Apa Itu Website Dinamis? Pengertian dan Contohnya

0
1747

Dewasa ini, website memiliki peran yang begitu penting, terutama bagi mereka yang hendak menjalankan bisnis online. Mengingat hal tersebut, apakah kamu sudah siap menjalankan bisnis online? Sudahkah punya website atau baru berencana untuk membuatnya namun masih bingung harus memulai dari mana?

Sebelum memutuskan untuk membangun sebuah website, apakah kamu sudah memiliki pilihan apakah hendak membuat website statis atau dinamis? Belum pernah mendengar apa itu website dinamis sebelumnya?

Website dinamis hadir dengan berbagai keunggulan. Akan tetapi, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa itu website dinamis dan mengapa jenis web tersebut cocok untuk bisnis online kamu.

Apa Itu Website Dinamis?

mengenal apa itu website dinamis
Sumber: flickr

Sebenarnya, apa itu website dinamis? Website dinamis adalah website yang berisi konten yang dapat diubah atau diperbarui kapan saja. Teknologi pada web tersebut dirancang supaya pengguna bisa dengan mudah menggunakan web tersebut.

Perubahan pada isi atau konten bisa pengguna lakukan dengan mudah. Mereka tidak perlu memindahkan atau mengubah kode pada website tersebut. 

Adapun konten website disimpan pada database. Jadi, meski tanpa pemahaman tentang coding, pengguna tetap bisa mengubah konten tanpa harus terlebih dahulu menguasai bahasa pemrograman atau coding.

Ada banyak faktor yang memengaruhi perubahan tampilan di halaman web, seperti basis pengguna, posisi, waktu, bahasa, ukuran layar perangkat yang digunakan, serta cookies pada website.

Perlu tips dan cara membuat website tanpa coding yang cocok bagi pemula? Silahkan baca artikel satu ini.

Ciri-ciri Website Dinamis

Saat ini semakin banyak pengguna web dinamis seperti website toko online dan web berita. Agar semakin memahami apa itu website dinamis, kamu bisa mengenali dari beberapa ciri-cirinya berikut ini:

  • Menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, PHP, NET, Perl, JSP, ASP, ColdFusion, dan masih banyak lagi
  • Memiliki database
  • Konten berasal dari pengunjung atau database yaitu admin website
  • Sering di update

Manfaat Website Dinamis

apa itu website dinamis dan manfaatnya pada UX
Sumber: flickr

Website dinamis pada dasarnya memberikan banyak manfaat. Jadi tidak heran jika saat ini banyak pihak yang memilih jenis web tersebut, bukan? Dengan konten yang bersifat dinamis, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan web dinamis, seperti:

UX yang Lebih Baik

Nah, salah satu manfaat dari penggunaan website dinamis adalah pengalaman UX yang lebih baik. UX merupakan singkatan dari User Experience atau pengalaman pengguna saat mereka menggunakan produk, sistem, atau jasa. 

Mengapa web dinamis menawarkan UX yang lebih baik? Pengguna bisa melakukan pengeditan konten di halaman tertentu sesuai kebutuhannya. Tidak hanya itu, membangun navigasi yang intuitif juga sangat mungkin dilakukan pada web tersebut.

Itulah kenapa web dinamis menjadi salah satu rekomendasi web yang tepat, terutama bagi mereka yang ingin memberikan pengalaman pengguna yang baik. 

Cari tahu yuk perbedaan UI dengan UX agar tidak keliru memahaminya.

Website Tampak Lebih Profesional

Branding merupakan salah satu cara tepat untuk memperkenalkan produk atau jasa yang kamu tawarkan kepada target audiens. Untuk branding, kamu bisa menggunakan berbagai cara termasuk membuat website.

Agar pengguna internet atau target audiens tidak ragu pada website milikmu, pastikan kamu akan membuat web yang profesional. Penggunaan nama domain yang tepat serta pemilihan jenis web akan membuat web tampak profesional.

Jadi, saat memilih jenis web dinamis, website kamu akan terlihat lebih profesional. Hal tersebut akan menguntungkan bagi kamu dimana akan lebih banyak orang yang percaya bahwa web tersebut merupakan identitas dari brand atau bisnis yang kamu kelola, bukan web phising atau sejenisnya.

Bagi kamu yang perlu logo untuk semakin mempertegas brand pada website, jangan sungkan untuk menghubungi Exabytes agar bisa mendapatkan jasa desain logo

Perawatan yang Mudah

Web dinamis menggunakan content management system atau CMS yang menyediakan database koten serta elemen lain di halaman situs web. Selain itu, web dinamis juga menggunakan bahasa yang berinteraksi dengan informasi dalam database yang tersedia sehingga memudahkan dalam melakukan perubahan.

Yuk kenalan lebih jauh dengan apa itu CMS, solusi pembuatan website tanpa coding!

Ingin mengunggah konten atau mengganti latar belakang? Semuanya bisa kamu lakukan dengan mudah bahkan tanpa memahami coding sama sekali. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan web dinamis tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Personalized Browsing

Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau web dinamis menawarkan personalized browsing. Dengan kemampuan tersebut, pengguna bisa menemukan ide konten, fitur terbaru, dan produk dengan mengandalkan lokasi serta demografi masing-masing.

Dengan begitu, pengguna akan merasa nyaman saat menjelajahi setiap halaman web. Semakin banyak waktu yang pengguna habiskan saat mengunjungi website, semakin besar pula kesempatan untuk meningkatkan brand awareness.

Simak cara mudah membangun brand awareness di website melalui artikel ini.

Kelebihan Website Dinamis

Kelebihan website dinamis
Sumber: flickr

Setelah mengetahui apa itu website dinamis, apakah kamu tidak penasaran dengan kelebihan yang dimilikinya? Jika dibandingkan dengan jenis lain, web statis, web dinamis menawarkan banyak kelebihan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan dynamic HTML (DHTML)
  • Konten dan layout bisa diubah bila diperlukan
  • Bisa menggunakan CMS untuk mengubah konten atau bagian dari web
  • Menggunakan program server guna mengatur perubahan data
  • Bisa menggunakan database untuk menyimpan konten web
  • Memungkinkan halaman website memiliki waktu loading yang cepat karena konten terpisah dengan layout halaman
  • Menghadirkan komunikasi antara pengguna atau pengunjung dengan admin
  • Konten yang baru di update akan berada di urutan pertama sehingga akan memudahkan pengunjung mengenali adanya perubahan atau update

Kekurangan Website Dinamis

Meski menawarkan banyak kelebihan, tetapi sayangnya website dinamis juga tidak lepas dari kekurangan. Adapun kekurangan dari jenis web satu ini adalah:

  • Kompleks dan kompetitif sehingga optimasi SEO agak sulit dilakukanKecepatan website bisa melambat seiring dengan penggunaan plugin atau teknologi lain yang bertambah
  • Biaya dan waktu yang lebih di awal pembuatan situs web
  • Memerlukan hosting dengan kapasitas storage yang besar

Apabila kamu berencana membuat situs web dinamis yang akan digunakan untuk bisnis online, percayakan saja kebutuhan hosting kepada Exabytes yang dikenal sebagai penyedia layanan hosting terbaik.

Contoh Website Dinamis

Dengan mengetahui apa itu website dinamis, kamu juga mungkin tertarik untuk menemukan beberapa contoh situs web terkemuka yang merupakan website dinamis.

Sebenarnya, ada banyak situs web yang merupakan website dinamis, diantaranya adalah Tokopedia, Facebook, Kaskus, YouTube, dan Shopee.

Perbedaan Website Dinamis dengan Website Statis

perbedaan website dinamis dengan website statis
Sumber: flickr

Selain website dinamis, ada juga website statis yang diklasifikasikan berdasarkan teknologi pembuatannya. Ada sejumlah perbedaan antara kedua jenis tersebut, diantaranya:

  • Menggunakan basis data yang berbeda
  • Isi atau konten web statis jarang diperbarui atau diubah sedangkan konten web dinamis sering dilakukan perubahan atau pembaruan dari waktu ke waktu
  • Web statis memiliki ukuran yang lebih kecil dari web dinamis karena menggunakan sistem pemrograman yang tidak terlalu rumit
  • Web statis memiliki interaksi yang rendah sementara web dinamis menawarkan interaksi dengan pengunjung misalnya melalui login atau melakukan perubahan pada konten web itu sendir
  • Web statis tidak memerlukan perubahan konten yang signifikan, sementar web dinamis banyak memerlukan perubahan guna memperbarui web itu sendiri

Kesimpulan

Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan akan perubahan isi atau konten website mungkin diperlukan. Oleh sebab itu, pastikan kamu memahami apa itu website dinamis agar memahami bahwa jenis web satu ini memungkinkan pengguna untuk melakukan perubahan termasuk di bagian konten atau lainnya.

Itu artinya, apabila ingin bisa mengubah atau memodifikasi tampilan web dengan mudah tanpa harus menguasai bahasa pemrograman, web dinamis adalah pilihan yang tepat. Terlebih dengan banyaknya manfaat dan kelebihan yang ditawarkannya. 

Akan tetapi, kamu juga harus mempertimbangkan kekurangan atau kelemahan web dinamis. Jadi, bisa memastikan apakah web dinamis sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bisnis dalam membangun serta mengelola web.

Tidak ingin pusing dalam menentukan jenis web apa yang sebaiknya dibuat untuk kebutuhanmu? Mengapa tidak menggunakan jasa pembuatan website dari Exabytes? Kamu cukup memberikan gambaran seperti apa web yang ingin dibangun, kemudian tim ahli Exabytes akan membuat website yang sesuai dengan permintaanmu. 

Jadi, tunggu apalagi? Exabytes juga menyediakan jasa hosting dan domain dimana kamu bisa mendapatkan semua layanan tersebut dari satu penyedia.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments