mengunjungi website tanpa gangguan.

Anda juga bisa mengkustomisasi tema Ghost dengan sangat mudah dan cara kustomisasi yang mudah dipelajari menjadi keunggulan tersendiri bagi CMS Ghost ini.

Integrasi

CMS Ghost telah terintegrasi secara default dengan ratusan layanan dan Anda juga bisa mengintegrasikan CMS Ghost secara khusus dengan layanan tertentu. Misal integrasi dengan layanan Disqus, Google Analytics, Slack, payment gateway, AMP dan masih banyak yang lainnya.

Kemudahan Impor dari WordPress

CMS Ghost memiliki plugin khusus yang bisa Anda instal secara langsung di WordPress untuk melakukan ekspor data/konten di website WordPress Anda. Plugin tersebut digunakan ketika Anda ingin memindahkan konten di WordPress ke Ghost.

Akan tetapi, jika WordPress yang Anda gunakan sudah disesuaikan dengan beberapa fitur tambahan yang tidak didukung oleh CMS Ghost, maka Anda perlu menambahkannya secara manual dan hal ini membutuhkan kemampuan teknikal yang mumpuni jika tidak ingin terjadi kerusakan. 

Kecepatan

Ghost difokuskan hanya untuk kebutuhan blogging, sehingga CMS ini bisa menjadi alternatif selain WordPress dalam hal kecepatan. Ghost sangat ringan dan berjalan dengan teknologi modern yaitu Node.js. Kecepatan adalah faktor terpenting untuk SEO serta kualitas website dan Ghost memiliki hal tersebut.

REST API

Ghost memiliki REST API sendiri, REST API ini bisa Anda gunakan untuk keperluan apapun seperti untuk aplikasi seluler atau menggunakan teknologi frontend seperti React dan Vue dengan sangat mudah.

Keamanan

Sama seperti CMS pada umumnya, Ghost telah dilengkapi dengan keamanan basic yang cukup powerful. Meskipun begitu, Anda tetap harus menerapkan beberapa teknik cara meningkatkan keamanan website di dalamnya.

Namun Anda tak perlu khawatir karena cara menerapkan atau meningkatkan keamanan tersebut tetap sama seperti ketika Anda menerapkan keamanan di CMS lain.

Cara Install Ghost di Localhost dengan Mudah

Mari kita jajal setiap fitur menarik yang ada di CMS Ghost. Ikuti beberapa langkah di bawah ini:

Install Nodejs dan NPM Terlebih Dahulu

Langkah 1: Buka node js.org.

Buka node js.org.

Langkah 2: Download Node Js sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan, dalam hal ini kami memilih versi 16.13.2 LTS.

Download Node Js sesuai dengan siste

Langkah 3: Buka file installer tersebut dan ikuti setiap petunjuk instalasi disana.

Buka file installer tersebut dan ikuti setiap petunjuk instalasi disana.

Langkah 4: Setelah instalasi dilakukan, periksa hasil instalasi dengan menggunakan kode di bawah ini. Caranya buka CMD atau windows terminal.

> node –version

v12.x.x

> npm –version

6.x.x

Setelah instalasi dilakukan, periksa hasil instalasi dengan menggunakan kode di bawah ini.

Install Ghost CLI

Ghost CLI ini dapat memberikan Anda program untuk mengelola aplikasi ghost nantinya di localhost dengan menggunakan windows terminal/cmd.

Langkah 1: masukkan kode > npm install [email protected] -g ke dalam cmd

masukkan kode > npm install ghost-cli@latest -g ke dalam cmd

Langkah 2: Dilanjutkan dengan verifikasi dengan kode di bawah ini.

> ghost –version

Ghost-CLI version: 1.x.x

Dilanjutkan dengan verifikasi dengan kode di bawah ini.

Langkah 3: Jika ingin menemukan panduan penggunaan ghost cli, masukkan kode di bawah ini.

> ghost help

Jika ingin menemukan panduan penggunaan ghost cli, masukkan kode di bawah ini.

Install Ghost

Saatnya Anda menginstal Ghost setelah persiapan di atas dilakukan. Agar bisa menginstal dengan lancar ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Buatlah terlebih dahulu folder kosong dan masuk ke dalam folder tersebut.

> mkdir latihan-ghost

> cd latihan-ghost

Langkah 1: Buatlah terlebih dahulu folder kosong dan masuk ke dalam folder tersebut.

Langkah 2: Jalankan instalasi Ghost dengan menggunakan kode di bawah ini.

> ghost install local

Kode tersebut akan menampilkan tampilan seperti ini, ini adalah tampilan proses installasi.

Jalankan instalasi Ghost dengan menggunakan kode di bawah ini.

Langkah 3: Selesai, Anda sudah berhasil melakukan instalasi. Anda bisa mengakses http://localhost:2368 untuk memeriksa apakah instalasi Anda berhasil atau tidak, sedangkan untuk cek halaman pengelola juga dapat diakses dengan menggunakan http://localhost:2368/ghost.

Apakah CMS Ghost Cocok Untuk Anda Gunakan?

Setelah Anda mengenal apa itu Ghost dan fitur yang ada di dalamnya, mungkin sekarang terbesit di pikiran Anda sebuah pertanyaan “apakah CMS Ghost cocok untuk Anda gunakan?” jawabannya tentu saja adalah tergantung tujuan atau kebutuhan Anda.

Jika kebutuhannya hanya sebatas blogging saja dan ingin menjalankan blog tanpa overhead maka Ghost adalah solusi terbaik untuk Anda gunakan saat ini. Ada beberapa blog besar yang telah cukup lama menggunakan Ghost sebagai platform blog mereka, sebut saja di antaranya adalah Mozilla Blog, DuckDuckGo Blog, DigitalOcean Blog dan masih banyak yang lainnya.

Akan tetapi, jika Anda ingin membuat situs website yang memiliki fungsi kompleks seperti forum, toko online, dan website dengan fitur iklan khusus maka Ghost bukan solusi terbaik untuk Anda gunakan. Kenapa? Karena Ghost bukan dibuat untuk hal tersebut melainkan diperuntukkan pada fungsi blogging.

Coba Ghost Sekarang Juga!

Langkah-langkah di atas bisa Anda terapkan untuk mencoba ghost.  Jika Anda ingin mencoba-coba fitur yang ada, mungkin bisa memulainya dengan melakukan instalasi secara local.

Jika Anda sudah yakin dan ingin menggunakannya, Anda bisa langsung menginstalnya di hosting pilihan Anda dan bisa langsung dihubungkan dengan domain. Domain murah bisa Anda dapatkan di Exabytes Indonesia.

Selamat mencoba!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments