13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap]

197
Cara Menghilangkan Komentar Spam di Wordpress
20 min read

Dampak dari spam komentar jika dibiarkan akan memperburuk kesan pertama pengunjung website. Maka dari itu Anda sebagai pemilik maupun pengelola website harus bisa mencari cara menghilangkan komentar spam tersebut.

Meskipun Anda tidak bisa menghilangkan sepenuhnya, tapi setidaknya Anda bisa melakukan banyak hal untuk memperlambat spam komentar masuk ke situs Anda. Bagi pengguna WordPress, ada banyak tools sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memblokir spam komentar.

Misalnya saja dengan Anda menyiapkan plugin anti-spam yang bisa memperkuat pertahanan Anda dari spam komentar. Sehingga Anda dapat menyembunyikan atau memblokir spam komentar sebelum pengunjung website Anda melihatnya.

Jika dampaknya seserius itu tidak heran banyak dari para developer mendokumentasikan cara membuat website yang dilengkapi dengan perlindungan dari spam komentar. Sehingga orang yang ingin mengikuti proses pembuatan tanpa ia sadari telah menerapkan cara menghilangkan komentar spam.

Tapi dalam artikel ini kami membahas secara khusus cara menghilangkan komentar spam. Karena kami menyadari masih ada website yang dibuat tanpa penerapan proses perlindungan spam di kolom komentarnya.

Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Apa Itu Spam Komentar?

Ketika Anda mengaktifkan komentar di situs website, pasti website Anda akan mendapatkan beberapa komentar spam. Terlebih jika website Anda menjadi lebih populer dari sebelumnya, spam akan datang membawa masalah yang lebih besar.

Di internet ada beragam bentuk spam komentar dari mulai otomatis yang diposting oleh sistem bot spam. Biasanya berisikan pesan singkat dan di dalamnya terdapat tautan ke salah satu situs yang mereka targetkan.

Spam komentar
Spam komentar dapat mempersulit percakapan di kolom komentar. (Sumber: Shutterstock)

Apapun bentuknya, spam komentar adalah masalah yang nyata. Ketika website Anda dipenuhi dengan spam komentar, para pengunjung website Anda akan kesulitan untuk melakukan percakapan dengan Anda melalui kolom komentar.

Spam komentar juga akan membuat brand image dari website Anda rusak dan tidak terlihat profesional. Tidak hanya itu, spam komentar juga terkadang mengancam pengunjungnya karena di dalamnya banyak yang menyertakan tautan berbahaya.

Tautan berbahaya ini dirancang sedemikian rupa untuk mendapatkan informasi pribadi pengunjung website. Jelas sangat penting bagi Anda untuk melakukan segala macam cara agar spam komentar terblokir dan tidak mengganggu pengunjung website.

Sekarang tidak sulit untuk menghilangkan spam komentar, terlebih jika Anda menggunakan WordPress. Jika Anda ingin tau lebih lanjut simak pembahasannya di bawah ini ya!

Cara Mendeteksi Komentar Spam

Bagaimana cara mengenali bahwa itu adalah komentar spam? Seperti dalam pembahasan di atas sebagian besar komentar spam ini dibuat dengan menggunakan mesin bot otomatis, komentar spam jenis ini mudah dideteksi.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa spammer sedikit lebih cerdas dengan mempekerjakan orang sungguhan untuk meninggalkan komentar spam tapi terlihat sangat normal seperti komentar pada umumnya.

Spammer ini biasanya bersembunyi di balik nama asli yang terdengar bukan bot, sehingga komentar spam jenis ini tidak mudah untuk di filter. Trik lainnya yang sekarang digunakan para spammer adalah dengan menyalin komentar dari situs lainnya dan menyisipkan URL ke komentar tersebut.

Agar lebih mudah di mengenali komentar spam atau bukan, perhatikan ciri-ciri di bawah ini:

  • Komentar berisikan tautan.
  • Komentar singkat tanpa wawasan yang berbobot berkaitan dengan postingan.
  • Memberikan komentar tanpa ada kaitannya dengan topik postingan.
  • Bahasa yang digunakan jauh berbeda dengan bahasa postingan.

Membersihkan komentar dari spam adalah salah satu dari tugas maintenance WordPress, Maka dari itu bagi Anda yang merupakan pengguna WordPress Indonesia untuk websitenya. Wajib melindungi kolom komentar menggunakan beberapa cara menghilangkan komentar spam di bawah ini.

Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan komentar spam di WordPress. Anda bisa mencoba semua metode yang kami bahas ini atau Anda bisa memilih salah satu yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kurangi Jumlah Tautan yang Diizinkan

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa sebagian besar spam komentar dirancang untuk menambahkan tautan di bagian kolom komentar website Anda. Maka dari itu salah satu cara menghilangkan komentar spam adalah dengan membatasi tautan di komentar website Anda.

Cara ini bisa memperlambat spammer dalam menimbulkan ketidaknyamanan yang berpotensi mengganggu pengunjung website lainnya, untuk menerapkannya ikuti saja beberapa langkah di bawah ini:

Langkah 1: Masuk terlebih dahulu ke halaman dashboard WordPress.

Langkah 2: Masuk ke halaman pengaturan dengan klik Pengaturan/Settings > Diskusi/Discussion.

Cara menghilangkan komentar spam di WordPress

Langkah 3: Cari bagian Comment Moderation.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 4: Di kolom Comment Moderation (yang ditandai dengan kotak merah) Anda bisa mengurangi jumlahnya menjadi nol, sehingga nantinya tidak ada yang bisa berkomentar dengan tautan.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 5: Setelah selesai melakukan perubahan di bagian moderation, klik Save Changes.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Selesai, dengan cara ini Anda sudah bisa mencegah spammer untuk mengirimkan link berbahaya mereka. Hanya saja tidak hanya spammer yang tidak bisa menyisipkan tautan, pengunjung website Anda juga tidak bisa menyisipkan tautan di komentarnya.

Tapi hal ini lebih baik dibandingkan website Anda penuh dengan link berbahaya dan tentunya akan merusak citra dari website Anda sendiri.

Menambahkan Kata-Kata Tertentu ke Daftar Hitam

Umumnya komentar spam mengandung banyak kata kunci yang mudah dikenali. Dengan memasukan kata kunci tersebut ke dalam daftar hitam, komentar spam secara otomatis tidak akan muncul di website Anda karena sudah terblokir.

Bagaimana caranya? Caranya adalah Anda hanya perlu membuat “daftar hitam” dari setiap kata kunci yang umum digunakan untuk spam dan nantinya situs Anda akan menandai serta memblokir setiap komentar yang berisikan kata kunci tersebut agar tidak ditampilkan di website.

Caranya hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

Langkah 1: Masuk terlebih dahulu ke halaman dashboard WordPress.

Langkah 2: Klik Pengaturan > Diskusi di dashboard WordPress.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 3: Cari kolom Disallowed Comment Keys .

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 4: Masukan beberapa kata kunci yang menurut Anda adalah kata kunci yang sering digunakan spammer.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Sehingga ketika ada komentar yang mengandung salah satu dari kata tersebut, komentar tersebut akan secara otomatis masuk ke tempat sampah. Tentu saja hal ini penting untuk memilih kata kunci yang tepat, agar tidak menghapus komentar dari pengunjung website yang sah.

Batasi Hak Komentar

Salah satu tujuan besar bagi para spammer adalah mengirim spam komentar di banyak halaman pada situs website. Salah satu cara agar spammer tidak sembarangan memberikan komentar di setiap halaman di website Anda adalah dengan membatasi hak komentar.

Caranya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Login ke halaman dashboard WordPress.

Langkah 2: Klik menu Pengaturan/Settings > Diskusi/Discussion.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 3: Cari menu Other comment settings.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 4: Centang kotak yang memiliki label Users must be registered and logged in to comment.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Selesai, sekarang Anda sudah membatasi hak komentar. Sehingga hanya orang yang terdaftar di website Anda saja yang bisa memberikan komentar.

