Tren Strategi Marketing Populer 2018

0
5378

Selamat datang di tahun 2018!

Dalam rangka menyambut tahun 2018, Exabytes ingin memberikan sedikit gambaran mengenai 6 Tren Strategi Marketing yang akan meningkatkan penjualan mu di tahun 2018, seperti berikut:

  1. Instagram Stories

Pengguna aktif instagram Indonesia tercatat mencapai 45 juta pengguna di tahun 2017. Instagram kemudian muncul fitur Instagram Story pada Agustus 2016 dan fitur baru ini sukses membuat Instagram semakin populer dan semakin diminati oleh semua kalangan. Tingginya minat pemakai fitur Instagram Story di Indonesia dimanfaatkan oleh Instagram untuk menjaring lebih banyak pelaku bisnis yang menggunakan fitur Instagram Story sebagai alternatif beriklan dan berhasil meningkatkan daya jual fitur ini. Menurut prediksi dari beberapa sumber, Instagram Story akan menjadi salah satu tool marketing paling berpengaruh di tahun 2018, dimana selain berpromosi para pemilik bisnis juga dapat menjalin hubungan yang lebih dekat lagi dengan audiencenya.

  1. Trend Twitter Menurun

Menurut catatan Global Web Index, pengguna twitter telah menurun lebih dari 10 persen sejak 2016 hingga tinggal sepertiga dari pengguna internet. Menurut lembaga survei JakPat anak muda Indonesia semakin jarang menggunakan twitter jika dibandingkan dengan penggunaan Instagram, Facebook, Line dan Snapchat, JakPat juga mengatakan pengguna twitter di dominasi oleh kalangan yang lebih dewasa, berusia 26 tahun keatas. Selain itu, menurut pengamat teknologi, Aulia Masna, Twitter di Indonesia ramai digunakan sebagai alat pencari berita, platform kampanye dan debat politik, sedangkan orang-orang menggunakan media sosial untuk mencari hiburan dan bersenang-senang.

  1. Video Marketing

The Wall Street Journey mengatakan sejak pertengahan 2016 hingga sekarang  semakin banyak brand yang menggunakan video marketing sebagai strategi marketing mereka, dimana video merupakan salah satu pasar terbesar yang paling diminati oleh netizen saat ini yang akan bertumbuh sampai 10% setiap tahunnya hingga 2020 kelak.

Oleh karena itu, Video Marketing merupakan tool marketing lainnya yang diprediksi akan semakin mendominasi  platform sosial media di 2018, mengalahkan peran konten gambar. Konten video lebih banyak disukai karena lebih variatif dan mempermudah viewer untuk menangkap pesan yang disampaikan oleh suatu brand. Konsep video marketing yang mengedepankan emotional touch, format film pendek dan edukasi pengetahuan adalah  konsep video yang paling diminati di 2018.

  1. Konten yang Menarik

Tren strategi marketing 2018 yang selanjutnya adalah konten marketing yang dimuat dalam halaman blogpost, newsletter maupun akun sosial media bisnis Kamu. Topik yang menarik dan unik adalah nyawa dari setiap konten marketing itu sendiri. Di 2018 ini, topik  mengenai Tips & Trick, Fakta Unik dan solusi permasalahan merupakan tema favorite. Selain isi dari konten marketing itu sendiri, Kamu juga perlu menyertakan beberapa visual yang eye catching untuk menarik para pembaca.

  1. Influencer Marketing

Strategi pemasaran menggunakan influencer seperti blogger, selebgram, youtuber dinilai masih memberikan dampak yang baik di tahun 2018. Cara ini dianggap lebih ampuh karena kebanyakan konsumen jaman sekarang sudah kurang percaya dengan iklan.

  1. Hubungan dengan Pelanggan

Menjaga hubungan baik dan kepercayaan pelanggan merupakan strategi marketing paling mendasar yang sudah di terapkan sejak lama. Namun, strategi ini masih ampuh dan dipercaya masih menjadi kunci sukses semua bisnis.

Nah, itu lah 6 strategi marketing paling populer di 2018!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments