Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress [Terlengkap & Mudah]

0
2936

Ketika Anda membuat sebuah postingan blog yang sangat panjang, maka kami menyarankan Anda untuk menyiapkan daftar isi blog tersebut. Ada banyak manfaat kenapa Anda harus menggunakan daftar isi blog, terutama untuk artikel yang panjang.

Lantas, apa manfaat daftar isi blog dan bagaimana cara membuat daftar isi blog? Pada artikel ini, kami akan menjelaskan secara lebih dalam mengenai cara membuat daftar isi blog dan manfaatnya.

Namun sebelum pembahasan hal teknikalnya, sepertinya kita perlu mengenal lebih dalam apa itu daftar isi di dalam blog. Simak pembahasannya di bawah ini!

Apa Itu Daftar Isi Blog?

contoh daftar isi blog

Daftar isi atau kita juga mengenalnya dengan TOC (Table of Content) adalah pembuatan daftar isi yang secara otomatis dan juga dinamis. Biasanya pembuatan daftar isi ini secara otomatis mengikuti heading yang Anda buat di tulisan Anda.

Daftar isi yang baik adalah daftar isi yang ditempatkan pada bagian atas. Kenapa? Karena posisi bagian atas adalah posisi yang paling strategis, sehingga pembaca blog Anda bisa dengan mudah mengakses bagian konten yang disajikan di daftar isi tersebut.

Misalnya saja pada gambar berikut ini.

Ketika salah satu poin yang ada di daftar isi tersebut Anda klik, maka Anda akan langsung diarahkan ke pembahasan tersebut. 

Baca juga: Panduan Cara Beli WordPress Hosting di Exabytes

Manfaat Daftar Isi Pada Blog

Adanya daftar isi tidak hanya mempermudah pembaca dalam menemukan apa yang mereka cari, melainkan lebih dari itu. Berikut adalah manfaat dari menambahkan daftar isi ke dalam postingan blog terutama di WordPress, manfaat ini bisa Anda jadikan alasan utama untuk menambahkannya.

Tata Letak Postingan Menjadi Rapi

Manfaat yang pertama adalah user interface postingan menjadi lebih rapi, terutama dalam hal tata letak yang menjadi lebih baik dan friendly untuk para pembaca. Pembaca akan sangat senang ketika mereka bisa melihat poin apa saja yang dibahas di artikel tersebut dan informasi apa saja yang Anda bagikan didalamnya.

Jika Anda membuatnya dengan menggunakan plugin, Anda juga bisa menyesuaikan tampilannya dengan skema visual yang cocok untuk tema Anda. Sehingga pemilihan plugin yang digunakan juga sangat mempengaruhi tata letak menjadi lebih bagus atau tidak.

Tenang saja, pada artikel ini akan dibahas secara lengkap cara membuat daftar isi blog dengan menggunakan plugin maupun manual.

Informasi Dapat Ditemukan dengan Mudah

Tahukah Anda bahwa dari sekitar 55% pengunjung website, mereka hanya akan membaca postingan di blog Anda selama 15 detik saja. Karena durasi yang sangat singkat itulah banyak dari pengunjung website akan menuju ke website kompetitor saat mereka belum atau sulituntuk menemukan apa yang mereka cari.

Berbeda jika Anda menggunakan daftar isi di manabisa membantu pengunjung untuk menemukan apa yang relevan menurut mereka dan mengklik informasi yang sedang mereka cari.

Berpotensi Meningkatkan Durasi Waktu di Website Anda

Menurut statistik sebelumnya bahwa durasi waktu kebanyakan pengunjung website hanya mampu bertahan sampai 15 detik saja. Kita juga mengetahui bahwa salah satu metrik terpenting di Google Analytics adalah waktu/durasi pengunjung berada halaman.

Semakin lama durasi pengunjung berada di website Anda, artinya pengunjung website telah puas dengan konten yang Anda sajikan. Tentunya dengan catatan bahwa di konten Anda terdapat bagian yang relevan dengan pencarian mereka.

Lamanya durasi waktu kunjungan ke halaman website juga akan sangat berpengaruh terhadap pencarian di mesin pencari Google.

Jika Anda sudah menambahkan daftar isi tapi waktu kunjungan tidak meningkat, itu tandanya Anda harus memeriksa ulang artikel Anda, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan pembaca atau tidak.