Menyiapkan Sistem Moderasi Komentar

Moderasi komentar adalah fitur dimana setiap komputer harus melalui izin pemilik website terlebih dahulu sebelum muncul di halaman website Anda. Hal ini bisa menjadi strategi yang cerdas, jika Anda memiliki waktu untuk memilih komentar mana yang layak untuk ditampilkan.

Bagi pengguna WordPress cara ini sangat mudah, karena di WordPress sendiri sudah tersedia fitur ini tinggal di aktifkan. Bagaimana cara mengaktifkannya? Simak pembahasannya di bawah ini:

Langkah 1: Login ke dashboard WordPress.

Langkah 2: Klik pengaturan/settings > diskusi/discussion.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 3: Cari label Before a comment appears.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 4: Centang Comment must be manually approved.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Selesai, sekarang Anda sudah bisa melakukan moderasi terhadap semua komentar yang masuk. Sehingga Anda bisa menampilkan komentar yang relevan dan menghapus komentar yang dinilai adalah spam komentar.

Menambahkan Verifikasi ReCaptcha Google di Kolom Komentar

ReCaptcha adalah teknologi yang bisa membedakan antara robot dan pengguna nyata. ReCaptcha ini dirancang secara khusus untuk membedakan komputer dan manusia melalui beberapa tes secara online dan sepenuhnya berjalan secara otomatis.

Google telah membuat Captcha yang sekarang sudah tersedia untuk umum, sehingga para pemilik website bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan misal untuk halaman masuk, halaman registrasi dan kolom komentar.

Yuk kita cari tau cara menghilangkan komentar spam di WordPress dengan menggunakan ReCaptcha. Ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini!

Langkah 1: Instal dan aktifkan plugin Simple Google reCAPTCHA.

Langkah 2: Setelah melakukan aktivasi plugin tersebut, masuk ke Pengaturan > Google reCAPTCHA untuk melakukan konfigurasi.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 3: Di halaman pengaturan, Anda akan diminta untuk memasukan Google reCAPTCHA keys. Anda bisa membuat keys dengan mudah dan gratis, caranya yaitu klik register your domain.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Setelah Anda klik register your domain, maka Anda akan diarahkan ke situs web Google reCAPTCHA dan disana Anda akan mendaftarkan domain Anda untuk mendapatkan keys.

Langkah 4: Masuk dengan menggunakan akun Google Anda.

Langkah 5: Isi nama situs di bagian label, pilih reCAPTCHA V2, pilih I’m not a robot checkbox dan Anda harus menerima persyaratan layanan untuk menggunakan Google reCAPTCHA.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 6: Jangan lupa untuk centang “Send Alerts to Owner” dan klik Send.

Langkah 7: Setelah registrasi di situs Google reCAPTCHA selesai dilakukan, kembali ke Pengaturan > Google reCAPTCHA.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 8: Pada halaman pengaturan tersebut, Anda bisa menempelkan keys yang telah didapatkan sebelumnya.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Nantinya plugin akan menambahkan verifikasi CAPTCHA secara otomatis di kolom komentar WordPress dan beberapa halaman yang lainnya.

Anda juga bisa menonaktifkan CAPTCHA di beberapa halaman lainnya. Setelah selesai melakukan pengaturan klik tombol “Save Changes”.

Selesai, sekarang Anda sudah berhasil menambahkan CAPTCHA ke kolom komentar. Kurang lebih hasilnya akan seperti di bawah ini:

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Nonaktifkan Trackback di WordPress

Sebagian besar komentar spam adalah trackback dan menonaktifkan trackback bisa menjadi cara menghilangkan komentar spam yang cukup ampuh. Karena untuk sebagian besar blog, trackback mungkin tidak terlalu diperlukan.

Langkah 1: Klik Pengaturan/Settings > Diskusi/Discussion.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 2: Cari Default post settings dan checklist Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks) on new posts.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Selesai sekarang trackback sudah di nonaktifkan dan Anda sudah bisa menangkal komentar spam di website Anda.

Matikan Komentar di Postingan Lama

Di WordPress Anda bisa mematikan komentar untuk postingan lama dan ini sangat membantu untuk website Anda yang sering menerbitkan konten tepat waktu seperti situs berita dan yang lainnya. Cara mematikan komentar di postingan lama adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Klik Pengaturan/Settings > Diskusi/Discussion.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 2: Cari Other Comments Settings, centang opsi Automatically close comments on posts older than dan masukan jumlah hari yang Anda inginkan untuk menampilkan komentar spam pada kiriman lainnya.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Selesai, sekarang WordPress sudah secara otomatis menutup komentar di postingan lama dari jumlah hari yang telah ditetapkan pada langkah 3 tadi.

Matikan Komentar Secara Penuh

Cara menghilangkan komentar spam berikutnya adalah dengan mematikan kolom komentar secara penuh. Cara ini bisa Anda terapkan jika Anda merasa tidak memerlukan komentar di website Anda.

Langkah 1: Klik Pengaturan/Settings > Diskusi/Discussion.

Langkah 2: Cari Default post settings, hapus centang Allow people to submit comments on new posts.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Selesai, sekarang kolom komentar sudah berhasil di nonaktifkan secara penuh.

Sistem Komentar Pihak Ketiga

Cara menghilangkan komentar spam berikutnya adalah dengan menggunakan komentar pihak ketiga, salah satu sistem komentar pihak ketiga adalah layanan disqus. Disqus merupakan layanan komentar yang sudah terkenal dan telah berhasil digunakan oleh banyak website di dunia.

Selain dapat menghilangkan spam, layanan ini juga bisa membuat konten menjadi lebih interaktif dan bisa meringankan beban server website Anda. Cara menghilangkan komentar spam menggunakan disqus, ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1: Pertama Anda perlu membuat akun disqus, caranya kunjungi website https://disqus.com/ dan klik tombol Get Started.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 2: Silahkan Anda klik tombol I want to install Disqus on my site.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 3: Masukan nama website dan juga kategorinya, dilanjutkan dengan klik tombol Create Site.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 4: Pilih salah satu plan, dalam demo ini kami memilih Plan Basic.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 5: Jika sudah dilakukan, klik “Continue on Basic” dan nantinya akan diarahkan ke halaman pemilihan platform dalam pembahasan ini kami memilih platform WordPress.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 6: Selanjutnya instal plugin Disqus seperti Anda menginstal plugin yang lainnya dan aktifkan plugin Disqus.

Langkah 7: Konfigurasi plugin Disqus dengan cara klik Disqus.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 8: Klik tombol Upgrade, tujuannya agar database bisa berjalan dengan baik.

Langkah 9: Masukan username dan juga password akun Disqus yang sebelumnya telah Anda buat dan klik tombol Next.

Langkah 10: Pilih salah satu website di akun Disqus dan klik tombol Next.

Langkah 12: Setelah langkah ini dilakukan dan Anda telah berhasil melakukan instalasi Disqus serta mengkonfigurasinya. Selanjutnya klik Continue to the moderation dan cek apakah setiap postingan Anda sudah terdapat kolom komentar dari Disqus atau tidak.

Tampilannya kurang lebih akan seperti di bawah ini:

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Menggunakan Plugin Akismet

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Plugin ini sebenarnya telah terpasang secara otomatis di website WordPress Anda. Akan tetapi, Anda perlu mengaktifkan terlebih dahulu untuk menggunakannya. Cara adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Klik Plugins > Installed Plugin > Akismet dan klik Aktifkan/Active.

Langkah 2: Pada bagian atas akan muncul pesan berwarna hijau, klik tombol bertuliskan Activate your akismet account.

Langkah 3: Klik Set up your Akismet Account.

Langkah 4: Ada banyak pilihan paket dan kami memilih paket Personal.

Langkah 5: Isi data diri dan setelah selesai mengisi, klik Continue With Personal Subscription.

Langkah 6: Buka email dan cek kode verifikasi yang dikirimkan ke email, masukan kodenya dan klik Continue.

Langkah 7: Cek kotak masuk dan copy kode API Key yang dikirim melalui email.

Langkah 8: Masukan kode API Key tersebut ke Akismet, caranya adalah klik Plugins > Installed Plugins > Akismet > Settings.

Langkah 9: Klik Manually enter an API Key.

Langkah 10: Paste kode API Key ke bagian kolom tersebut dan klik Connect with API Key.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Selesai, sekarang Anda sudah bisa menghilangkan komentar spam dengan cara menghilangkan komentar spam menggunakan plugin Akismet.

Plugin Antispam Bee

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Plugin ini sudah digunakan oleh 700.000 instalasi aktif, sehingga plugin Antispam Bee ini cukup populer bagi para pengguna WordPress di seluruh dunia. Plugin ini bisa menganalisis IP pengguna, sehingga bisa memverifikasi komentar yang masuk.

Plugin Antispam Bee bisa membantu Anda menghilangkan komentar spam. Cara penggunaannya sama seperti plugin anti spam lainnya, Anda hanya perlu instal, aktifkan dan secara otomatis komentar spam terfilter dengan sendirinya.

Menggunakan Plugin Disable Comments

Plugin Disable Comments bisa Anda gunakan untuk mematikan semua kolom komentar yang ada di website berdasarkan jenis postnya. Sehingga Anda tidak perlu melakukan dengan cara manual, cara menggunakannya sama seperti plugin pada umumnya yaitu instal terlebih dahulu dan secara otomatis semua kolom komentar di disable.

Matikan Komentar Anonymous

Jika Anda tidak ingin menambahkan plugin, Anda bisa menggunakan cara menghilangkan komentar spam dengan cara menyalakan fitur anti komentar anonymous. Caranya adalah mencentang Comment Author must fill out name and email.

Ketika Anda mencentangnya, maka nantinya siapa saja yang ingin berkomentar di website Anda harus memasukan nama, email dan alamat website mereka terlebih dahulu. Efeknya, semua pengunjung termasuk spammer bot tidak berkomentar di website Anda dengan bebas.

Langkah 1: Login ke halaman dashboard WordPress Anda terlebih dahulu.

Langkah 2: Klik menu Pengaturan/Settings > Discussion.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 3: Centang Comment Author must fill out name and email.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Selesai, dengan cara menghilangkan komentar spam yang satu ini bisa membantu Anda mencegah komentar spam masuk ke website Anda. Ingin mencobanya segera?

Nonaktifkan Sistem Membership

Cara menghilangkan komentar spam berikutnya adalah dengan menonaktifkan sistem membership yang ada di WordPress. Caranya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Klik menu Pengaturan/Settings > General.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Langkah 2: Hilangkan centang pada anyone can register.

13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress [Lengkap] - 2022

Selesai, sekarang sistem membership sudah dinonaktifkan. Dengan cara ini pengunjung tidak akan bisa melakukan pendaftaran akun sendiri, namun Anda sebagai pemilik website tetap bisa mendaftarkan pengguna lain dengan cara manual.

Komentar Spam Tidak Akan Datang Lagi

Cara menghilangkan komentar spam di atas memang tidak ada yang menjamin terbebas secara 100% dari komentar spam. Namun setidaknya peluang Anda untuk terhindar dari komentar spam meningkat menjadi 99%.

Tahukah Anda bahwa spam adalah salah satu cara orang untuk menanamkan malware sehingga bisa menembus keamanan website. Segala cara akan dilakukan para hacker untuk meretas website untuk mengambil keuntungan bagi mereka dan nantinya akan berdampak kerugian bagi Anda.

Maka dari itu setelah Anda menghilangkan spam di kolom komentar dengan salah satu cara menghilangkan komentar spam di atas, kami sarankan Anda juga menggunakan WordPress hosting yang dilengkapi dengan keamanan ekstra, agar website Anda susah ditembus peretas.

Exabytes Indonesia memiliki beragam layanan hosting yang sudah dilengkapi dengan SSL secara gratis, sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam menyakinkan pengunjung bahwa website Anda aman.

Siap buat menghilangkan komentar spam selama-lamanya?

Good luck!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments