9 Tips Trik Hack WordPress dan Cara Mencegahnya

0
1259

WordPress adalah salah satu cms website terbaik yang dikenal oleh banyak pengguna internet dalam membangun situs atau blog mereka. WordPress sendiri memiliki banyak fitur menarik di dalamnya yang mana bisa memudahkan mereka dalam membuat sebuah website.

Selain dukungan fitur-fitur yang memudahkan dalam pembuatan situs web, hasil yang didapatkan juga lebih bagus dan efisien dibanding platform lainnya. Namun, meski demikian yang namanya sistem pasti akan selalu ada celah yang bisa disusupi hacker untuk meretasnya.

Lantas, Bagaimana Tips Trik Hack WordPress?

tips trik hack wordpress

Ada beberapa tips trik hack wordpress yang bisa dilakukan untuk meretas atau hack situs wordpress. Apa sajakah itu? Berikut, simak penjelasannya di bawah ini!

WPScan

Umumnya, WPScan digunakan untuk memindai keamanan WP yang dapat membantu pemilik situs memeriksa keamanan situs WordPress-nya. Namun, pemindai yang satu ini juga bisa digunakan para hacker untuk mencoba meretas situs mereka.

Cara kerja dari WPScan ini, yaitu dengan mengizinkan sang pemilik dan administrator situs menentukan akun WP mereka beserta kata sandi brute force. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan akses yang tidak sah ke akun WP tersebut.

SQL Injections

Tips trik hack wordpress kedua yang mungkin Anda sudah tidak asing lagi, yaitu SQL Injections yang umumnya dianggap sebagai serangan peretasan situs wordpress yang paling menonjol digunakan.

Cara kerjanya dengan menargetkan gerbang backend wordpress sehingga akan mengizinkan peretas untuk menembus situs tersebut.

Injeksi ini dapat membuat hacker untuk mengubah sistem database dan perintah, serta menghapus hingga mencuri informasi penting di dalamnya. Biasanya cara ini dilakukan pada situs-situs yang rentan dan belum diberi keamanan ekstra.

My SQL

Metode My SQL digunakan oleh hacker untuk membuat akun palsu atau bisa saja dengan memodifikasi kata sandi pengguna situs tersebut. Kemudian, hacker akan mencoba menembus melalui cPanel dan akhirnya menemukan pengguna yang akan mereka modifikasi akunnya.

Setelah itu, hacker dapat melacak pengguna dan mengubah kata sandi pengguna tersebut. Hacker akan mengganti kata sandinya sesuai dengan kata sandi yang diinginkan. Baru kemudian hacker bisa menyusup ke situs wordpress target mereka.

Backdoor

Menembus situs wordpress juga bisa dilakukan melalui backdoor. Hacker yang ingin memperoleh akses ke dalam situs wordpress Anda bisa mendapatkan akses tersebut melalui entri backdoor situs wordpress tersebut. 

Metode ini dilakukan hacker melalui FTP atau pengaturan ulang kata sandi pengguna atau pemilik situs. Kemudian, mereka akan mencoba meretas situs dengan mengatur ulang kata sandi melalui entri backdoor dan setelah berhasil akan mengambil akses admin situs tersebut.

Phishing

Cara yang satu ini merupakan metode di mana para penipu akan menggunakan informasi sensitif, seperti PIN, nomor akun media sosial, kartu kredit, dan yang lainnya. Biasanya mereka akan menggunakan e-mail untuk mengambil informasi tersebut dari para korbannya.

WordPress Ransomware

WordPress Ransomware digunakan para hacker untuk memblokir akses pengguna ke sistem dan jaringan situs wordpress mereka. Kemudian, hacker akan menyuruh pemilik situs tersebut untuk membayar tebusan jika situs wordpress-nya ingin dikembalikan seperti semula.

Cross-Site Scripting (XSS)

Cross-Site Scripting atau serangan XSS ini dilakukan hacker dengan cara menyuntikkan konten berbahaya ke pemilik situs wordpress. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencuri data pengguna dari cookie, lalu memodifikasi konten situs hingga mendapatkan data pengguna.

Clickjacking

Metode ini dilakukan hacker dengan cara melakukan sebuah upaya yang dapat memotivasi para pengguna untuk mau mengklik objek yang ditargetkan. Langkah ini akan memungkinkan hacker untuk menjalankan perintah jahat agar bisa mendapatkan akses data pribadi pengguna.

Spoofing

Serangan hacking ini dilakukan oleh hacker dengan cara menyamar sebagai identitas yang bisa dipercaya pengguna untuk memperoleh keuntungan. Mereka biasanya akan menipu pengguna agar mengirimkan informasi rahasianya yang bisa digunakan para hacker untuk meretas.

Nah, itulah dia beberapa tips trik hack wordpress yang bisa dilakukan untuk meretas situs wordpress. Lalu, adakah cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengamankan situs wordpress Anda? Jawabannya, tentu saja ada!

Bagaimana Cara Mencegah WordPress Diretas Hacker?

9 Tips Trik Hack Wordpress dan Cara Mencegahnya - 2024

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah situs wordpress Anda diretas oleh para hacker. Untuk lebih lengkapnya, mari langsung simak uraiannya di bawah ini!

Menggunakan Layanan Hosting 

Cara pertama dan yang simple untuk dilakukan adalah dengan menggunakan layanan hosting yang terpercaya. Pilihlah layanan hosting yang menyediakan fitur keamanan lengkap dan profesional di bidangnya.  Lantas, mengapa hal ini jadi langkah yang utama?

Bisa dikatakan hosting adalah rumah yang menyimpan semua data situs web Anda agar aman dari para hacker. Nah, jika pengelola layanan hosting tersebut adalah seorang profesional di bidangnya sudah pasti data-data penting situs web Anda akan terjaga keamanannya, bukan?!

Memasang SSL

Memasang dan mengaktifkan SSL sangat penting dilakukan untuk membantu mengamankan situs web dari para hacker. Jika sebuah website memiliki perlindungan SSL yang aktif akan muncul ikon gembok yang berada di samping URL situs tersebut.

Nah, dengan memasang SSL maka komunikasi data yang terjadi di dalam situs akan terenkripsi yang bisa mencegah peretasan para hacker untuk mencuri informasi pengguna. Cara ini sangat penting bagi Anda yang memiliki situs web untuk kepentingan seperti e-commerce/toko online.

Update Versi WordPress & Plugin 

Melakukan update atau pembaruan versi WordPress dan plugin ke versi terbaru penting dilakukan agar keamanan website lebih optimal. Hal ini dikarenakan akan ada berbagai bug pada versi sebelumnya yang telah diperbaiki sehingga menyulitkan hacker untuk meretasnya.

Pakai Tema & Plugin Resmi

Anda juga wajib memastikan bahwa tema dan plugin yang digunakan berasal dari website resmi. Ada baiknya pula bagi Anda untuk sebisa mungkin menghindari situs-situs website yang menyediakan tema dan plugin nulled, yang mana akan mengganggu keamanan website Anda.

Mengapa harus menghindari mengunduh tema dan plugin gratisan? Hal ini dikarenakan bisa saja tema dan plugin tersebut telah disusupi dengan virus yang dapat merusak ataupun mencuri data situs web Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Pakai PHP Versi Terbaru

PHP merupakan komponen utama dari situs wordpress, sehingga wajib memastikannya untuk memperoleh update ke versi baru. Hal ini karena pada versi terbaru akan mendapatkan dukungan keamanan yang jauh lebih baik dan memperbaiki bug.

Pakai Username & Password yang Sulit 

Buatlah username dan password yang sulit untuk ditebak agar hanya Anda yang dapat mengakses website tersebut. Anda bisa membuat password dan username dengan kombinasi huruf, angka, dan karakter-karakter tertentu.

Tujuannya adalah agar hacker tidak bisa menebak password dan username yang Anda buat. Sebaiknya jangan gunakan username yang dibuatkan otomatis oleh wordpress. Lantaran semua orang bisa tahu karena mereka paham seperti apa username yang dibuatkan oleh wordpress.

Mengamankan dan Mencegah Serangan Hacker di Situs WordPress, Gunakan Server yang Memiliki ISO 27001

Nah, sudah tahu kan tips trik hack wordpress lengkap dengan cara mengamankan dan mencegah situs WordPress dari serangan hacker ? 

Jaga keamanan situs Anda dengan menggunakan layanan domain dan WordPress hosting di Exabytes Indonesia. Kami telah memiliki sertifikat ISO 27001 yang menjamin keamanan data Anda. 

Jadi, jangan ragu lagi untuk menggunakan layanan kami dan melindungi situs WordPress Anda dari serangan hacker. Segera bergabung dengan Exabytes Indonesia dan nikmati keamanan terbaik untuk situs WordPress Anda!

Good luck!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments