Ketahui Fitur Apa Saja yang Wajib Ada di Website Toko Online

0
3473

Hi Exabytes Friends! 

Setiap website toko online mempunyai perbedaan dan keunikannya masing-masing. Ada yang sudah merasa website toko online nya sudah bagus tetapi masih belum ada bau-bau peningkatan, atau kamu masih merasa website toko online mu belum memberikan kesan terbaik untuk menarik calon pelanggan. Website toko online tidak hanya harus menampilkan produk yang berkualitas tetapi harus juga untuk menarik calon pelanggan saat pandangan pertama. Adanya fitur-fitur yang lengkap di website toko online mu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pelanggan. Fitur-fitur tersebut yang nantinya memudahkan pelanggan agar nyaman berbelanja di website toko online mu dan fitur-fitur tersebut juga yang bisa membuat pelanggan melihat memang website toko online mu berkualitas.  

Untuk mengetahui apa saja sih hal yang wajib ada di website toko online kalian, simak terus blog kita ya!

Keranjang Belanja 

Bagian yang paling umum di sebuah toko online adalah keranjang belanja. Memiliki ikon keranjang belanja menjadi suatu kewajiban ada di website toko online mu. Dengan adanya keranjang belanja, maka akan memudahkan pelanggan dalam menampung barang-barangnya yang akan mereka beli. 

Baca juga: 12 Plugin WordPress Terbaik Untuk Toko Onlinemu

Customer Log in

Pencatatan riwayat yang dilakukan pelanggan juga diperlukan. Dengan menghadirkan bagian yang dapat digunakan pelanggan dalam hal mencatat segala hal yang berkepentingan dengan mereka seperti pemesanan yang dibayar, pemesanan yang belum dibayar, pesanan yang dibatalkan, pesanan yang sudah dikirim, dan lain sebagainya. 

User Friendly

User friendly atau kemudahan konsumen adalah dimana pelanggan tidak perlu bersusah payah untuk menjelajahi website toko online kalian. Tampilan yang menarik dan sederhana adalah salah satu langkah untuk membuat konsumen tertarik. Tujuan dari hal ini adalah agar mempercepat pelanggan mendapatkan apa yang mereka inginkan di website toko online kalian. Mulai dari proses pembuatan akun hingga pelanggan melakukan proses pembelian di website toko online kalian. 

Kemudahan Akses di Semua Perangkat

Website juga perlu mempunyai performa yang baik seperti mudah diakses dengan selalu responsif dan beradaptasi di berbagai perangkat, terutama di smartphone. Dengan memudahkan konsumen untuk mengakses website kita, maka tidak akan mengganggu alur pembelian pelanggan di dalam website toko online kalian. 

Logo Brand

Logo merupakan suatu simbol yang mengandung arti tertentu untuk mewakili brand kalian dengan singkat dan mudah diingat oleh konsumen sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Logo brand harus mengandung konsep bisnis yang nantinya akan mencuri perhatian bagi orang yang melihatnya. Logo brand juga membuat sebagai penanda bisnis kalian agar memberikan kesan profesional dan terpercaya. 

Button “Call to Action

Call to Action atau CTA adalah sebuah instruksi yang didesain agar pengunjung melakukan aktivitas atau memberikan respon langsung sehingga menghasilkan konversi. Contohnya tombol “Beli Sekarang”, “Klaim Disini”, “Cek Disini”. 

Fitur Pencarian Produk 

Pelanggan mempunyai keinginan yang berbeda-beda, seringkali dijumpai pelanggan kesulitan untuk menemukan produk yang mereka inginkan. Kemudahan pelanggan dalam urusan pencarian produk adalah hal penting. Sediakan fitur yang dapat memudahkan konsumen dalam pencarian produk dengan fitur “produk terkait” seperti pencarian berdasarkan brand, merk, kategori, atau produk-produk yang populer diminati atau dicari.

Fitur Wishlist

Pelanggan perlu fitur untuk menandakan produk yang mereka ingin beli tetapi tidak untuk sekarang melainkan di masa yang akan datang. Walaupun memang hal ini terlihat seperti memberhentikan proses check out, tetapi dengan begitu membebaskan pelanggan yang nantinya akan membeli produk di website toko online mu. 

Halaman Testimoni Pelanggan 

Halaman testimoni pelanggan juga tidak kalah penting, dengan memberikan ruang untuk pelanggan mengungkapkan kepuasannya terhadap produk yang dijual di website toko online mu akan membangun kepercayaan terhadap pelanggan lain yang ingin membeli  produk-produk yang dijual di website toko online mu juga. Dengan begitu, akan membuat website toko online mu jauh lebih terpercaya oleh para pelanggan. 

Halaman Promo 

Promo merupakan salah satu cara untuk menarik orang-orang untuk berbelanja di website toko online mu. Berikan penawaran yang menarik di dalam website toko online mu, seperti potongan harga untuk pelanggan pengguna pertama. Dan juga usahakan promo yang kamu berikan untuk pelanggan itu tersedia secara terbatas, agar mendorong pelanggan memutuskan membeli sekarang atau tidak sama sekali. 

Payment Gateway

Payment Gateway adalah gerbang transaksi yang disediakan oleh sebuah layanan website toko online (e-commerce) yang dapat memberikan otorisasi pemrosesan kartu kredit maupun pembayaran langsung bagi pelanggan dalam aktivitas bisnis online. 

Ini sangat bermanfaat bagi pemilik toko online maupun pelanggan. Membantu transaksi dengan mengirimkan informasi penting antar toko online dengan bank, begitupun sebaliknya. Dan pelanggan juga disediakan metode pembayaran yang bervariasi agar mereka tidak mengalami kesulitan dalam permasalahan pembayaran. 

Pusat Bantuan (Help Center)

Pusat bantuan atau fitur “Contact Us” wajib ada di website mu untuk melayani pelanggan jika memiliki pertanyaan kepada kita. Dengan memberikan kontak pusat bantuan adalah langkah yang tepat. Tidak mesti harus ada berapa kontak yang disediakan , pilih kontak yang paling mudah untuk pelanggan jangkau dan memudahkan kita memberikan respon tercepat. 

Gambar Dan Video Dengan Resolusi Tinggi 

Pelanggan menyukai untuk melihat produk yang mereka ingin beli dengan sejelas mungkin. Jika resolusi gambar atau video kecil dan pecah, maka akan menurunkan kepercayaan pelanggan dan minat pelanggan untuk membeli produk di website toko online mu. Pelanggan berasumsi jika gambar atau video dengan resolusi yang kecil itu tidak terpercaya atau diragukan keasliannya. 

Pengiriman Barang

Pelanggan menginginkan informasi mengenai perhitungan ongkos kirim ke setiap daerah dan juga informasi mengenai estimasi perkiraan barangnya akan sampai berapa lama. Informasi-informasi ini sangat penting bagi pelanggan, apalagi dengan pelanggan yang sudah membayar ongkos kirim lebih mahal agar barangnya lebih cepat sampai. Usahakan dengan menambahkan fitur pelacak barang agar pelanggan bisa melacak barang yang sudah dikirim. Langkah ini juga menjaga kepercayaan konsumen dan juga menghindari keluhan pelanggan karena mereka yang tidak mengetahui barangnya sudah sampai dimana.  

Itu saja 14 hal yang wajib ada di website toko online mu, semoga bermanfaat!

Untuk memulai website toko online mu dengan cepat dan mudah, Kamu dapat mencoba  Website Builder dari Exabytes.  Hanya dengan Rp 15.000/ bulan, Kamu dapat membangun website toko online profesional semudah Drag and Drop, termasuk:

  • Pre-Built Template yang Professional
  • Mobile Friendly, cocok di semua perangkat
  • Build-in Professional Email
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments