• Home
  • Tutorial
    • Tutorial Email
    • Tutorial Hosting
    • Tutorial VPS
    • Tutorial WordPress
    • Tutorial Server
    • Tutorial Domain
  • Marketing
    • Digital Marketing
    • Panduan Bisnis Online
    • Search Engine Optimization (SEO)
    • Content Marketing
    • Media Sosial
  • Website
    • Website Design
    • Website Untuk Semua
  • Cyber Security
Search
Exabytes Indonesia Tutorial Digital Marketing, Website, & Bisnis Online – Exabytes
  • Tips & Triks
  • Event
  • Promo
  • Kembali ke Exabytes.co.id
Sign in
Welcome! Log into your account
Forgot your password? Get help
Password recovery
Recover your password
A password will be e-mailed to you.
Exabytes Indonesia Exabytes Indonesia
  • Home
  • Tutorial
    • AllTutorial EmailTutorial HostingTutorial VPSTutorial WordPressTutorial ServerTutorial Domain
      manfaat email hosting

      5 Manfaat Email Hosting, Kenapa Penting untuk Sebuah Bisnis?

      cara membuat portofolio website

      Cara Membuat Portofolio Website Sendiri, Mudah dan Cepat

      cara mengatasi err_cache_miss

      7 Cara Mengatasi ERR_CACHE_MISS: Penyebab dan Solusi

      Apa itu SMPT dan Fungsinya

      Protokol SMTP: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Lengkap!

  • Marketing
    • AllDigital MarketingPanduan Bisnis OnlineSearch Engine Optimization (SEO)Content MarketingMedia Sosial
      blog exabytes

      Domain Rating: Pengertian, Perbedaan DR dan DA, Cara Meningkatkan DR

      blog exabytes

      Mengenal Canonical URL: Fungsi dan Penggunaannya

      blog exabytes

      Platform CMS SEO Friendly untuk Situs Anda

      Tips Facebook Marketing

      15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

  • Website
    • AllWebsite DesignWebsite Untuk Semua
      contoh landing page fashion

      10 Contoh Landing Page Fashion yang Menarik dan Keren!

      DNS Terdesentralisasi

      DNS Terdesentralisasi: Keamanan dan Privasi Lebih Bagus? Ini Penjelasannya!

      contoh portofolio web developer

      4 Contoh Portofolio Web Developer dan Cara Membuatnya Lengkap

      blog exabytes

      Mengenal Canonical URL: Fungsi dan Penggunaannya

  • Cyber Security
Home Tutorial Tutorial Email 13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya!
  • Tutorial
  • Tutorial Email

13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru]

By
Rizka Rifdatus Safitri
-
March 31, 2022
6038
Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

    Selain menggunakan strategi digital marketing, sebenarnya melakukan langkah promosi melalui email pun cukup efektif. Namun Exabytes Friends perlu memperhatikan subjek email agar strategi email marketing yang dijalankan tidak berakhir percuma. 

    Karena subjek email yang baik dapat mempengaruhi keputusan audiens untuk membaca keseluruhan isi email. Jangan sampai karena membuat subjek yang asal-asalan, email marketing kalian hanya berakhir pada spam. 

    Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas secara detail mengenai rekomendasi dan inspirasi subjek email guna meningkatkan open rate dan mendulang semakin banyak pembaca. Yuk, langsung simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!, ya!

    Daftar Isi

    • Apa Itu Subjek Email 
    • 13+ Subjek Email dan Contohnya
      • Membuat Sebuah Pertanyaan
      • Beri Hadiah Kejutan Untuk Audiens 
      • Berikan Ajakan Kepada Audiens
      • Buat Audiens Merasa Dispesialkan 
      • Sajikan Edukasi Kepada Audiens 
      • Menggunakan Copywriting yang Sedang Trending 
      • Menyisipkan Kata “Gratis” 
      • Langsung Sebutkan Penawaran Harga
      • Personalisasi Audiens dengan Menyisipkan Nama Mereka 
      • Menerapkan Prinsip Emotional Marketing 
      • Menggunakan Angka di Subjek Email 
      • Tambahkan Emoticon Untuk Menarik Perhatian
      • Tawarkan Promo Menarik 
      • Tunjukkan Urgensi dan Kelangkaan
    • Kesimpulan

    Apa Itu Subjek Email 

    Subjek Email atau kerap pula disebut “Subject Line” adalah sebuah judul email yang menggambarkan inti dari isi keseluruhan email. Subjek email adalah bagian sangat krusial pada email. Karena kesan pertama pembaca atau audiens ketika menemukan email pada inbox mereka adalah subjeknya. 

    Sebuah studi menyatakan bahwa 33% dari penerima email merasa tertarik dan memutuskan untuk membaca email berdasarkan isi dari Subject Line yang diberikan. Artinya, sebuah subjek yang unik, menarik, dan tidak membosankan cenderung mampu menggugah kemauan audiens untuk membuka email.

    Apalagi jika Exabytes Friends menggunakan strategi email marketing untuk mendulang lebih banyak loyal customers. Maka harus mampu menerapkan subjek email yang tepat agar tidak sia-sia dalam menjalankan strategi promosi. Karena memang salah satu keunggulan email marketing adalah untuk meningkatkan konversi penjualan.

    Klik Untuk Mulai Email Bisnis Profesional Disini!

    13+ Subjek Email dan Contohnya

    subjek email terbaik
    Terdapat tips dan trik dalam membuat subject line email agar menarik perhatian pembaca. (Sumber: ShutterStock)

    Masih bingung dalam membuat subjek email yang dapat menarik perhatian audiens? Yuk, langsung saja simak beragam inspirasi contoh subjek berikut! Selamat membaca!

    Membuat Sebuah Pertanyaan

    Tips pertama sebagai contoh subjek email yang menarik adalah dengan mengajukan pertanyaan kepada audiens atau penerima email. Subjek email yang berupa pertanyaan dapat memancing rasa penasaran dan minat baca audiens. 

    Selain itu, para audiens akan cenderung berpikir tentang bagaimana subjek email berlaku pada kehidupan mereka sehingga akhirnya mereka memilih mengklik dan membaca keseluruhan isi email. 

    Pertanyaan terbuka yang dapat kalian cantumkan pada subjek email untuk memusatkan perhatian audiens dapat berupa pertanyaan tentang pengalaman mereka menggunakan produk, manfaat dan kelebihan produk yang menjadi nilai unggul, hingga pertanyaan mengenai apakah audiens sudah menggunakan produk kalian dalam keseharian.

    Seperti contoh subjek email yang menggunakan pertanyaan dari Kitabisa.com berikut:

    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025

    Pada subjek email di atas, Kitabisa mencoba untuk mempromosikan mobile apps mereka yang dapat digunakan sebagai media membayar zakat. Melalui pertanyaan pada subjek email, audiens akan merasa diingatkan bahwa mereka harus membayar zakat dan akhirnya penasaran bagaimana cara membayar zakat menggunakan apps Kitabisa.

    Berikut disajikan pula contoh subjek email yang menggunakan pertanyaan pada beberapa brand lainnya:

    –   Samsung menggunakan subjek email yang berisi “”Cameras in 1 device, Rizka?” yang dapat menarik perhatian audiens karena mereka merasa sedang diajak berinteraksi dengan brand.

    –   LinkedIn menggunakan subjek email “Sedang mencari pekerjaan baru?” yang berisi ajakan untuk membuka dan menggunakan aplikasi LinkedIn guna mencari pekerjaan baru. 

    Beri Hadiah Kejutan Untuk Audiens 

    Hampir semua lapisan masyarakat menyukai kejutan. Karena kejutan atau surprise dianggap mampu meningkatkan hormon kebahagiaan di diri seseorang. Orang-orang yang diberikan kejutan akan merasa diri mereka dispesialkan dan diperhatikan. 

    Nah, Exabytes Friends dapat memberi kejutan kepada para pelanggan kalian melalui newsletter dengan subjek email yang mengandung kata “selamat”. Sebagai contoh, berikut dihadirkan subjek email dari Exabytes yang secara mengejutkan mengundang audiens mereka untuk turut serta dalam ajang penghargaan website.

    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025

    Berikut disajikan pula contoh subjek email dari beberapa brand yang memberikan efek kejutan bagi audiens mereka:

    –   Telkom Indonesia menggunakan subjek email yang berisi “Selamat, Anda mendapatkan proram Loyalti Gratis Open Channel….” yang berarti audiens penerima email tersebut mendapat kejutan berupa program customer loyalty.

    –   Ruangguru menggunakan subjek email yang berisi “[SELAMAT] 1 Tiket Gratis dan Pulsa 400K Untuk KAMU!! Klaim Sekarang!” yang berarti audiens penerima email tersebut mendapat kejutan berupa pulsa 400K dan tiket webinar gratis. 

    Berikan Ajakan Kepada Audiens

    Newsletter atau email marketing yang dibagikan secara rutin kepada pelanggan tidak selalu harus berisi konten promosi atau diskon. Kalian dapat menarik hati dan simpati pelanggan melalui ajakan kepada hal yang positif dan inspiratif.

    Ajakan tersebut dapat kalian suarakan melalui subjek email. Seperti contoh subjek email yang digunakan oleh Ruangguru di bawah ini. Mereka mengajak para audiens dan pembaca untuk turut berperan aktif dalam memerangi konten negatif.

    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025

    Untuk menunjukkan afirmasi “ajakan” pada subjek email, Exabytes Friends dapat menambahkan kata-kata seperti “Yuk”, “Mari”, “Ayo”, “Silakan”, dan lainnya. 

    Berikut disajikan pula contoh subjek email dari beberapa perusahaan yang menggunakan ajakan pada audiens mereka:

    –   OCTO Mobile by CIMB Niaga menggunakan subjek email “Banyak kejutan istimewa di awal tahun. Yuk cek email di bawah”.

    –   Kitabisa menggunakan subjek email “Yuk raih keberkahan di bulan Rajab!”. 

    Buat Audiens Merasa Dispesialkan 

    Exabytes Friends dapat menjalin interaksi yang lebih dekat dengan loyal customers melalui email Newsletter yang kalian kirimkan secara rutin. Nah, guna merekatkan ikatan atau bonding antara brand dan customers, Exabytes Friends dapat menggunakan kata-kata pada subjek email yang membuat audiens merasa dispesialkan. 

    Berikut sedikit ide untuk membuat audiens yang membaca subject line merasa dispesialkan dan diperhatikan: menambahkan kata “special”, “only for you”, “just for you”, “for our loyal customer”, dan kata-kata lain yang bisa kalian masukkan ke subjek email.

    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025

    Pada gambar di atas, disediakan contoh subjek email dari Glints dengan kalimat “Special offer just for you!” di mana Glints menawarkan diskon hingga 90% bagi loyal users mereka dan menambahkan kata “Special” untuk memberi kesan bahwa audiens yang menerima email tersebut adalah pilihan. 

    Berikut disajikan pula contoh subjek email dari beberapa perusahaan yang memberikan kesan “special” kepada audiens:

    –   Zoom menggunakan subjek email “A special offer from Zoom to you”.

    –   Berrybenka menggunakan subjek email “Hai, Kamu! Iya Kamu! Ada Gratis Ongkir No Min Di Sini”.

    –   Carousell menggunakan subjek email “Special treats untuk Rizka yang kami cinta”. 

    Sajikan Edukasi Kepada Audiens 

    Apakah Exabytes Friends sudah cukup familiar dengan istilah Email Marketing? Email Marketing adalah sebuah strategi pemasaran dengan membagikan pesan komersial atau konten promosi kepada pembaca.

    Seiring dengan perkembangan era digital yang semakin dinamis, saat ini newsletter (yang merupakan bagian dari manfaat email marketing) tidak hanya digunakan untuk media promosi saja. Tetapi juga digunakan untuk menjalin interaksi dan relasi dengan para loyal dan potensial pelanggan.

    Nah, agar pelanggan kalian tidak merasa bosan hanya menerima email newsletter yang berisi promosi saja, maka kalian dapat menyajikan konten newsletter yang dapat memberikan edukasi kepada mereka. 

    Berikut contoh subjek email yang mampu menarik minat baca audiens karena menyajikan konten edukasi:

    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025

    Pada gambar di atas, Kitabisa mencoba lebih dekat dengan para users melalui konten edukasi berupa keutamaan sedekah subuh. Dengan menghadirkan subjek email yang merujuk pada edukasi, diharapkan unsubscribe rate dapat lebih diminimalkan. 

    Menggunakan Copywriting yang Sedang Trending 

    Dalam belantara digital marketing, copywriting sering dimanfaatkan guna mempersuasi pembaca untuk kebutuhan komersil. Begitu pula ketika kalian menuliskan subjek email, sebaiknya gunakan panduan copywriting agar tulisan kalian dapat sampai tepat sasaran pada pembaca. 

    Sedikit tips, Exabytes Friends lebih baik menghindari kata perintah pada subjek email dan sebagai gantinya gunakan pendekatan kalimat yang lebih lunak dan terkesan tidak memaksa. Atau pilihan lainnya adalah Exabytes Friends dapat menyisipkan kata-kata yang sedang trending pada subjek email. Hal tersebut dapat membuat pembaca melirik dan tertarik terutama jika target audiens kalian adalah para Gen Z.

    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025
    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025

    Seperti pada contoh di atas, Gramedia menyisipkan kata “ayang” pada subjek email guna membubuhkan kesan clickbait dan menarik minat pembaca untuk mengeksplor isi email secara menyeluruh. Kata “ayang” yang dipakai oleh Gramedia memang sedang trending dan marak dibicarakan di media sosial. 

    Nah, strategi tersebut bisa kalian contoh dengan membubuhkan sedikit kata-kata yang sedang trending atau viral untuk memikat mata pembaca.

    Menyisipkan Kata “Gratis” 

    Berdasarkan Psikologi Marketing, jika seseorang mendapatkan sesuatu secara gratis, maka orang tersebut akan merasa sangat beruntung dan istimewa. Oleh karena itu, tak jarang ditemukan bahwa sekecil apa pun produk gratis yang diperoleh, akan jauh lebih membahagiakan daripada produk mahal yang kita beli dengan uang sendiri. 

    Nah, berbekal fakta tersebut, maka Exabytes Friends dapat membubuhkan kata-kata “Gratis”, “Free”, “Giveaway”, “Diskon”, “Hadiah”, dan “Promo” pada subjek dalam email. Seperti salah satu contoh subjek email yang dibuat oleh Spotify berikut:

    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025

    Disajikan pula contoh subjek email dengan membubuhkan kata “Gratis”: 

    –   Ruangguru menggunakan subjek email “[TIKET GRATIS UNTUKMU] Jadilah Orang Kreatif Disini!”.

    –   Skillacademy menggunakan subjek email “[BERHADIAH ALBUM TREASURE] Ikuti Webinar Gebyar Literasi Digital GRATIS”. 

    Langsung Sebutkan Penawaran Harga

    Subjek email yang langsung to-the-point tanpa basa-basi lebih menarik minat baca audiens. Karena hal tersebut membuat audiens tidak membuang waktu mereka untuk membaca isi email yang mungkin tidak sesuai ekspektasi atau tidak mereka butuhkan. 

    Selain itu, menurut data yang dihimpun oleh Yesware, didapatkan fakta menarik bahwa subjek email yang menggunakan angka memiliki tingkat open rate hingga mencapai 45%. Penempatan angka pada subjek email sangat ampuh karena dapat menggambarkan secara detail dan memberikan informasi yang pasti.

    Apalagi jika menambahkan angka berupa harga pada subjek email, maka kalian sekaligus dapat membuat audience segmentation. Karena hanya audiens yang merasa cocok dengan tawaran harga di subjek email lah yang akan mengklik dan membaca keseluruhan email. Itu artinya mereka adalah target market kalian.

    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025

    Personalisasi Audiens dengan Menyisipkan Nama Mereka 

    Ingin mengurangi angka churn rate dan meningkatkan nilai open rate pada email? Maka Exabytes Friends dapat mencoba untuk menggunakan strategi personalisasi email. Strategi personalisasi email yaitu menyisipkan nama panggilan atau bahkan nama lengkap penerima email pada subjek.

    Bahkan menurut sebuah studi yang dilakukan oleh GetResponse, menambahkan nama audiens pada subjek email terbukti manjur dalam meningkatkan angka open rate hingga 20,7%. Oleh karena itu, yuk segera coba membuat personalisasi email dengan menambahkan nama audiens di subjek email seperti contoh berikut:

    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025

    Menerapkan Prinsip Emotional Marketing 

    Emotional Marketing merupakan salah satu bagian dari Psikologi Marketing. Bagi Exabytes Friends yang masih asing dengan istilah tersebut, yuk simak penjelasan singkatnya! 

    Emotional Marketing adalah sebuah prinsip yang berguna untuk menumbuhkan emosi positif pada audiens atau pembaca kalian. Sebagai contoh, WeCare.id mencoba untuk memupuk rasa empati para audiens mereka menggunakan subjek email berupa ajakan berdonasi agar seorang balita dengan gangguan pencernaan serius dapat membeli susu.

    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025

    Diharapkan sebuah bisnis yang menerapkan Emotional Marketing pun akan berkah karena selain mencari keuntungan, mereka juga mampu menebarkan energi positif dan empati kepada semua pembacanya melalui aksi ajakan berdonasi. 

    Menggunakan Angka di Subjek Email 

    Seperti yang telah disinggung pada pembahasan sebelumnya bahwa menempatkan angka pada subjek email dapat meningkatkan nilai open rate secara signifikan. Sebuah riset yang dilakukan di tahun 2021 menunjukkan bahwa, dari pengamatan pada 1,2 juta email, ternyata subjek email yang menambahkan angka mendulang open rate 45% lebih tinggi jika dibandingkan dengan subjek email biasa. 

    Fakta tersebut seharusnya sudah memperkuat keyakinan Exabytes Friends untuk mulai menggunakan angka di subjek email bisnis. Seperti contoh newsletter dari Tech inAsia berikut, mereka menyajikan subjek email “50 rising startups di Indonesia” untuk meningkatkan kredibilitas email.

    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025

    Tambahkan Emoticon Untuk Menarik Perhatian

    Subjek email yang polos terkadang kurang mampu memikat mata para audiens. Maka Exabytes Friends dapat berkreativitas dengan menambahkan emoticon-emoticon lucu dan menarik di subjek email. Karena emoticon mampu mempertegas visual dan mengekspresikan sesuatu yang tidak dapat disampaikan hanya melalui kata-kata.

    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025

    Seperti pada contoh di atas, brand fashion Berrybenka menggunakan emoticon api untuk menggambarkan bahwa event promo yang diadakan adalah besar-besaran dan sangat sayang jika dilewatkan. Selain itu, emoticon api juga sering kali dikaitkan dengan filosofi sesuatu yang luar biasa dan menggairahkan.

    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025

    Contoh lainnya yaitu pada subjek email yang dibuat oleh Gramedia, mereka menambahkan emoticon untuk lebih menghidupkan makna kata yang ingin disampaikan. Emoticon yang digunakan adalah emoji “terkejut” yang mampu menggambarkan rasa terpukau karena melihat list buku Mega Best Seller pada isi email. 

    Tawarkan Promo Menarik 

    Selain menggunakan iming-iming “Gratis”, menawarkan promo gila-gilaan di subjek email juga patut Exabytes Friends coba untuk meningkatkan angka open rate. Karena siapa pun pasti akan tertarik jika mendapati tawaran promo yang sangat menggoda.

    Seperti pada contoh di bawah ini, Berrybenka memasukkan penawaran-penawaran promo yang menggila pada subjek email yaitu diskon 70% + 25% dan gratis ongkir. Para audiens yang membaca subjek email tersebut pasti langsung ngiler dan akhirnya membuka email karena penasaran mengenai bagaimana cara klaim promo tersebut.

    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025

    Tunjukkan Urgensi dan Kelangkaan

    Sudah pernah dengar istilah FOMO (Fear of Missing Out)? FOMO adalah sebuah perasaan dimana seseorang merasa takut tertinggal akan segala hal. Fenomena FOMO biasanya sering menimpa generasi millennials yang sedang berada pada fase “quarter life crisis”.

    Nah, jika target bisnis kalian adalah para generasi millennials, maka kalian dapat memanfaatkan Teknik FOMO untuk menarik minat baca audiens. Salah satu strategi yang dapat diterapkan yaitu menggunakan Teknik “Time-Limit Offering” atau promo terbatas. Berikan penawaran diskon dan promo terbatas hanya pada periode waktu yang ditentukan. Sehingga audiens akan merasa kecewa jika ketinggalan tak segera klaim promo tersebut.

    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025

    Seperti contoh dari subjek email Berrybenkan di atas. Mereka memberi penawaran bebas pilih diskon namun khusus pada “hari ini”. Sehingga ketika membaca subjek email, diskon yang diberikan akan terasa langka dan sulit dilewatkan. 

    Kesimpulan

    13+ Inspirasi Subjek Email Terbaik dan Contohnya! [Terbaru] - 2025
    Subjek email yang menarik dapat meningkatkan angka open rate. (Sumber: ShutterStock)

    Melalui pembahasan pada artikel kali ini, tentunya Exabytes Friends sudah mampu memahami pentingnya kedudukan subjek email dalam newsletter atau email marketing. Jika subjek email tidak menarik, maka dapat berakhir di spam dan kalian tidak dapat meningkatkan konversi penjualan melalui open rate. 

    Oleh karena itu, mulai sekarang jangan sampai hanya membuat subjek email yang asal-asalan dan tidak berdasar. Kalian harus memanfaatkan strategi seperti Psikologi Marketing, copywriting, maupun Emotional Marketing dalam membuat Subject Line.

    Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai inspirasi subjek email. Semoga bermanfaat bagi Exabytes Friends, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes sebagai perusahaan digital marketing Indonesia juga menyediakan jasa Email Marketing Indonesia, loh! 

    Jangan lupa pula untuk subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

    Gunakan Layanan Email Marketing Disini!
    • TAGS
    • contoh subjek email
    • subjek email
    Facebook
    Twitter
    Pinterest
    WhatsApp
      Previous article15 Inspirasi Desain Header Website di 2022 (Terbaik)
      Next articleAIDA Marketing: Rumus Efektif Untuk Strategi Pemasaran!
      Rizka Rifdatus Safitri
      Rizka Rifdatus Safitri
      http://www.medium.com/@safitririzka42
      Data enthusiast who has enormous passion in writing and reading.
      Instagram Linkedin Mail

      RELATED ARTICLESMORE FROM AUTHOR

      manfaat email hosting

      5 Manfaat Email Hosting, Kenapa Penting untuk Sebuah Bisnis?

      8 Penyedia Layanan Email Gratis Terbaik

      8 Penyedia Layanan Email Gratis Terbaik

      cara-mengidentifikasi-email-penipuan

      Email Penipuan, Bagaimana Cara Mengidentifikasinya?

      manfaat email hosting

      5 Manfaat Email Hosting, Kenapa Penting untuk Sebuah Bisnis?

      December 20, 2024
      cara membuat portofolio website

      Cara Membuat Portofolio Website Sendiri, Mudah dan Cepat

      December 18, 2024
      cara mengatasi err_cache_miss

      7 Cara Mengatasi ERR_CACHE_MISS: Penyebab dan Solusi

      December 17, 2024

      Artikel Populer

      21+ Rekomendasi Template Blogger Gratis dan Responsive

      April 19, 2021

      7 Raksasa Industri Bisnis Indonesia Yang (segera) Bangkrut [Update 2018]

      July 21, 2017

      Pernah Ngalamin 5 Hal Kocak Ini Pas Belanja di Toko Online?

      December 15, 2016

      Ketegori Populer

      • Tutorial Hosting218
      • Tutorial WordPress162
      • Panduan Bisnis Online130
      • Umum672
      • Tips & Triks184
      • Event Exabytes133
      • Website239
      • Tutorial Domain235

      Artikel Terbaru

      Apa Itu Sidebar Website? Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

      November 20, 2025

      Cara Memindahkan Email Bisnis Lama ke Google Workspace

      November 19, 2025

      Mengapa UMKM Harus Menggunakan Google Workspace

      November 12, 2025

      Support

      • Panduan Pengguna
      • Pengumuman
      • Network Uptime
      • Buka Tiket Support
      • Hubungi Kami

      Ikuti Kami

      Facebook
      Instagram
      Tiktok
      Twitter
      Youtube
      Linkedin

      Berlangganan Newsletter

      Dapatkan informasi promosi terbaru dan berbagai acara menarik kami.

      Hak Cipta © 2025 PT. Exabytes Network Indonesia
      Harga belum termasuk PPN 11%