8 Kesalahan Digital Marketing yang Harus Kamu Hindari Beserta Tipsnya

0
5466

Seiring dengan pandemi virus Covid-19 di seluruh dunia membuat adanya perpindahan dari bisnis konvensional ke dalam bisnis online. Bahkan, sebelum virus corona menerjang seluruh negara, tren bisnis online tidak dipungkiri sudah menjadi salah satu tren yang akan terus berkembang dan maju karena revolusi industri besar-besaran.

Dengan bertambahnya tren bisnis online di tanah air dan juga dunia global membuat kita semua mau tidak mau harus bisa adaptif dan mengikuti perkembangan zaman, guys. Merambahnya bisnis ke online dan juga interaksi di dunia digital dengan para konsumen membuat semua pebisnis dituntut untuk melakukan bisnis secara online. Maka dari itu penting banget untuk mempelajari digital marketing.

Digital marketing pun nggak cukup nih kalau hanya mengandalkan website dan sosial media untuk bisnis di dunia online tanpa mengoptimalkannya secara lanjut. Hal ini nggak bakalan mendongkrak sales dan brand awareness nantinya.

ilustrasi vektor digital marketing

Kalau berpikir bahwa digital marketing itu susah, jawabannya nggak kok. Sama aja kayak bisnis konvensional. Website dan sosial media ini cuma etalase saja untuk menata produk-produk kamu. Soal urusan penjualan dan suksesnya bisnis balik lagi bagaimana cara kamu memasarkan produk kamu, nih. Terutama sekarang, marketing atau pemasaran sudah dilakukan secara online. Mungkin buat yang baru di dunia pemasaran online atau biasa lebih kita kenal dengan digital marketing akan bingung apa aja sih yang harus dilakukan dan juga apa yang sebaiknya jangan dilakukan.

Kesalahan-kesalahan ini secara nggak langsung bisa mengganggu tujuan dan kesuksesan bisnis loh. Kesalahan marketing online ini sangat menghalangi kamu untuk melakukan penjualan dan terhubung dengan target pasar, lho. 

Makanya, mengetahui beberapa permasalahan yang dihadapi oleh pemasar di dunia digital, Exabytes sudah meringkas nih apa aja kira-kira kesalahan yang harus kamu hindari dalam digital marketing. Sebelum scroll lebih lanjut, ada baiknya nih kamu cek istilah digital marketing yang wajib kamu ketahui supaya kamu juga lebih paham.

Berikut adalah daftar kesalahan umum digital marketing yang harus sebaiknya kamu hindari. Langsung aja yuk simak di bawah ini!

Tidak Memahami Target Audience

Salah satu kesalahan yang paling sering terjadi dan sangat fatal adalah tidak memahami target audience bisnis sendiri. Perlu diingat ya, produk yang kamu jual nggak selalu bisa diterima dalam berbagai kalangan. Banyak perusahaan yang selalu  mencoba menargetkan audiens yang terlalu luas. Mereka ingin menjangkau lebih banyak orang, jadi mereka mencoba menargetkan siapa saja dan semua orang, tetapi akhirnya putus asa ketika banyak orang tidak membeli produk atau menggunakan layanan mereka karena memang nggak cocok dengan buying behavior mereka.

Tips : Alih-alih mencoba menjual produk dan layanan kamu ke orang secara acak, lebih baik kamu fokus pada sekelompok orang tertentu yang benar-benar membutuhkan produk kamu. Ini yang kamu sebut target audiens bisnis kamu.  

Mempelajari target pasar ini adalah salah satu strategi terpenting bagi kamu untuk menghasilkan banyak keuntungan yang nggak cuma penjualan aja! Pastikan bisnismu ataupun tim research and development kamu benar-benar paham dalam meneliti target audiens bisnis ya! Seperti demografinya, umurnya, preferensinya. Untuk memahami target audiens, kamu bisa mempelajari juga perilaku konsumen (consumer behavior) agar lebih memahami audiens yang ingin dituju.

Kalau kamu nggak mengenal target audiens kamu dengan jelas dan menargetkan kepada orang secara luas, maka dipastikan kampanye pemasaran yang nantinya digunakan nggak berhasil dengan sempurna dan bahkan gagal sampai membuat bisnis rugi lho. Makanya, pikir ulang apa saja faktor-faktor untuk membidik sasaran dengan tepat.

Tidak Menggunakan Sosial Media Secara Efektif

Nah, masih berhubungan sama poin pertama diatas, kalau kamu udah menemukan target audiens kamu maka fokuslah kepada mereka. Hal ini berupaya untuk menghindari membuang waktu. Kebanyakan pebisnis baru yang menggunakan sosial media nggak cukup kompeten dan kurang aktif dalam mengoptimalkan menggunakan sosial media. Hanya memposting konten dan produk nggak bakalan cukup membuat bisnis kamu sukses di sosial media. Padahal sosial media menjadi platform efektif untuk memasarkan secara online lho.

Tips : Cari tahu nih sosial media mana yang banyak digunakan sama target audiens kamu. Lalu gunakan sosial media ini secara sering dan fokus untuk promosikan produk kamu secara optimal. Pastiin juga ya bisnis kamu punya strategi marketing sosial media yang solid untuk membangun otoritas merek kamu.

Misalnya, jika target audiensmu berusia remaja, kamu bisa menggunakan TikTok sebagai strategi marketing. Jika targetmu adalah dewasa, kamu bisa menggunakan Facebook atau Instagram,

Tidak Mempunyai Website atau Tidak Mempromosikan Websitenya

Nah, salah satu kesalahan yang sering terjadi juga adalah kurangnya effort untuk mempromosikan website. Atau malah belum punya website? It’s a big no!

Orang nggak bakalan tahu tentang bisnismu atau produk yang kamu tawarkan bila belum punya website. Dan kalau kamu nggak promosiin, orang pun enggan datang ke web karena bisa aja mereka mikir kamu nggak punya website. Sayang banget kalau begitu.

Coba bayangin kalau kamu nggak mempromosikan web kamu, nggak mungkin ada traffic ke website kamu dan nggak bakalan ada prospek penjualan. 

Tips : Mulai untuk memiliki website sendiri karena website berperan penting untuk bisnis online lho. Kalau belum punya, kamu bisa menggunakan layanan dari Exabytes untuk membuat website lho.

Dan rajinlah untuk mempromosikan website kamu karena ini bisa meningkatkan ranking website lho. Dengan website, kamu dapat menjangkau pelanggan baru serta meningkatkan brand awareness terhadap brand kamu.

Banyak cara untuk mempromosikan website kamu yakni salah satunya bisa menggunakan sosial media atau Google Adsense lho.

Tidak Merencanakan Tujuan Marketing  

Ini adalah salah satu dari beribu alasan kenapa digital marketing kamu nggak berhasil. Padahal udah berusaha memasarkan secara efektif dan besar-besaran tapi kok rasanya nggak mencapai apapun ya? Yep! Itu karena kamu nggak jelas merencanakan long term dan short term goals yang realistis nih, teman-teman Exabytes!

Kamu nggak akan merasa achieve something karena kamu nggak punya tujuan dari brand kamu sendiri. Sasaran yang sifatnya nggak realistis juga nggak berguna karena kamu nggak bakalan mencapainya. Jadi, nggak peduli cara dan strategi pemasaran apa yang kamu sudah gunakan dan akan kamu gunakan kalau kamu aja nggak jelas goalsnya apa.

Tips : penting banget untuk membuat strategi marketing terutama kamu ingin memulai memasarkan secara digital. Buatlah catatan tentang apa yang bisnis kamu sasar dan goals dari strategimu. Dengan menetapkan ekspektasi yang tepat memudahkan kamu nih untuk fokus pada strategimu.

Ada beberapa contoh tujuan digital marketing contohnya seperti meningkatkan penjualan dan pendapatan, meningkatkan lalu lintas (traffic) web, meningkatkan brand awareness bisnismu secara online dan masih banyak lagi Kamu bisa gunakan contoh ini sebagai tujuan dari bisnis kamu nih.

Desain Website Tidak Menarik

Salah satu kesalahan digital marketing paling umum yang dilakukan perusahaan adalah mengabaikan website. Percuma kamu sudah ada website dan udah promosi tapi website kamu nggak optimal, loading page lama, nggak informatif dan tentunya nggak menarik.  

Kata menarik disini bukan berarti kamu harus desain sebagus mungkin. Tapi lebih ke arah gimana caranya membuat website kamu menarik banyak orang agar betah berlama-lama di website kamu. Kalau website kamu nggak optimal dan tidak memberikan pengalaman positif ke pengguna atau calon pembeli, bisnis kamu udah mundur selangkah alias tertinggal dari pesaing, nih. Nggak mau dong kalau begini?

ilustrasi vektor website

Tips : Coba kamu rubah atau rombak kembali desain websitemu. Sebaiknya buat website yang minimalis tetapi tetap informatif dengan deskripsi dan foto produk bisnismu. Maksimalkan fitur dan pastikan button di websitemu berfungsi dan diarahkan ke halaman yang tepat. Selain itu, pastikan juga website kamu device-friendly yang berarti bisa diakses dengan mudah dan enak dilihat di perangkat apapun seperti di handphone dan tablet.

Mengabaikan Penggunaan SEO 

SEO atau Search Engine Optimization ini adalah cara calon pelanggan menemukan bisnis kamu di search engine. Salah satu kesalahan marketing terbesar yang dilakukan perusahaan adalah mengabaikan penggunaan SEO. Padahal hal ini krusial sekali. 

Kalau perusahaan kamu belum memasukkan SEO ke dalam strategi marketing digital, orang tidak akan menemukan web kamu di hasil penelusuran. Jadi say goodbye terhadap prospek, peluang dan goals-goals lainnya yang ingin kamu capai dalam bisnis kamu. Wah, kacau kan padahal cuma karena satu hal?

Selain itu, kalau berbicara tentang kesalahan lainnya dalam SEO, banyak perusahaan yang nggak sabaran dan malah melakukan kesalahan dengan nggak memberikan cukup waktu agar SEO bisa berkembang. Padahal, SEO juga butuh waktu buat berkembang, jadi kamu harus tetap bersabar, ya. 

Tips : Optimalkan penggunaan SEO untuk websitemu. Jika kamu masih pemula sebaiknya pelajari SEO mulai sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar kok. Dan kunci lainnya adalah bersabar. Biarkan SEO kamu berkembang dan lambat laun akan menaikkan organic traffic websitemu. 

Menggunakan Terlalu Banyak Strategi

Digital Marketing

Sesuai dengan namanya, kesalahan lainnya adalah pengambilan dan implementasi strategi yang terlalu banyak. Padahal, cara ini nggak akan memberikan hasil terbaik karena more bukan berarti selalu better ya, gengs.

Hal ini lagi-lagi bisa membuang waktumu dan effort yang kamu kerjakan. Bisa jadi strategimu ini tidak membuahkan hasil.

Tips : Jangan selalu berpatok pada more = better ya teman-teman, tetap evaluasi lagi strategi mana yang cocok untuk target market bisnis kamu. 

Balik lagi seperti yang ditunjuk diatas, semua strategi pemasaran kembali lagi pada pertanyaan “apa sih tujuan dari pemasaran kamu?” , “apa yang perusahaan kamu ingin capai?”. Menggunakan hanya dua strategi pemasaran yang sesuai dengan tujuan brand kamu bakalan lebih sukses dibandingkan menggunakan puluhan strategi tapi nggak jelas apa tujuannya. 

Hanya Berfokus Pada Fitur

8 Kesalahan Digital Marketing yang Harus Kamu Hindari Beserta Tipsnya - 2024

Orang nggak peduli dengan produk dan jasa yang kamu tawarkan, tapi mereka peduli tentang bagaimana produk dan jasa bisnis kamu dapat membuat hidup mereka lebih baik dan menyelesaikan masalah mereka. Berhenti dan stop cuma fokus membicarakan fitur produk aja ya, teman-teman Exabytes.

Tips : Dalam strategi digital marketing kamu, gambarkan bagaimana produk kamu bisa mengubah pelanggan dan membantu mereka. Hindari tentang keunggulan atau fitur saja.

Pembeli nggak cuma membeli produk atau layanan; mereka membeli transformasi. Sebagian besar bisnis yang gagal dikarenakan mereka hanya fokus dengan fitur unggulan saja saat memulai atau saat memasuki pasar baru. Padahal produk atau jasa bukan hanya soal itu tetapi bisa menjawab, memenuhi kebutuhan dan memberikan solusi kepada si calon pembeli. 

So, guys perlu dicatat ya, jelaskan lebih detail mengenai fitur produk dan juga apa yang bisa mereka dapatkan dari fitur produk ini. Entah efisiensi maupun hal lainnya.

Human make mistakes sometimes, belajar dari pengalaman adalah hal yang paling efektif dan cepat untuk paham apa strategi digital marketing yang sekiranya cocok dan nggak buat bisnis kamu terutama untuk kamu yang baru masuk ke dalam dunia pemasaran digital. Manusia itu nggak bakalan luput dari membuat kesalahan, tapi tentu harus belajar dari kesalahan tersebut dan perbaiki kesalahan tersebut.

Dengan ini Exabytes berharap kamu bisa mendapatkan insight dari kesalahan diatas dan belajar mencegahnya, karena mencegah jauh lebih baik, kan?

Sekian artikel kali ini, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya yang baru belajar digital marketing maupun sudah profesional dalam bidang ini.

See you on another article ya, teman-teman Exabytes!