15+ Cara Agar Website Tampil di Halaman Pertama Google

887
blog exabytes
10 min read

Memiliki website yang mudah dijangkau dan ditemukan oleh pengguna internet adalah impian dan tujuan pemilik website. Akan tetapi, persaingan yang ketat membuat kita harus berpikir supaya bisa menemukan cara agar website tampil di halaman pertama Google.

Baik pemilik website baru atau website yang sudah lama ada tetapi belum bisa berada di halaman pertama Google, yuk cari tahu bersama cara membuat website ada di search engine terutama di halaman pertama. 

Cara Agar Website Tampil di halaman Pertama Google

Cara agar website tampil di halaman pertama Google
Ada berbagai cara yang bisa kamu coba agar website berada di halaman pertama Google. (Sumber: Unsplash)

Website merupakan aset penting untuk pemilik bisnis online. Akan tetapi, kamu juga harus tahu bahwa pengunjung atau calon pembeli tidak datang begitu saja apabila mereka tidak bisa menemukan website kamu dengan mudah.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memastikan bahwa website kamu berada di halaman pertama Google. Dengan begitu, pengguna internet akan langsung melihat website kamu dan mengunjunginya dengan mengetikkan kata kunci atau keyword terkait.

Jika penasaran dengan cara agar website tampil di halaman pertama Google, berikut adalah beberapa cara yang patut kamu coba.

Pahami Konten Website

Salah satu hal yang harus kamu lakukan sebagai cara menaikkan ranking di Google search adalah memahami konten website. Konten yang dibuat harus sesuai dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan sehingga bisa membantu pengguna mendapatkan solusi yang tepat.

Tidak melulu soal jualan online. Website kamu juga bisa membantu orang-orang mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaan yang mereka miliki yang berhubungan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan dan sedang mereka butuhkan.

Perhatikan Kecepatan Website

Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu bahwa kecepatan website menjadi salah satu faktor ranking website. Untuk kamu yang sedang mencari cara website muncul di Google, jangan lupa untuk mengecek kecepatan website sembari menjalankan tips dan cara lainnya. 

Agar kecepatan website meningkat, coba beberapa tips seperti memastikan file-file penunjang halaman web tidak memperlambat loading website milikmu. Selain itu, kamu juga bisa mengompres ukuran file gambar yang hendak digunakan di website

Buat Website yang Mobile-Friendly

Website mobile-friendly menjadi cara agar website tampil di halaman pertama Google
Website yang dibuat mobile-friendly bisa menjadi cara lain agar website tampil di halaman pertama Google. (Sumber: Pixabay)

Saat ini, semakin banyak pengguna internet yang mencari kebutuhan mereka melalui ponsel. Agar website kamu bisa tampil di halaman pertama mesin pencari, jangan lupa untuk memastikan bahwa website kamu mobile-friendly.

Dengan kata lain, website kamu bisa diakses dengan mudah dan nyaman melalui perangkat mobile baik smartphone maupun tablet

Tampilan dan kecepatan website saat diakses melalui perangkat tersebut harus mendapatkan perhatian serius apabila kamu ingin berkompetisi agar Google memberikan posisi ranking tinggi pada website kamu. 

Sekedar informasi, Google telah menetapkan kecepatan loading pada perangkat mobile sebagai salah satu faktor ranking website. Website yang mobile-friendly juga bisa menjadikan indikator website user-friendly. Kamu bisa mempelajari seperti apa dan bagaimana caranya agar website ramah pengguna (user).

Gunakan Nama Domain yang Unik

Penggunaan nama domain unik bertujuan untuk menghindari kesamaan nama domain dengan website lain. Nama domain dan konten yang sama akan berdampak pada peringkat website milikmu di mesin pencari seperti Google.

Hal itu sangat mungkin karena Google akan mengalami kesulitan dalam menampilkan hasil di mesin pencari. Oleh karena itu, pilih dan gunakan nama domain yang unik dan mudah diingat oleh pengguna internet. 

Kamu juga bisa mulai mempelajari semua tentang SERP atau Search Engine Result Page untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Buat Sitemap

Sitemap merupakan halaman khusus yang berisi daftar semua halaman yang ada di website. Halaman ini juga bisa berisi informasi seputar halaman-halaman tersebut termasuk kapan sebuah halaman direvisi dan konten apa yang ada di dalamnya. 

Pada umumnya, ada dua jenis sitemap yaitu sitemap HTML dan XML. Sitemap HTML diperuntukkan bagi pengunjung website, sedangkan sitemap XML ditujukkan untuk mesin pencari atau search engine

Dengan adanya sitemap, Google akan lebih mudah melakukan crawling terhadap setiap halaman yang ada di website kamu sehingga website akan terindeks serta muncul di hasil pencarian atau yang dikenal dengan SERP

Sudah tahu cara membuat sitemap? Jika belum, maka kamu bisa membaca artikel satu ini!

Lakukan SEO

lakukan SEO
EO merupakan upaya optimasi agar website berada di halaman pencarian Google. (Sumber: pixabay)

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yaitu sebuah upaya untuk mengoptimasi website agar muncul di mesin pencari. 

Ada beberapa teknik SEO yang bisa kamu coba namun pastikan kamu terlebih dahulu mengetahui perbedaan black hat SEO vs white hat SEO. Dengan begitu, kamu akan tahu teknik SEO mana yang tepat dan sesuai dengan tujuan optimasi yang kamu punya.

Hasil SEO tidak bisa kamu lihat dengan cepat, jadi jangan sampai kamu melakukan kesalahan SEO yang bisa merusak hasil yang kamu inginkan. 

Buat Konten Berkualitas

Salah satu tujuan jangka panjang dari website adalah mendapatkan pengunjung yang setia. Hal ini bisa tercapai dengan berbagai cara dan salah satunya adalah dengan membuat dan membagikan konten yang berkualitas. Karenanya, memahami content marketing begitu penting agar dapat tampil di halaman pertama Google.

Berbicara tentang konten, kamu juga mungkin tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang anchor text

Pasang SSL

SSL atau Secure Socket Layer merupakan lapisan keamanan terenkripsi yang berfungsi untuk mengamankan komunikasi antara web server dan web browser. SSL juga menjadi salah satu indikator ranking website yang ditetapkan oleh Google

Riset Keyword

Melakukan riset keyword atau kata kunci sangat perlu agar website kamu memiliki peluang yang lebih untuk muncul di halaman search engine. Melakukan riset akan membantu kamu mendapatkan keyword yang sering digunakan oleh pengguna internet sehingga kamu bisa mendapatkan dan menggunakan keyword yang paling tepat. 

Tempatkan keyword secara natural dalam konten website. Akan tetapi, pastikan bahwa jumlah keyword tidak berlebihan sehingga tidak merusak kualitas konten itu sendiri. Bagian ini biasa kamu lakukan saat membuat rencana konten yang akan diterbitkan.

Optimasi Konten Dengan Keyword

Apabila sudah memiliki konten namun tidak tahu cara menggunakan keyword agar website muncul di halaman pertama hasil pencarian, coba perhatikan hal ini. 

Kamu bisa menempatkan keyword di lima lokasi untuk mengoptimasi website, yaitu pada permalink, meta title, meta description, seratus kata pertama dalam konten, serta nama file dan alt text gambar.

Sebagai pengguna WordPress, coba plugin SEO WordPress yang akan membantu kamu melakukan optimasi website

Jika masih bingung, kamu bisa mulai dengan mempelajari SEO WordPress untuk pemula agar kamu bisa semakin paham seperti apa SEO dan bagaimana mengaplikasikannya di website WordPress.

Optimalisasi Gambar

Ukuran gambar akan memengaruhi kecepatan website. Oleh karena itu, kamu harus melakukan optimalisasi pada gambar. Gunakan aplikasi seperti Photoshop atau aplikasi kompresi gambar lain. Selain itu, gunakan format gambar JPEG, JPG, atau PNG dengan dimensi gambar yang tepat. 

Gunakan Internal Link

Hal lain yang bisa kamu coba sebagai cara agar website tampil di halaman pertama Google adalah penggunaan internal link. Link ini merupakan tautan yang menghubungkan antara satu artikel dengan artikel lain dalam website

Dengan demikian, website memiliki kesempatan mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.

Tidak hanya itu, internal link juga akan menunjukkan kepada Google atau mesin pencari lain bahwa artikel tersebut memang benar-benar ada. Penggunaan internal link juga merupakan bagian dari optimasi on-page SEO

Optimalisasi Script Website

Website dengan tampilan yang bagus tidak bisa menjamin bahwa loadingnya akan cepat. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti penggunaan berbagai jenis CSS. Penggunaan aplikasi yang terlalu banyak akan memengaruhi kecepatan akses website.

Tetapi, kamu bisa mengatasinya dengan memperkecil ukuran script menggunakan teknologi minify atau minifying. Kamu juga bisa melakukan satu panggilan ke server agar bisa mengambil semua script yang ada. 

Perbaiki Broken Link

perbaiki broken link agar website muncul di halam pertama mesin pencari
Broken link bisa memengaruhi ranking di Google atau mesin pencarian lain. (Sumber: Unsplash)

Broken link atau tautan yang rusak juga harus mendapatkan perhatian serius. Hal ini bisa terjadi apabila website atau halaman yang kamu takutkan sudah tidak tersedia atau dihapus. Apabila ini terjadi, maka pembaca konten tidak bisa menemukan halaman yang dimaksud saat mengklik link.

Broken link bisa memengaruhi user experience website dan bisa berdampak negatif pada ranking website yang kamu dapatkan. Google menurunkan ranking website apabila website tersebut memiliki link yang membawanya ke halaman 404 not found.

Jadi, pastikan kamu selalu memeriksa tautan atau link yang ada di website. Tugas ini akan lebih mudah apabila kamu menggunakan Google Search Console yang kamu integrasikan dengan website.

Jangan Lupakan Inbound Link

Selain internal link, website kamu juga harus memiliki inbound link berkualitas. Ini juga bisa menjadi cara agar website tampil di halaman pertama Google. Inbound link merupakan tautan halaman atau konten website kamu di website lain.

Saat hendak melakukan inbound link melalui link building, ada beberapa kriteria yang harus kamu perhatikan, seperti:

Pahami Pengunjung

Tidak ada cara instan agar website terlihat berkualitas dan layak berada di halaman pertama mesin pencari. Ya, semuanya memang membutuhkan proses. Penting bagi kamu untuk memahami pengunjung dengan mencari tahu seperti apa website kamu di mata mereka. 

Lakukan riset untuk mengetahui apakah mereka merasa nyaman dan terbantu saat mengunjungi website kamu. Ini akan membantu mengetahui apa yang harus kamu kurangi atau hilangkan serta apa yang harus kamu tingkatkan yang berhubungan dengan user experience atau pengalaman pengunjung.

Perhatikan Intensitas Keyword

Meski keyword diperlukan agar website atau konten teroptimasi, tetapi kamu juga harus memperhatikan penggunaan keyword di setiap konten. 

Singkatnya, kamu harus memperhatikan intensitas penggunaan dan penyebaran keyword untuk menghindari keyword stuffing yang bisa berdampak buruk bagi ranking website.

Miliki Website

Miliki website
Website penting bagi bisnis online terlebih jika ingin mendapatkan ranking tinggi di mesin pencari. (Sumber: Unsplash)

Semua cara agar website tampil di halaman pertama Google yang kamu lakukan tidak akan ada gunanya jika kamu tidak memiliki website. Jadi, pastikan kamu memiliki website yang akan menjadi tempat berinteraksi antara pelanggan atau klien dengan kamu.

Apabila kamu tidak memiliki ide dan inspirasi desain website yang menarik, tidak ada salahnya untuk mencari beberapa contoh desain website yang sesuai dengan industri dan bisnis yang akan kamu jalankan.

Integrasikan Website Dengan Google Analytics

Integrasikan website dengan Google analytics
Mengintegrasikan website dengan Google Analytics akan membantu memantau performa website untuk mendapatkan peluang muncul di halaman pertama Google. (Sumber: pixabay)

Google Analytics akan melengkapi upaya SEO yang kamu lakukan. Tool satu ini akan membantu memantau performa tiap halaman website. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengamati traffic website termasuk asal usul, aktivitas, demografi, dan waktu yang dihabiskan pengunjung di website kamu.

Untuk kamu yang sedang mencari jasa SEO terpercaya, gunakan beberapa tips memilih jasa SEO yang akan sangat membantu. Bekerja dengan penyedia SEO berarti kamu bisa mempercayakan kepada mereka semua hal yang berhubungan dengan optimasi yang kamu lakukan sehingga ini bisa menghemat tenaga dan waktu. 

Kesimpulan

Dengan menerapkan berbagai cara agar website tampil di halaman pertama Google, kamu tentu memiliki kesempatan untuk mendapatkan posisi ranking yang tinggi di hasil pencarian. 

Hal tersebut akan memberikan dampak yang baik untuk website di mana pengguna internet bisa lebih mudah menemukan dan menjangkau website kamu.

Jika membutuhkan layanan SEO, jasa pembuatan website, atau hosting untuk website WordPress, kamu bisa menghubungi Exabytes untuk mendapatkan solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan. 
Mulai sekarang dan tingkatkan peluang untuk berada di halaman pertama hasil pencarian Google!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments