Apa Itu VPS Windows? Pengertian, Keunggulan dan 5 Fungsi

143
blog exabytes
6 min read

Kebanyakan dari Exabytes Friends sudah tidak asing lagi dengan Windows yang tidak lebih dari sebuah sistem operasi pada perangkat komputer, tapi bagaimana dengan VPS Windows? atau apa itu VPS Windows sendiri?

Nah, jika Exabytes Friends ingin mengetahui lebih dari pengertian, keunggulan, dan fungsinya, simak ulasan berikut ini!

apa itu vps windows

Mengetahui Apa Itu VPS Windows

VPS Windows adalah jenis server virtual yang digunakan untuk menyimpan file dan data di situs web. Secara khusus, server virtual ini dirancang untuk menjalankan aplikasi Wndows.

Ini termasuk biaya sewa, teknologi web server, sistem manajemen database, dan kemampuan teknis untuk menggunakan VPS itu sendiri. Dari web hosting, database server, backup server, dan lain-lain.

Fungsi VPS Windows

Berikut kegunaan dan fungsi VPS Windows, diantaranya:

Digunakan Sebagai Hosting Website

VPS berbasis Linux tidak hanya dapat digunakan sebagai web hosting tetapi VPS Windows juga dapat digunakan sebagai web hosting dengan menginstal software APS.NET atau IIS Web Server.

Data ini bisa berupa teks, gambar atau video. Jika Exabytes Friends tidak memahami proses instalasi, kalian dapat meminta bantuan dari Customer Service Exabytes ya!

Dimanfaatkan Sebagai Active Directory

Fungsi utama dari Active Directory adalah untuk menyediakan otentikasi dan otorisasi untuk mengakses sumber daya jaringan, baik di jaringan lokal atau di seluruh WAN global perusahaan.

Active Directory 2003 membantu mencari, menyimpan, mengamankan, dan mengakses informasi dari jaringan tertentu. Misalnya, informasi tentang akun pengguna, printer, informasi server, administrasi terpusat atau terdesentralisasi.

Keperluan Server Database

Sebagai informasi, ada 12 jenis database yang dapat dijalankan di komputer, antara lain analitycal database, data warehouse, distributed server, end-user database, document-oriented, dll.

DBMS itu sendiri biasanya menyediakan fungsionalitas dari server database dan bergantung pada model. Contoh sistem manajemen basis data (SMBD) adalah MySQL dan Microsoft SQL Server.

Dijadikan Server Backup

Backup adalah proses pembuatan backup data dengan cara mengarsipkan file-file yang ada ke media penyimpanan komputer lain untuk mencegah kemungkinan kehilangan data.

Di era digital yang semakin maju ini, perangkat keras dan perangkat lunak dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengelola sistem komputer mereka.

Tujuan dibuatnya server backup ini tidak lain adalah untuk menghindari jika sewaktu-waktu server utama mengalami kegagalan karena kerusakan atau gangguan akibat bencana alam.

Remote Desktop

Seperti yang kita ketahui bersama, remote desktop merupakan fitur yang terdapat pada VPS Windows, mulai dari Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008 atau bahkan hingga Windows 7 dan 8 , dimana semua jenis yang digunakan memungkinkan pengguna untuk terhubung secara langsung ke dalam mesin virtual.

Dengan RDP Exabytes Friends bisa menjalankan bisnis dalam 24 jam seperti trading forex dan prosesnya berjalan lancar.

perbedaan vps windows dengan vps linux

Perbandingan VPS Windows Dengan VPS Linux

Sebelumnya Exabytes Friends sudah mengetahui fungsi VPS Windows. Akan lebih lengkap jika memahami perbandingan antara VPS Windows dan Linux. Apalagi jika masih ragu untuk memilih VPS yang sesuai dengan kebutuhannya.

Kami akan melakukan pendekatan perbandingan antara kedua VPS melalui beberapa metrik perbandingan, yaitu: kemudahan penggunaan, kompatibilitas, dukungan, akses ke server, control panel dan biaya.

Kemudahan Penggunaannya

Dalam hal kemudahan, pengguna VPS Windows akan mendapatkan keuntungan dari Graphical User Interface (GUI). Sederhananya, layar GUI memiliki ikon dan deskripsi yang dapat membantu pengguna memahami arti dan fungsi tombol dengan lebih mudah.

Bagi mereka yang tidak memiliki pengetahuan tingkat lanjut, GUI akan sangat membantu karena terlihat interaktif dan jelas.

Sedangkan VPS Linux menggunakan Command Line Interface (CLI). Untuk menggunakannya, pengguna perlu mengetahui perintah yang ingin dijalankan di server. Pada dasarnya, diperlukan lebih banyak pengetahuan untuk menggunakan CLI.

Kompatibilitas

Kompatibilitas ini berarti kompatibilitas antara proyek pengguna dan teknologi yang disediakan oleh setiap VPS.

Jika teknologi yang digunakan adalah produk Microsoft, seperti aplikasi berbasis C#, sebaiknya pilih VPS Windows. Jelas, ekosistem VPS Windows akan kompatibel dengan kerangka kerja Windows seperti ASP Classic, ASP.NET VB Development, dan MS Access.

Di sisi lain, jika teknologi yang digunakan adalah framework seperti Codeigniter atau Laravel, VPS Linux adalah pilihan yang ideal. Selain itu, VPS Linux cocok untuk PHP, Perl, Java atau Python.

Dukungan

Pengguna VPS Windows akan mendapatkan bantuan dari Microsoft Teams. Ada berbagai bentuk. Dari dokumentasi teknis, pembelajaran, Q&A, dan kode contoh dapat membantu pengguna.

Sama pentingnya, tim TI Windows melakukan pembaruan dan perbaikan rutin. Hasilnya, produk yang digunakan dapat beroperasi dengan lancar dan memiliki keamanan yang relatif terjamin.

Berbeda dengan pengguna VPS Linux yang bergantung pada komunitas. Bantuan dari komunitas sangat terbatas karena hanya melalui forum melalui tanya jawab. Setelah menerima jawaban, pengguna perlu mengimplementasikan solusi.

Ini merupakan tantangan tersendiri. Pasalnya, respon dari masyarakat cukup beragam. Sebenarnya, ada pertanyaan panjang yang belum terjawab.

Akses ke Server

VPS Windows dan Linux memiliki kesamaan yaitu dapat mengakses server menggunakan File Transfer Protocol (FTP). FTP dapat digunakan untuk mentransfer file dari komputer ke VPS atau sebaliknya.

Perbedaan antara kedua VPS adalah pada konfigurasi server. VPS Windows menggunakan Remote Desktop untuk mengkonfigurasi server, sedangkan VPS Linux menggunakan Secure Shell (SSH).

Menggunakan SSH membutuhkan pengetahuan tingkat lanjut, lho! Karena banyak pesanan khusus yang perlu dipahami terlebih dahulu. Jika terjadi kesalahan, pengaturan VPS dapat berubah.

Akses Control Panel

Control panel adalah alat yang memungkinkan Anda mengelola server dengan mudah. VPS Windows dapat menggunakan beberapa jenis control panel, salah satu yang paling populer adalah Plesk. Sedangkan VPS Linux sering menggunakan produk dari cPanel, khususnya Web Host Manager (WHM).

Biaya

Dari segi biaya, pengguna VPS Windows membayar lebih dari pengguna Linux. Karena Windows dilisensikan, Anda membayar biaya lisensi yang biasanya termasuk dalam sewa server. Meskipun Linux adalah platform open source, itu berarti tidak ada biaya lisensi untuk sebagian besar distribusi.

vps windows exabytes

Kenapa Harus Menggunakan VPS Windows Dari Exabytes?

Saat ini, banyak web host menawarkan VPS Windows untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Secara umum, mereka menawarkan spesifikasi yang berbeda yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan situs dan anggaran yang dimaksudkan.

Sebagai salah satu dari 5 penyedia web hosting terbaik di Indonesia, Exabytes juga menawarkan layanan VPS Windows yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Dilengkapi dengan layanan virtual server berbasis sistem operasi Windows, aktivitas bisnis online Anda akan lebih lancar karena tidak ada lagi keterbatasan resource dan kapasitas yang biasa terjadi pada shared hosting.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, pilih paket yang sesuai dengan kebutuhannya sekarang juga!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments