7 Cara Cek Umur Domain Website dan Blog Serta Pemiliknya

0
2191

Domain memiliki peran penting bagi sebuah website maupun blog. Nah, jika kali ini kamu penasaran bagaimana caranya untuk cek umur domain website atau blog milik orang lain serta informasi pemiliknya, semoga artikel satu ini bisa membantu.

Sekilas Tentang Domain

7 Cara Cek Umur Domain Website dan Blog Serta Pemiliknya - 2024
Gunakan nama domain yang unik dan mudah diingat para pengguna internet. (Sumber: shutterstock)

Domain memang istilah yang sudah begitu familiar terutama bagi mereka yang berhubungan dengan penggunaan website untuk bisnis online atau tujuan lainnya. Akan tetapi, hal tersebut tidak lantas membuktikan kalau semua orang sudah tahu apa itu domain.

Artinya, masih ada orang yang bahkan tidak tahu kalau domain itu ada. Jadi, mereka tidak tahu pengertian domain apa. Domain bisa kita katakan sebagai nama unik yang akan merepresentasikan website atau blog yang tidak bisa diduplikat.

Domain merupakan alamat untuk mengidentifikasi website menggunakan nama yang mudah diingat. Itulah kenapa kamu harus memastikan kalau nama domain untuk bisnis itu unik dan menarik. Sehingga akan mudah melekat di ingatan para pengguna internet. 

Coba baca tips memilih nama domain yang pastinya akan sangat membantu terutama bagi yang baru pertama kali membuat nama domain untuk website atau blog.

Apabila nama domain sudah punya pemilik, artinya orang lain tidak dapat menggunakan domain tersebut. Kecuali jika mereka memilih nama domain yang sama namun dengan ekstensi domain yang berbeda.

Apabila kamu hendak membeli domain untuk website bisnis yang akan kamu bangun namun ekstensi umum seperti .COM dan .ID sudah tidak tersedia, itu berarti kamu harus memilih ekstensi lain apabila ingin tetap menggunakan nama unik tertentu. 

Kamu bisa terlebih dahulu mencari tahu daftar ekstensi domain unik yang akan memungkinkan kamu tetap menggunakan nama domain yang diinginkan. Dengan begitu, nama domain akan tetap mewakili atau sesuai dengan bisnis kamu. 

Fungsi Domain

Bagi website maupun blog, domain memiliki fungsi yang penting. Salah satu fungsi utama dari domain adalah menjadi alamat unik yang akan menghubungkan server dengan klien. Bila dibandingkan dengan alamat IP yang begitu panjang, nama domain tentu lebih singkat dan mudah diingat.

Nama domain memungkinkan pengguna untuk mengakses website yang tersimpan pada web server. Dengan begitu, mereka tidak perlu mengingat baris angka dari IP address.

Domain juga dapat mewakili identitas sebuah situs web. Sehingga berperan penting dalam melakukan branding bagi bisnis yang ingin dikenal oleh lebih banyak audiens.

Belum punya domain yang tepat? Exabytes menyediakan domain dengan harga bervariasi. Bahkan kamu bisa mendapatkan domain murah yang sesuai dengan dana yang tersedia.

Cara Cek Umur Domain

Saat berbicara tentang domain, tentunya ada begitu banyak hal yang perlu dibahas. Termasuk bagaimana cara mengecek umur domain website atau blog yang kamu ingin cari tahu.

Tertarik untuk memiliki domain yang sudah mempunyai pemilik? Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Kamu bisa menghubungi pemilik domain dan melakukan negosiasi agar nantinya bisa mendapatkan domain tersebut. 

Akan tetapi, prosesnya mungkin cukup panjang meskipun pemilik belum menggunakan nama domain untuk situs web mereka.

Cek harga domain untuk mendapatkan estimasi berapa uang yang harus kamu persiapkan untuk mendapatkan domain impian dengan ekstensi yang banyak digunakan.

Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek umur domain sekaligus mengetahui pemiliknya

Cek Umur Domain dengan WHOIS

cek umur domain

Sudah pernah cek domain WHOIS? WHOIS merupakan layanan yang menyediakan informasi seputar nama domain termasuk umur dan pemiliknya. Dengan begitu, kamu bisa mengecek umur domain dari website WHOIS.

Akan tetapi, sebagian pemilik domain memutuskan untuk membatasi informasi kepemilikan domain. Hal tersebut tentunya wajar mengingat banyaknya tindak kejahatan di dunia maya yang semakin merajalela. Tujuannya adalah agar informasi pribadi yang lebih rinci tidak bisa diakses oleh sembarang orang. 

Pemilik domain bisa memanfaatkan domain protection untuk membatasi informasi tersebut. 

Bagi kamu yang menilai kalau cek umur domain melalui WHOIS adalah cara yang paling mudah dan cepat, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, akses website WHOIS melalui perangkat yang kamu gunakan
  • Setelah halaman terbuka, ketikkan nama domain yang hendak kamu cek umur domainnya pada kolom yang tersedia
  • Lanjutkan dengan klik tombol search atau yang ditandai dengan ikon pencari
  • Umur domain bisa kamu lihat pada data tanggal registrasi domain

Bila perlu, kamu bisa cek pemilik domain melalui artikel satu ini.

Melalui Postingan Pertama Website atau Blog

Selain cara pertama yaitu menggunakan layanan dari website WHOIS, kamu juga bisa mencoba cek umur domain website atau blog melalui postingan pertamanya. Cara satu ini akan memudahkan kamu dalam mengetahui umur domain pada blog. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, pastikan kamu memiliki koneksi internet untuk bisa mengakses website atau blog yang dimaksud
  • Kemudian, lanjutkan pencarian dengan fitur pagination yang akan menampilkan postingan hingga yang terlama
  • Jika sudah, kamu bisa membuka postingan yang pertama kali blog bagikan, dimana kamu bisa melihat tanggal publish blog atau artikel tersebut

Akan tetapi, cara cek umur domain satu ini tidak selalu akurat karena hanya merupakan sebuah perkiraan saja. Bisa jadi domain sudah dibeli beberapa waktu sebelum blog dibuat atau postingan diterbitkan oleh pengelola blog.

Cek Umur Domain Menggunakan Carbon Dating

cek umur domain

Masih penasaran dengan cara cek umur domain yang bisa kamu coba? Jika belum puas dengan dua cara di atas, kamu bisa memanfaatkan carbon dating yang akan membantu menghitung umur domain.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Kunjungi website carbondate.cs.odu.edu
  • Masukkan URL website atau blog yang akan kamu cek umur domainnya
  • Tunggu proses dan lihat hasil yang ditampilkan pada layar perangkatmu

Gunakan Komentar Blog atau Postingan untuk Cek Umur Domain

Apabila situs web atau blog yang kamu kunjungi tidak menampilkan tanggal penerbitan artikel, kamu bisa cek umur domain lewat komentar postingan.

  • Buka situs web atau blog dan cari postingan pertamanya
  • Kemudian, lanjutkan dengan membuka postingan tersebut dan temukan komentar
  • Komentar memiliki waktu stamp masing-masing sehingga kamu bisa mencari umur domain lewat waktu tersebut

Gunakan Layanan Cek Umur Domain Websiteseochecker

Cara cek umur domain lain yang bisa kamu coba adalah melalui websiteseochecker. Tentunya, caranya cukup mudah sehingga bisa dicoba oleh siapa saja. Berikut adalah beberapa langkah dalam menggunakan website cek umur domain satu ini:

  • Pastikan kamu mengakses laman websiteseochecker yang dimaksud
  • Jika laman sudah terbuka, maka kamu bisa langsung mengetikkan URL situs web atau blog untuk kamu cek umur domainnya
  • Kemudian, klik cek dan tunggu hingga prosesnya selesai dan hasil akan terlihat di layar perangkatmu
7 Cara Cek Umur Domain Website dan Blog Serta Pemiliknya - 2024

Untuk usia ditunjukkan pada kolom AGE yang menyebutkan kalau umur domain yang kamu cek adalah 1 tahun 233 hari (1 year, 233 days).

Coba Cek Umur Domain dari Tanggal Indeks Google

7 Cara Cek Umur Domain Website dan Blog Serta Pemiliknya - 2024

Selanjutnya, kamu juga bisa cek umur domain melalui indeks Google. Setiap situs web atau blog tentunya memiliki tanggal indeks Google. Indexing situs web bisa secara otomatis atau manual yaitu dengan cara mendaftarkannya melalui Google Search Console.

Untuk cek umur domain melalui tanggal indeks mesin pencari Google, berikut adalah langkahnya:

  • Pertama, pastikan kamu membuka halaman Google
  • Kedua, jangan lupa untuk mengetikkan nama domain dengan diawali dengan “site:”
  • Lanjutkan dengan menekan enter dan lihat hasil yang ditampilkan
  • Kemudian, klik tiga titik pada layar
  • Data pertama kali situs web terindeks Google kini ada di layar ponsel atau komputer kamu

Cek Umur Domain Melalui Beberapa Penyedia Layanan Cek Umur Website yang Tersedia

Selain cara cek umur domain di atas, kamu juga bisa mencoba cara lain. Pengecek umur dan pemilik domain bisa juga kamu lakukan melalui penyedia layanan yang ada. Seperti duplichecker, small seo tools, IP location, free valuator, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Terlepas dari apapun tujuan cek umur domain yang kamu lakukan, kamu bisa mencoba berbagai cara yang tentunya mudah dan cepat. Artinya, kamu bisa mendapatkan informasi umur serta pemilik domain melalui data yang ditampilkan dari hasil pencarian tersebut.

Belum punya domain? Dapatkan domain Indonesia dari penyedia terpercaya yaitu Exabytes yang juga menawarkan domain dengan harga sangat terjangkau.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments