Apa Itu Widget & Cara Menambahkan Widget di WordPress [Terbaru]

180
8 min read

Bagi sebagian orang pengguna WordPress mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya widget. Bahkan mungkin Anda sudah menggunakannya untuk mengoptimalkan fungsionalitas di dalam website yang sedang Anda kelola.

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata masih ada orang yang sudah memanfaatkan widget ini. Namun belum mengetahui apa itu widget? Tenang saja, kami akan menjelaskannya secara detail tentang apa itu widget dan kami juga akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara menambahkan widget di WordPress.

cara menambahkan widget di wordpress
“St Ives, England – July 31, 2012: Close up of the WordPress website displayed in Google Chrome. WordPress is a semantic personal publishing platform with a focus on aesthetics, web standards, and usability.”

Apa itu Widget?

Sebelum kita membahas hal teknikal seputar widget, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu widget karena bisa saja ada beberapa dari Anda yang belum mengetahui widget. Widget adalah salah satu elemen yang ada di WordPress dengan fungsi khusus yaitu menambahkan konten dan struktur di sidebar maupun footer.

Misalnya saja, widget yang bisa menampilkan setiap postingan terbaru Anda atau widget berupa kolom pencarian konten tertentu dan lain sebagainya. Di WordPress Anda bisa dengan mudah mengelola widget, untuk mengelolanya Anda tidak perlu kemampuan menulis kode pemrograman.

Cukup dengan melakukan drag n drop saja, Anda sudah bisa memaksimalkan fungsi dan meletakkan widget di area tertentu. Tata letaknya bisa berbeda-beda, hal itu tergantung dengan tema yang Anda gunakan.

Terkadang untuk tema tertentu, widget hanya bisa diletakkan di bagian sidebar saja ataupun footer saja dan bahkan ada yang bisa diletakkan hanya di bagian sidebar dan footer saja. Setelah Anda mengetahui apa itu widget, sekarang kita akan beberapa widget yang disediakan secara otomatis oleh WordPress.

Macam-Macam Widget yang Disediakan WordPress

Jika Anda menggunakan WordPress untuk kebutuhan bisnis dan personal, pastinya sudah tersedia beberapa widget yang secara otomatis disediakan dan tinggal diaktifkan saja. Apa saja macam atau jenis-jenis widget yang tersedia di WordPress? Berikut penjelasan singkatnya:

ArchiveWidget yang berfungsi untuk menampilkan postingan setiap bulannya.
CalendarSeperti namanya, widget yang satu ini untuk menampilkan tanggal, bulan dan tahun terbaru.
AudioDengan widget ini Anda bisa menyematkan audio di halaman tertentu.
CategoriesDengan widget ini Anda bisa menampilkan daftar postingan berdasarkan kategori konten.
GalleryJika Anda memiliki gambar-gambar menarik untuk ditampilkan di WordPress, bisa menggunakan widget ini.
ImageWidget ini juga sama dengan widget gallery, hanya saja untuk widget yang satu ini hanya menampilkan satu gambar saja. Biasanya widget ini digunakan untuk menampilkan ads.
MetaWidget yang satu ini berfungsi untuk menampilkan RSS, webmaster login dan juga link WordPress.org.
Menu NavigasiFungsinya untuk menambahkan dan menampilkan menu navigasi di bagian sidebar. Tujuannya untuk memudahkan pengunjung website Anda.
PagesJika Anda memiliki beberapa halaman yang ingin ditampilkan, bisa menggunakan widget ini.
Recent CommentJika komentar di website Anda layak untuk ditampilkan kepada pengunjung lainnya, widget Recent Comment akan sangat membantu.
RSSMenampilkan entri untuk RSS atau Atom Feed.
Recent PostAgar lebih memudahkan pengunjung website, tambahkan widget ini untuk menampilkan postingan terbaru di bagian sidebar.
SearchKolom pencarian sangat berguna untuk pengunjung website, ketika mereka mencari konten tertentu. Maka dari itu, widget ini sangat bermanfaat untuk memberikan fitur pencarian tersebut.
VideosVideo-video seperti company profile atau lainnya bisa ditampilkan dengan menggunakan widget ini.
Tag CloudSetiap postingan memiliki tag dan tag cloud memiliki fungsi untuk menampilkan tag di setiap postingan.

Cara Menambahkan Widget di WordPress

Setelah kita membahas apa itu widget dan macam-macam widget yang sudah secara default ada di WordPress, sekarang mari kita lanjutkan ke cara menambahkan widget di WordPress. Untuk melakukannya kami membagi menjadi tiga cara populer.

  • Cara menambahkan widget melalui dashboard WordPress
  • Cara menambahkan widget dengan teknik custom widget
  • Cara menambahkan widget secara realtime

Mari kita bahas satu per satu!

Cara Menambahkan Widget via Dashboard WordPress

Berikut adalah cara menambahkan via dashboard WordPress.

Langkah 1: Login terlebih dahulu ke dashboard WordPress.

Langkah 2: Klik appearance > widget.

Langkah 3: Coba Anda perhatikan bagian kiri ada beberapa widget yang bisa Anda tambahkan dan bagian kanannya adalah area widget. Dalam demo ini kami menggunakan tema Divi, jika Anda menggunakan template WordPress gratis lainnya maka akan sedikit berbeda jumlah area widgetnya.