Melacak Segmen Tertentu

Adanya daftar isi tidak hanya menunjukkan konten apa yang Anda miliki di postingan Anda. Melainkan Anda bisa menerapkan metode pelacakan untuk melihat bagian mana yang paling banyak di klik atau diminati pengunjung website.

Dengan Anda mengetahui mana yang paling penting di mata pengunjung atau yang paling diminati pengunjung website, bisa membantu Anda menulis konten baru yang lebih dalam agar pengunjung website tetap setia membaca kontenAnda.

Bagaimana cara menggunakan metode pelacakan? Anda bisa membaca artikel sebelumnya yang pernah kami sajikan tentang panduan menggunakan Google Tag Manager.

Berpotensi Menurunkan Angka Bounce Rate

Daftar isi tidak hanya mempengaruhi waktu seseorang berada di website Anda. Melainkan  dapat menyakinkan pengunjung untuk tetap berada di website Anda, sehingga dapat berpotensi menurunkan angka bounce rate.

Kita telah mengetahui bahwa bounce rate adalah sebuah metrik yang digunakan para webmaster untuk mengukur kinerja website terkaitapakah konten yang disajikan sudah cukup disukai oleh pengunjung atau justru sebaliknya.

Apakah Setiap Postingan Harus Menggunakan Daftar Isi?

Sekarang Anda mungkin mulai memikirkan untuk menambahkan daftar isi ke dalam website/blog Anda. Tapi mungkin di antara Anda timbul satu pertanyaan, apakah setiap postingan harus menggunakan daftar isi?

Jawabannya tentu saja tidak semua konten memerlukan daftar isi. Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan daftar isi ketika konten memiliki panjang lebih dari 1000 kata atau memiliki lebih dari 5 heading.

Karena jika postingan Anda kurang dari 1000 kata atau tidak memiliki heading sama sekali, hal itu hanya akan membuang-buang ruang di halaman Anda.

Bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Blog?

Kita sudah membahas tentang apa itu daftar isi dan manfaatnya. Sekarang kita akan melanjutkan pembahasan tentang cara membuat daftar isi blog. Pada pembahasan ini, kami memiliki dua cara yaitu dengan metode manual dan bantuan plugin.

Yuk mari kita bahas satu persatu!

Cara Membuat Daftar Isi di Blog WordPress Secara Manual

Cara membuat daftar isi blog pertama adalah dengan menggunakan cara manual di postingan WordPress dengan menambahkan sedikit kode.

Tentu, bagi Anda yang sudah terbiasa dengan cara membuat website menggunakankode dari nol pastinya sudah tidak asing dengan kode dasar untuk membuat daftar isi ini. Berikut cara membuat daftar isi di blog WordPress secara manual di situs WordPress.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam tutorial cara membuat daftar isi blog manual ini kami menggunakan editor blok Gutenberg yang merupakan editor bawaan dari WordPress Indonesia. Jika Anda menggunakan editor lain, Anda sebaiknya menggunakan cara kedua yaitu dengan menggunakan plugin yang akan dibahas pada bagian berikutnya.

Berikut langkah-langkah cara membuat daftar isi blog yang harus Anda ikuti dalam membuat daftar isi secara manual:

Langkah 1: Buka postingan atau halaman yang akan Anda tambahkan daftar isi.

Buka postingan atau halaman yang akan Anda tambahkan daftar isi.

Langkah 2: Buat heading yang akan digunakan sebagai item dalam daftar isi nantinya. Misal kami membuat heading dengan nama Heading 1, Heading 2, Heading 3.

Buat heading yang akan digunakan sebagai item dalam daftar isi nantinya.

Lakuan cara di atas untuk heading lainnya, sehingga hasilnya sebagai berikut:

Lakuan cara di atas untuk heading lainnya, sehingga hasilnya sebagai berikut:

Langkah 3: Klik blok masing-masing heading tersebut dan nantinya akan muncul toolbar.

Klik blok masing-masing heading tersebut dan nantinya akan muncul toolbar

Langkah 4: Pada toolbar tersebut klik More Options (icon tiga titik vertikal) dan pilih Edit as HTML.

Pada toolbar tersebut klik More Option dan pilih edit as html

Langkah 5: Tambahkan Nama ID ke tag pembuka judul. Nama ID ini adalah sebuah identifikasi unik yang ditambahkan ke dalam tag pembuka elemen.Berikut tampilan heading setelah diberikan Nama ID.

Tambahkan Nama ID ke tag pembuka judul.

Langkah 6: Ulangi langkah 5 pada setiap heading yang Anda buat atau heading yang ingin Anda masukan ke dalam daftar isi. Sebagai contoh, kami menggunakan nama ID “anchor-1”, “anchor-2”, “anchor-3”, untuk masing-masing heading.

Langkah 7: Kembali ke bagian atas halaman dan klik tombol Tambah Blog dengan icon plus.

Kembali ke bagian atas halaman dan klik tombol Tambah Blog dengan icon plus.

Langkah 8: Klik blok HTML Khusus yang nantinya akan kita gunakan untuk membuat daftar isi.

Klik blok HTML Khusus yang nantinya akan kita gunakan untuk membuat daftar isi.

Langkah 9: Buat jump link, dengan cara memasukkan kode di bawah ini ke dalam blog yang sebelumnya telah Anda buat.

<div class="toc">
<p>Table of contents</p>
<ol>
<li><a rel="noopener" target="_blank" href="#anchor-1"> Heading 1 </a></li>
<li><a rel="noopener" target="_blank" href="#anchor-2"> Heading 2 </a></li>
<li><a rel="noopener" target="_blank" href="#anchor-3"> Heading 3 </a></li>
<li><a rel="noopener" target="_blank" href="#anchor-4"> Heading 4 </a></li>
</ol>
</div>
Buat jump link, dengan cara memasukkan kode di bawah ini ke dalam blog yang sebelumnya telah Anda buat.

Selesai, sekarang daftar isi blog sudah Anda buat. Memang hanya memerlukan beberapa langkah saja. Tapi bagi Anda yang ingin mempercantik tampilan daftar isi, Anda memerlukan pengetahuan HTML dan CSS lebih dalam.

Namun bagi Anda yang tidak nyaman dengan cara di atas, Anda bisa menggunakan cara kedua yaitu menggunakan bantuan plugin. 

Cara Membuat Daftar Isi di Blog Menggunakan Plugin

Cara membuat daftar isi blog dengan menggunakan plugin ini sangat sederhana dan bisa Anda ikuti. Caranya bagaimana? Ikuti langkah-langkah di bawah ini ya!

Langkah 1: Install Plugin LuckyWP Table of Contents terlebih dahulu.

Langkah 2: Setelah melakukan instalasi, aktifkan plugin tersebut.

Langkah 3: Setting plugin dengan cara masuk menu Settings > Table of Contents dan nantinya akan muncul beberapa menu pengaturan seperti General, Appearance, Auto Insert dan lain sebagainya

Setting plugin dengan cara masuk menu Settings > Table of Contents
Klik menu settings
menu pengaturan plugin
Menu pengaturan plugin

Langkah 4: Klik General > Header > Title. Oh iya, Anda juga bisa menetapkan judul daftar isi menjadi “Daftar Isi” atau Anda biarkan “Contents” sesuai bawaannya, tidak masalah.

Klik General > Header > Title.

Langkah 5: Dilanjutkan dengan klik tab Appearance untuk mengubah tampilan warna.

klik tab Appearance untuk mengubah tampilan warna.

Langkah 6: Klik Tab Auto Insert dan centang Enable jika Anda menginginkan daftar isi otomatis ditambahkan di setiap artikel.

Klik Tab Auto Insert dan centang Enable jika Anda menginginkan daftar isi otomatis ditambahkan di setiap artikel.

Tambahkan Daftar Isi ke Blog Anda Sekarang!

Nah itu adalah pembahasan tentang cara membuat daftar isi blog dengan mudah, Anda bisa memilih dari kedua cara tersebut. Daftar isi dapat meningkatkan pengalaman pengguna, sehingga mereka mau berlama-lama berada di website Anda.

Pengalaman yang baik dari pengguna tentunya akan menjadikan website user friendly sehingga angka bounce rate akan menurun di manaakan sangat berpengaruh terhadap kinerja website Anda di mesin pencari.

Jadi jelas ya bahwa faktor kinerja website tidak hanya didukung oleh WordPress hosting yang mumpuni dalam hal kecepatan, kedalaman konten, dan navigasi adalah salah satu faktor yang tidak kalah penting.

Setelah Anda selesai membuat daftar isi di blog jika website Anda adalah toko online, itu berarti Anda membutuhkan fitur live chat di website.

Anda bisa mempelajari cara membuat live chat pada website hanya dengan beberapa langkah saja. Cek sekarang!

Good luck!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments