Catat! Ini 15+ Cara Mempertahankan Pelanggan yang Wajib Diketahui

273
9 min read

Sudah memiliki pelanggan bukan berarti bisnis kamu tidak akan melakukan berbagai terobosan lagi. Nyatanya, mempertahankan pelanggan sama sulitnya dengan mendapatkan pelanggan baru. 

Oleh karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara mempertahankan pelanggan agar tetap setia memilih produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Seperti yang kita tahu bahwa pelanggan adalah aset bagi para pebisnis karena dari mereka kamu mendapatkan penghasilan. Agar mereka tidak berpaling pada kompetitor untuk alasan apapun, simak beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mempertahankan pelanggan.

Cara Mempertahankan Pelanggan

Cara mempertahankan pelanggan
Temukan cara tepat untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan. (Sumber: pixabay)

Tidak ada jaminan pasti bahwa pelanggan kamu akan tetap setia dengan brand yang kamu miliki, terlebih dengan banyaknya kompetitor di industri yang sama. Setiap pebisnis berlomba-lomba untuk mendapatkan hati pelanggan melalui berbagai jenis digital marketing.

Berikut adalah beberapa cara mempertahankan loyalitas pelanggan agar selalu menjadikanmu pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Produk Kamu Harus Lebih Unggul Dari Kompetitor

Sudah tahu bagaimana cara mempertahankan pelanggan? Hal pertama yang bisa kamu lakukan agar pelanggan selalu memilih kamu adalah dengan memastikan bahwa produk kamu lebih unggul daripada kompetitor.

Selain mempertahankan pelanggan setia, cara ini juga berpotensi memberikan pelanggan baru. Sehingga kamu memiliki pelanggan yang lebih banyak. Hal ini tentu harus kamu perhatikan bahkan di awal memulai usaha.

Sebagus apapun pelayanan yang ditawarkan, jika produk kamu dinilai kurang dan tidak memiliki keunggulan, pelanggan bisa kapan saja berpindah tempat. Dengan kata lain, pelanggan akan memilih produsen yang tidak lain adalah kompetitor bisnis kamu. 

Pelajari psikologi marketing agar bisa mendapatkan hati calon pelanggan dan menjadikan mereka sebagai pelanggan setia.

Sediakan Saluran Komunikasi yang Lengkap

Cara menarik dan mempertahankan pelanggan yang bisa kamu coba adalah menyediakan saluran komunikasi yang lengkap. Di era digital seperti sekarang ini, orang-orang cenderung berbelanja secara online. Itulah kenapa kamu harus berada di berbagai platform mulai dari website hingga media sosial.

Kamu bisa memastikan bahwa pelanggan memiliki kemudahan akses untuk berkomunikasi dengan bisnis kamu bahkan melalui email, live chat, dan telepon. Hadir lebih dekat dengan pelanggan melalui media sosial bisa sangat menguntungkan, jadi coba terapkan marketing melalui media sosial atau yang kerap disebut social media marketing.

Social media marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan mengandalkan berbagai media sosial platform seperti Facebook, Instagram, Tiktok, dan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa menjangkau lebih banyak target pasar yang kemudian bisa kamu ubah menjadi calon pelanggan.

Lakukan Email Marketing

Selain memasarkan produk atau layanan melalui media sosial, kamu juga bisa memilih email sebagai media pemasaran. Ini juga sangat baik untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Kamu bisa mengirimkan mereka penawaran spesial atau update terbaru dari brand kamu.

Buat Loyalty Program

Jika kamu masih bingung cara mempertahankan pelanggan, mengapa tidak membuat program khusus yaitu loyalty program? Cara ini akan sangat membantu kamu memicu loyalitas pelanggan atau konsumen. 

Coba tawarkan program membership yang memberikan keuntungan yang lebih banyak.

Dengan cara ini, secara tidak langsung kamu juga melakukan branding sehingga brand atau bisnis kamu semakin dikenal terlebih setelah banyak orang yang tertarik untuk mengikuti program yang ditawarkan.

Lakukan Follow Up Konsumen

Cara mempertahankan pelanggan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah melakukan follow up sehingga pelanggan akan kembali melakukan pembelian di kemudian hari.

Kamu bisa menanyakan sejauh apa tingkat kepuasan mereka dan apa yang harus kamu perbaiki dari segi layanan atau lainnya. Kamu juga harus siap menerima kritik dari mereka untuk melakukan peningkatan kualitas produk maupun layanan.

Jangan lupa juga untuk mempelajari digital marketing metric yang akan sangat membantu dalam meningkatkan serta mempertahankan jumlah pelanggan.

Berikan Kesan yang Baik Pada Pelanggan

Berikan kesan yang baik pada pelanggan
Berikan kesan yang baik agar bisnis  kamu selalu diingat pelanggan. (Sumber: pixabay)

Satu hal yang harus kamu ingat adalah pelanggan akan selalu mengingat bisnis yang berkesan. Kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara, misalnya:

  • Menampilkan visual menarik pada website, email bisnis, atau media sosial.
  • Memastikan website memiliki kecepatan loading yang tinggi yang juga berpengaruh terhadap jumlah leads website.
  • Memastikan bahwa website responsif, user-friendly, dan mobile-friendly.

Kirim Pesan Secara Personal

Cara mempertahankan pelanggan yang satu ini terkesan agar merepotkan tetapi banyak perusahaan besar yang melakukannya. Data pelanggan harus tersimpan pada sistem agar nantinya bisa digunakan sebagai rujukan saat hendak mengirim email atau SMS berisi promosi produk.

Untuk kebutuhan email transaksi, tidak ada salahnya untuk menggunakan sendgrid dari Exabytes agar saat mengirimkan email konfirmasi pesanan, brand kamu terlihat lebih profesional.

Kamu juga bisa mengirim pesan personal untuk mengingatkan agar mereka kembali berbelanja produk dari brand milikmu. Pada momen personal pelanggan, seperti beberapa minggu setelah mereka membeli produkmu atau pun saat mereka sedang berulang tahun, jangan lupa untuk turut andil di dalamnya seperti memberikan kode voucher spesial.

Menawarkan Berbagai Kemudahan dalam Bertransaksi

pertahankan pelanggan dengan memberikan kemudahan transaksi
Pelanggan akan setia pada brand yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi. (Sumber: Unsplash)

Kemudahan dalam bertransaksi bisa kamu tawarkan pada pelanggan baik saat mereka melakukan pembelian secara online maupun konvensional. 

Saat  ini, pembayaran menggunakan paylater banyak dipilih, jadi kamu bisa mencoba menyediakan pilihan pembayaran tersebut. Atau kamu juga bisa menambahkan metode pembayaran lain yang memudahkan pelanggan dalam bertransaksi.

Untuk transaksi yang dilakukan secara konvensional, kamu bisa menawarkan beberapa layanan seperti layanan antar, layanan door to door, dan masih banyak lagi.

Ini akan menambah daftar cara mempertahankan pelanggan, terutama di tengah persaingan yang semakin ketat. 

Tingkatkan Performa Karyawan

Apabila kamu memiliki toko fisik, kamu harus meningkatkan performa karyawan. Bagaimana pun juga, karyawan adalah cerminan sebuah brand. Sebagai pemilik brand yang dikenal baik oleh publik, kamu harus menunjukkan bahwa orang-orang yang ada dibalik brand tersebut juga baik. 

Berikan karyawan pelatihan seputar customer service dan bagaimana caranya bekerja secara profesional karena mereka akan menghadapi pelanggan yang berbeda karakter dan latar belakang.

Keuntungan Timbal Balik

Memang benar jika tujuan utama dari berjualan adalah mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Namun, hal tersebut harus bertahan dalam jangka waktu yang lama atau secara kontinuitas. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, kamu harus menemukan cara mempertahankan pelanggan seperti  memberikan keuntungan timbal balik pada pembeli atau pelanggan.

Baik penjual maupun pembeli sama-sama saling membutuhkan dan hubungan baik dengan pelanggan harus tetap terjaga. Keuntungan timbal balik bisa berupa apa saja dan bisa kamu sesuaikan dengan minat atau kesenangan pelanggan.

Dengan keuntungan yang didapatkan oleh pelanggan, kamu bisa memastikan bahwa cara ini juga bisa memberikan hasil yang baik untuk setiap customer retention yang dilakukan.

Buat Komunitas Pelanggan

Dengan adanya komunitas pelanggan, orang-orang yang memiliki minat yang sama terhadap sebuah produk kamu tentu akan bertemu dan bertukar pikiran. Kamu juga bisa mengajak mereka bergabung ke grup yang berisikan pelanggan setia.

Ini bisa menjadi cara untuk membangun loyalitas pelanggan serta mendorong mereka untuk ikut loyal dengan produk kamu. Meski bukan merupakan strategi baru, tetapi bisa kamu gunakan sebagai cara mempertahankan pelanggan. 

Dari sini, kamu bisa tahu apa yang diharapkan pelanggan sehingga kamu bisa mencoba untuk memenuhinya agar bisnis kamu semakin berkembang dan pelanggan akan semakin loyal. Mereka tidak akan berpikir untuk mencari penyedia lain karena kamu mampu memenuhi kebutuhan dan keinginannya.

Bagikan Nilai Bisnis Kamu

Terkadang, prinsip dan nilai yang ditawarkan oleh sebuah bisnis menjadi pertimbangan seseorang membeli produk dari bisnis tersebut. Kamu bisa membagikan nilai bisnis agar calon pembeli semakin tertarik untuk mendapatkan produk terbaik dari brand milikmu.

Misalnya, kamu bisa memastikan bahwa produk yang ditawarkan merupakan produk berkualitas namun bisa dibeli dengan harga terjangkau. Nilai tersebut bisa kamu tegaskan di website maupun media sosial bisnismu.

Hal ini bisa kamu lakukan untuk menekan churn rate sekaligus mempertahankan pelanggan setia.

Manfaatkan Social Proof

Lebih dari 50 persen pembeli melakukan riset online sebelum mereka memilih produk atau layanan. Ini juga menjadi alasan mengapa begitu banyak bisnis menampilkan testimoni positif di berbagai channel mereka termasuk website.

Tujuannya adalah agar target pasar atau calon pembeli percaya dengan produk yang mereka tawarkan.

Pastikan kamu juga sudah menyediakan strategi social media marketing yang tepat agar cara mempertahankan pelanggan satu ini memberikan hasil yang lebih maksimal.

Tawarkan Diskon

Tawarkan diskon sebagai cara mmpertahankan pelanggan
Berikan diskon agar pelanggan tetap setia berbelanja produk kamu. (Sumber: Unsplash)

Siapa yang tidak suka diskon? Diskon bisa menjadi salah satu cara menarik mempertahankan pelanggan agar tetap setia pada brand kamu. Diskon bisa kamu tawarkan pada produk yang sering dibeli oleh pelanggan. 

Gunakan Customer Relationship Management (CRM)

Hampir semua cara mempertahankan pelanggan bisa kamu eksekusi dengan mudah dengan menggunakan sistem Customer Relationship Management (CRM). Sistem ini memungkinkan kamu untuk mengumpulkan dan menyimpan data penting para pelanggan termasuk histori transaksi, kebiasaan pembelian, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya sistem CRM, sebuah bisnis bisa lebih memahami pelanggan yang kemudian berpengaruh terhadap kesetiaan pelanggan.

Sediakan Fitur Wishlist

Fitur seperti wishlist bisa menjadi cara tepat untuk mempertahankan pelanggan. Dengan adanya fitur satu  ini, pelanggan bisa menyimpan item favorit mereka yang bisa mereka beli kapan saja. Hal tersebut juga sangat membantu dalam menjalankan pemasaran secara personal.

Biasanya, data wishlist pelanggan tersimpan pada sistem Customer Relationship Management (CRM). Data tersebut bisa kamu gunakan untuk mengirimkan notifikasi ketersediaan barang, potongan harga, dan lain sebagainya.

Minta Feedback dan Review

Minta review dan feedback dari pelanggan
Feedback dan Review dari pelanggan sangat dibutuhkan untuk  meningkatkan kualitas produk serta layanan. (Sumber : pixabay)

Feedback dan review bisa kamu gunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dan apa pendapat mereka tentang produk yang kamu jual. Apabila feedback dan review cukup bagus dan sesuai dengan harapan bisnis kamu, ini berarti kamu memiliki tantangan untuk tetap mempertahankan kualitas. 

Namun, jika feedback dan review yang diberikan pelanggan kurang bagi, maka kamu harus mencari cara untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan sehingga bisa memberikan apa yang pelanggan cari dan butuhkan.

Respon Feedback dan Review yang Didapatkan

Merespon feedback dan review merupakan cara mempertahankan pelanggan yang tidak boleh kamu lupakan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa mereka begitu dihargai dan diperhatikan. 

Pelanggan akan tahu bahwa kamu akan melakukan terobosan yang berdampak pada tingkat kepuasaan dan pengalaman mereka dalam berbelanja.

Kesimpulan

Untuk mempertahankan sekaligus menambah pelanggan setia, kamu tidak harus berpatokan pada cara yang disebutkan di atas. Ada begitu banyak cara mempertahankan pelanggan yang bisa kamu terapkan. Semakin banyak cara yang dicoba, semakin besar peluang keberhasilan yang diharapkan.

Akan tetapi, kamu juga harus mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan masing-masing cara mempertahankan pelanggan yang sudah dilakukan. 

Kamu tidak tahu berapa lama pelanggan akan bertahan dan setia pada produk yang kamu jual. Jadi, tunggu apa lagi? 

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments