Menggali Kode Status Domain: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

0
315

Dalam proses pendaftaran nama domain, pengguna perlu segera mendaftarkan domain yang diinginkan sebelum didaftarkan oleh pihak lain, karena satu domain hanya dapat dimiliki oleh satu pengguna.

Jika domain tersebut sudah terdaftar, Anda harus menunggu hingga statusnya mencapai pending delete agar dapat mendaftar ulang secara umum.

Untuk mengetahui status domain yang diminati, Anda dapat melihatnya melalui situs WHOIS.

Dalam jalannya proses, kode status domain dapat berubah-ubah, contohnya Active/Ok, Redemption Period, dan berbagai status lainnya.

Status domain menjadi informasi penting terutama bagi Anda yang tengah memiliki domain atau berencana ‘memburu’ domain yang sudah kedaluwarsa.

Untuk mempermudah Exabytes friends, mari simak pembahasan kode status domain lengkapnya pada artikel berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Kode Status Domain?

Kode Status EPP atau status domain merujuk pada kodenya yang mencerminkan status registrasi nama domain. Setiap domain pasti memiliki kode status ini.

Salah satu keunggulan mengetahui setiap kode status domain adalah untuk menghindari keterlambatan, misalnya ketika Anda berencana memperpanjang masa aktif domain.

Sebagaimana diketahui, domain yang tidak diperpanjang akan masuk ke dalam periode tenggang atau menuju ke kedaluwarsa.

Untuk melakukan perpanjangan masa aktif domain tersebut, Anda perlu mengetahui beberapa masa tertentu, hingga akhirnya domain dapat diperpanjang kembali.

Selanjutnya, apa saja masa atau status domain yang dapat ditemui pada suatu domain? Temukan pembahasannya lebih lanjut di sini, Exabytes friends!

Kode Status Domain dan Penjelasannya

Mungkin banyak yang belum memahami status apa saja yang dimiliki oleh domain kita saat diperiksa melalui mesin cek domain WHOIS. Berikut adalah contoh status domain kami di WHOIS:

Kode Status Domain Exabytes Indonesia

Keterangan :

  • Domain : Merupakan nama domain
  • Registrar : Sebuah penyedia layanan domain
  • Registered On : Untuk Tanggal/Bulan/Tahun domain di registrasi atau di daftarkan
  • Expires On : Untuk Tanggal/Bulan/Tahun domain expired
  • Update On : Untuk Tanggal/Bulan/Tahun dilakukan pembaharuan
  • Status : Kode status domain
  • Name Servers : Untuk alamat penyimpanan record – record DNS domain

Setelah melihat contoh domain di atas, itu merupakan salah satu contoh domain dalam WHOIS yang menggunakan ekstensi ID. Sekarang, mari kita bahas penjelasan dari status di atas:

STATUS PADA WHOIS
DEFINISI
ADDPERIOD Penambahan 5 hari masa tenggang setelah pendaftaran awal dari sebuah domain. Domain akan dihapus oleh registrar selama periode ini, registri harus memberikan kredit kepada registrar untuk biaya pendaftaran.
RENEWPERIOD Setelah 5 hari masa tenggang pendaftaran domain secara eksplisit diperpanjang oleh registrar. Domain akan dihapus oleh registrar selama periode ini, registri harus memberikan kredit kepada registrar untuk biaya perpanjangan.
AUTORENEWPERIOD Setelah 45 hari periode masa pendaftaran domain berakhir dan diperpanjang (diperbaharui) secara otomatis oleh registri. Domain akan dihapus oleh registrar selama periode ini, registri harus memberikan kredit kepada registrar untuk biaya perpanjangan.
TRANSFERPERIOD Setelah 5 hari periode transfer domain registrasi nama domain dari satu registrar sponsor ke registrar lain. Domain akan dihapus oleh registrar oleh yang mensponsori baru selama periode ini, registri harus memberikan kredit kepada registrar untuk biaya transfer.
PENDING DELETE RESTORABLE Periode 30 hari setelah pendaftar telah mengajukan perintah hapus untuk menghapus domain dari registri. Layanan Internet semua yang berhubungan dengan domain akan dinonaktifkan. Selama periode ini, registrar dapat mengajukan permintaan untuk mengembalikan domain.
PENDING DELETE SCHEDULED FOR RELEASE Periode 5 hari setelah masa PENDING DELETE RESTORABLE. Selama periode ini, layanan internet semua yang berhubungan dengan domain akan tetap dinonaktifkan dan domain tidak dapat dipulihkan.
PENDING RESTORE Registrar telah mengajukan permintaan Pemulihan untuk domain yang sebelumnya dalam status PENDING DELETE RESTORABLE dan registri menunggu Laporan Pemulihan dari petugas.
OK Ini adalah status normal untuk domain yang tidak memiliki operasi tertunda atau larangan.
INACTIVE Domain tidak memiliki nama server yang terkait. Minimal 2 nameserver harus dikaitkan dengan domain sebelum dapat dipublikasikan.
CLIENT TRANSFER PROHIBITED Registrar tidak mengizinkan untuk transfer domain.
CLIENT RENEW PROHIBITED Registrar tidak mengizinkan untuk memperpanjang domain.
CLIENT DELETE PROHIBITED Registrar tidak mengizinkan untuk menghapus domain.
CLIENT UPDATE PROHIBITED Registrar tidak mengizinkan untuk memperbarui domain.
CLIENT HOLD Registrar tidak mengizinkan domain untuk dipublikasikan.
TRANSFER PROHIBITED Registri tidak mengizinkan untuk transfer domain.
RENEW PROHIBITED Registri tidak mengizinkan untuk memperpanjang domain.
DELETE PROHIBITED Registri tidak mengizinkan untuk menghapus domain.
UPDATE PROHIBITED Registri tidak mengizinkan untuk memperbarui domain.
HOLD Registri tidak mengizinkan domain untuk dipublikasikan

 

Belum Memiliki Domain? Segera Daftar!

Kode status domain menjadi elemen kecil namun penting yang perlu Anda perhatikan, terutama jika Anda memiliki domain aktif.

Bagi mereka yang belum memiliki domain, pengetahuan mengenai kode status domain dapat menjadi langkah preventif untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi saat Anda sudah memiliki domain. Misalnya, seperti lupa memperpanjang masa aktif, atau bahkan risiko transfer domain ke registrar lain tanpa izin.

Demikianlah gambaran singkat mengenai makna kode status pada domain. Jadi, Exabytes friends tak perlu khawatir jika menemukan perubahan status domain, karena Anda telah memahaminya disini.

Jika Exabytes friends belum memiliki domain dan sedang mencari yang terbaik, silakan pelajari juga panduan cara memilih domain terbaik untuk website di sini.

Ayo, segera daftarkan domain Anda sekarang juga!