Cara menambahkan widgetnya tinggal drag n drop widget ke area yang Anda inginkan.

cara menambahkan widget via dashboard wordpress
Apa Itu Widget & Cara Menambahkan Widget di WordPress [Terbaru] - 2022

Dalam contoh diatas kami akan menambahkan widget categories. Selesai, Anda sudah berhasil menambahkan widget ke WordPress dan nantinya widget tersebut akan terlihat dibagian sidebar.

Cara Menambahkan Widget Secara Realtime

Cara lain dilakukan secara real time, yaitu melalui menu Customize. Realtime disini maksudnya, Anda bisa menambahkan widget secara langsung sambil melihat tampilan asli websitenya.

Langkah 1: Seperti biasa login terlebih dahulu ke halaman dashboard WordPress (jika belum)

Langkah 2: Klik Appearance > Customize.

Langkah 3: Nanti akan muncul halaman customizing, seperti gambar di bawah ini:

Apa Itu Widget & Cara Menambahkan Widget di WordPress [Terbaru] - 2022

Langkah 4: Cari menu widgets dan klik.

Apa Itu Widget & Cara Menambahkan Widget di WordPress [Terbaru] - 2022

Langkah 5: Setelah di klik akan muncul beberapa widget area dan setiap tema mungkin widgets area akan berbeda jumlahnya, klik salah satu widget area (di demo ini kami memilih widget area sidebar).

Apa Itu Widget & Cara Menambahkan Widget di WordPress [Terbaru] - 2022

Langkah 6: Klik tombol add block.

Apa Itu Widget & Cara Menambahkan Widget di WordPress [Terbaru] - 2022

Langkah 7: Pilih salah satu add block untuk dijadikan widget, disini kami memilih image karena akan menampilkan gambar.

Apa Itu Widget & Cara Menambahkan Widget di WordPress [Terbaru] - 2022

Langkah 8: Nanti akan muncul tiga menu yaitu Upload yaitu upload gambar dari komputer, Media Library berfungsi untuk mengambil gambar dari gallery di website Anda dan Insert URL untuk menampilkan gambar dari URL tertentu. Silahkan Anda pilih yang mana saja.

Tampilannya akan seperti dibawah ini jika selesai menambahkan widget (dalam demo ini kami memilih Image).

Apa Itu Widget & Cara Menambahkan Widget di WordPress [Terbaru] - 2022

Langkah 9: Klik Publish jika sudah selesai.

Selesai, Anda sudah berhasil menambahkan widget secara realtime.

Plugin Pendukung Widget

Kita sudah mengetahui bahwa di WordPress standar sudah terdapat macam-macam widget bawaan seperti Recent Post, Meta, Image dan Video. Namun terkadang kebutuhan widget tersebut kurang bisa memenuhi fungsionalitas dari sebuah website. Oleh karena itu sebagian orang menggunakan plugin sebagai fitur tambahan agar website bisa bekerja sesuai dengan keinginan.

Termasuk widget, ada beberapa plugin yang bisa menjadi pendukung widget yang tidak ada di WordPress standar.

Berikut beberapa plugin yang kami rekomendasikan:

Q2W3 Fixed Widget

Di widget bawaan, semua widgetnya tidak fixed artinya ketika di scroll posisi widgetnya tidak tetap, tapi akan ikut hilang. Nah, plugin bernama Q2W3 Fixed Widget ini bisa membuat widget Anda menjadi fixed.

Sehingga widget yang Anda tambahkan akan selalu terlihat oleh pengunjung website, dengan begitu potensi iklan di klik akan jauh lebih besar.

Content Aware Sidebars

Widget bawaan tidak bisa di custom sesuai dengan keinginan kita, jika Anda ingin meng custom widget sesuai dengan konten yang sedang dibaca oleh pengunjung, maka bisa menggunakan plugin Content Aware Sidebars.

Dengan plugin tersebut Anda bisa mengcustom tampilan widget berbeda-beda tergantung konten yang sedang dibaca berdasarkan kategori, penulis dan lain sebagainya. Kelebihannya, tampilan widgetnya menjadi lebih personal dan juga terarah kepada para pembaca.

Tambahkan Widget untuk Mengoptimalkan Fungsionalitas Website

Sampai disini sudah mengeti apa itu widget hingga cara menambahkan widget di WordPress. Singkatnya, widget dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan website melalui sidebar WordPress atau footer. Memang, widget bagi sebagian pengguna WordPress terkesan remeh, hanya saja dampaknya sangat luar biasa dan salah satu dampaknya adalah meningkatkan engagement pengunjung website.

Tambahan saja, ketika Anda hendak memilih dan menambahkan widget ke website, ingat selalu pertimbangkan beberapa aspek penting terkait user experience, tampilan website dan keseluruhan manfaat dari widget yang Anda tampilkan.

Jangan sampai karena Anda hanya ingin menambahkan widget, akhirnya Anda menambahkan tanpa pertimbangan apapun dan malah membuat website menjadi lambat loading.

Faktor terpenting lainnya selain navigasi di widget adalah kecepatan website. Meskipun Anda sudah menambahkan beberapa widget sesuai kebutuhan, jangan lupa gunakan WordPress hosting yang tepat agar website user friendly dalam hal kecepatan.

Semoga artikel cara menambahkan widget ini membantu. Selamat mencoba ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments