Mengenal Apa Itu Web Server: Jenis, Fungsi, & Kelebihannya

0
3264

Kita bisa mengakses website karena adanya sebuah server yang melayani. Server tersebutlah yang dinamakan web server. Namun, istilah teknologi ini masih terdengar asing di telinga banyak orang.

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, orang-orang semakin sadar pentingnya teknologi dan mencoba memahaminya. Apabila kamu juga merasa demikian, ini saat yang tepat untuk mengetahui lebih dalam tentang web server, jenis, fungsi, serta kelebihannya.

Sekilas Tentang Web Server

Sekilas tentang web server
Web server merupakan software yang menyediakan layanan berupa data kepada browser atau web klien. (Sumber: pixabay)

Sebelum lebih jauh mencari tahu apapun yang berhubungan dengan web server, alangkah lebih baik jika kamu sudah mengetahui pengertian server. Server adalah sebuah sistem komputer yang memiliki layanan khusus yang umumnya berhubungan dengan penyimpanan data. 

Data tersebut bisa berupa berbagai jenis dokumen serta informasi yang kompleks. Tujuannya adalah untuk memberikan kebutuhan bagi klien yang ingin menyediakan akses informasi kepada para pengguna (user).

Lalu, bagaimana dengan web server?

Web server memang bukan istilah baru, tetapi bukan berarti semua orang sudah tahu apa itu web server. Web server merupakan software atau perangkat lunak yang memberikan layanan berupa data kepada web klien atau browser seperti Opera, Google Chrome, Safari, Mozilla Firefox, dan lainnya. 

Proses pemberian data tersebut kemudian akan sangat berguna agar bisa menampilkan konten di website yang dikunjungi pengguna internet. Saat seseorang melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu di kolom mesin pencari, web server akan melakukan permintaan data kepada web server. 

Ini membuktikan bahwa web server memiliki peran penting dalam menampilkan data yang sesuai dengan permintaan.

Jenis-Jenis Web Server yang Perlu Kamu Ketahui

Keberadaan berbagai jenis web server sebenarnya tidak hanya perlu diketahui oleh orang-orang yang pekerjaannya berhubungan dengan penggunaan web server saja. Artinya, kamu juga berhak untuk mengetahui berbagai macam web server yang disediakan untuk berbagai kebutuhan penggunaan internet.

Berikut adalah jenis-jenis web server yang umumnya digunakan untuk kebutuhan yang berbeda.

Web Server Apache

Apache merupakan web server yang paling populer dan banyak digunakan. Awalnya, Apache dibuat untuk mendukung sistem operasi UNIX. Selain mudah digunakan, web server jenis ini memiliki beberapa program pendukung sehingga mampu memberikan layanan yang lengkap seperti SSI, PHP, dan kontrol akses.

PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page atau Hypertext Preprocessor yaitu program yang berfungsi untuk memproses teks yang bekerja pada server. Apache merupakan jenis web server yang mendukung PHP dengan menempatkannya sebagai salah satu modul. Itulah kenapa PHP dapat bekerja dengan lebih baik.

Adapun SSI atau Server Side Include merupakan perintah yang bisa pengguna sertakan dalam berkas HTML. Perintah tersebut bisa diproses oleh web server saat pengguna mengaksesnya. Sedangkan access control bisa pengguna jalankan berdasarkan nama host atau nomor IP CGI atau Common Gateway Interface.

Web server apache hadir dengan berbagai kelebihan seperti konfigurasi yang lebih mudah, bersifat open source, dan memiliki jumlah pengguna banyak. 

Jika kamu juga tertarik untuk mempelajari apapun seputar firewall, kamu bisa membaca artikel ini.

NginX

NginX adalah contoh web server yang tidak kalah penting untuk diketahui. Singkat kata, NginX merupakan web server yang juga mampu menarik perhatian para pengguna. 

Web server satu ini juga sering disebut dengan Engine X dan memiliki layanan server yang tergolong stabil serta hemat resource.

Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan oleh NginX, tidak heran jika pengguna web server ini terus bertambah setiap harinya. Setiap pengguna bisa menikmati berbagai fitur seperti virtual hosting, file serving, access control, reverse proxying, URL rewriting, dan lain sebagainya.

Seperti web server lainnya, NginX juga memungkinkan para penggunanya untuk merasakan berbagai kelebihan, termasuk stabilitas dan hemat resource, lebih ringan, dan performa yang terbilang baik bahkan saat menangani website dengan traffic yang tinggi.

IIS (Internet Information Services)

Jenis web server selanjutnya adalah Internet Information Services (IIS) yang digunakan  dalam Windows, terutama pada Windows 2000 dan Windows 2003. Terdapat berbagai macam komponen yang mendukung web server satu ini, seperti software untuk membuat website, protokol TCIP/ID, serta DNS (Domain Name Server).

Sebenarnya, IIS bisa digunakan sebagai platform tempat aplikasi web berjalan. Hal tersebut dikarenakan IIS mendukung banyak jenis protokol seperti SSL, FTP, HTTP, NNTP, dan SMTP. Salah satu kelebihan dari IIS adalah web server ini kompatibel dengan Windows dan mendukung platform dengan domain NET.

Sayangnya, ISS merupakan web server berbayar sehingga kamu tidak bisa mendapatkanya secara gratis. 

Pengguna komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows bisa mendapatkan VPS Windows yang merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Exabytes.

Litespeed

Litespeed merupakan web server yang bisa kamu pertimbangkan dengan berbagai alasan. Web server ini dibuat oleh Programmer yang bernama George Wang menggunakan bahasa C dan C++ di tahun 2003. Meskipun terbilang baru, tetapi web server satu ini mampu bersaing dengan jenis web server lainnya.

Selain memiliki resource yang ringan, kapasitas dari Litespeed juga besar bahkan hingga dua kali lipat dari web server lainnya. Hal yang paling menarik dari Litespeed adalah kemampuannya dalam menangani banyak klien di waktu yang sama tanpa mengganggu kecepatan server.

Saat menggunakan Litespeed, kamu berkesempatan untuk menikmati berbagai kelebihannya, di antaranya adalah fitur anti DDoS, performa yang lebih baik, kompatibel dengan .htaccess, dan adanya fitur recover kesalahan secara langsung.

Agar pengetahuan seputar server semakin lengkap, kamu juga bisa mulai mencari tahu apa dan seperti apa itu uptime server.

Fungsi Web Server

Fungsi web server
Fungsi utama web server adalah menyediakan data yang diminta oleh klien atau browser. (Sumber: pixabay)

Apa fungsi dari web server? Saat seseorang baru mengetahui istilah web server, sangat wajar jika ia juga bertanya apa fungsi dari web server. Bagaimana pun juga, kita memang harus mendapatkan informasi yang jelas agar semakin paham mengapa web server sangat penting di dunia internet.

Apa Fungsi utama web server?

Web server bertugas menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien atau web browser, seperti Chrome atau Firefox. Web server kemudian akan merespon permintaan klien dalam bentuk halaman website yang umumnya HTML.

Web server Indonesia juga memiliki peran dan fungsi lainnya seperti memastikan modul yang dibutuhkan tersedia serta siap digunakan. Tidak hanya sampai di situ, web server juga akan bekerja untuk membersihkan penyimpanan, module, dan cache yang tidak digunakan.

Memeriksa keamanan HTTP request yang diminta oleh browser adalah fungsi lain dari web server

Bagaimana Cara Kerja Web Server?

cara kerja web server
Web server bekerja dengan cara menerima permintaan dari klien untuk menyediakan data yang sesuai dengan pencarian pengguna. (Sumber: pixabay)

Apakah kamu sudah tahu seperti apa cara kerja web server? Secara sederhana, web server bertugas untuk menerima permintaan dari klien dan kemudian mengirimkannya kembali dalam bentuk berkas. 

Software yang terdapat pada komputer server merupakan tempat penyimpanan data-data website. Selain itu, komputer server juga memerlukan akses internet agar selalu terhubung sehingga bisa diakses oleh klien.

Pada saat klien atau browser seperti Safari meminta data kepada web server, permintaan tersebut akan dikemas pada TCP dan dikirimkan ke alamat yang dibutuhkan baik itu HTTP atau HTTPS agar ditampilkan di browser.

Namun, jika data yang diminta tidak bisa ditemukan, maka web server akan secara otomatis menolak permintaan tersebut. Itulah kenapa kita sering menemukan Page Not Found atau Error 404 saat mengakses informasi atau website melalui internet.

Kelebihan Web Server

Kelebihan web server
Web server hadir dengan berbagai kelebihan yang bisa dinikmati pengguna. (Sumber: pixabay)

Web server tidak hanya bekerja sesuai fungsinya saja, tetapi juga mampu meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pengguna. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, termasuk:

Interaksi

Web server selalu menyediakan kesempatan untuk berinteraksi dengan penyedia hosting. Misalnya, jika user ingin mengetahui mekanisme di balik web server, mereka bisa mendapatkan pengetahuan dan informasi yang diperlukan.

Konfigurasi

Log file yang ada di web server mudah digunakan. Log tersebut bisa pengguna konfigurasikan dengan permintaan dari pengguna. Ini bisa menjadi cara untuk menganalisis sistem operasi dan trafik website.

Fleksibilitas

Hosting melalui web server jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan cluster hosting terlebih jika menggunakan dedicated server.

Kemampuan Download

Sebagai pemilik website yang memiliki link download, web server bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu gunakan. Website yang menggunakan web server tidak perlu dipusingkan dengan batasan bandwidth

Selain itu, pengguna juga bisa memantau kecepatan dan performa website dengan lebih mudah.

Sharing Resource

Ketika menerima permintaan baru, web server tidak akan berbagi resource seperti hard drive, bandwidth, atau prosesor dengan lainnya karena web server bukanlah shared hosting

Kesimpulan

Web server memiliki fungsi penting yang tidak bisa dianggap sepele. Apabila web server tidak berfungsi dengan baik, maka permintaan dari klien atau browser tidak bisa diproses sehingga pengguna internet tidak akan mendapatkan apapun yang berhubungan dengan pencarian mereka.
Apabila membutuhkan colocation server, kamu bisa segera menghubungi Exabytes, penyedia hosting yang menyediakan berbagai layanan terbaik.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments