Membangun Toko Online Mudah dengan Magento 2 

519
Cara Mudah Bangun Toko Online dengan Magento
Free Credit Exabytes
14 min read

Hello Exabytes Friends!

Di artikel sebelumnya, mimin udah sempat bahas tentang bagaimana memulai toko online dengan WooCommerce. Kali ini berbeda Friends, karena mimin akan membahas tentang bagaimana membangun toko online dengan Magento 2. Magento 2 ini sering digunakan oleh perusahaan besar seperti iBox (ibox.co.id), DC Shoes (dcshoes.co.id), MG Sports and Music (https://mg.co.id/), 9to9 Fashion (9to9.co.id) untuk membuat toko online. Namun, buat kamu yang baru memulai bisnis dan berniat untuk membuat toko online juga bisa kok menggunakan Magento 2.

Kalau begitu, simak artikel ini sampai akhir ya!

Apa Itu Magento 2?

Membangun Toko Online Mudah dengan Magento 2 

Magento 2 merupakan sebuah platform CMS atau Content Management System yang berfungsi untuk membuat membuat toko online dan dapat diatur sesuai dengan keinginan kamu loh Friends. Terlebih lagi jika kamu memiliki konsep dan tema untuk toko online mu. Magento 2 dirilis pada tahun 2015 dengan tujuan untuk menyempurnakan fitur-fitur yang sebelumnya digunakan di Magento 1. Magento juga telah diakuisisi oleh Adobe pada kuarter ketiga tahun 2018 dengan nilai mencapai 1,68 miliar dolar amerika atau sekitar 23,86 triliunan rupiah.  Magento 2 sangat disukai oleh para pemilik website. Tercatat jumlah pengguna Magento 2 sebanyak 124.369 di seluruh dunia, dan 96 diantaranya merupakan website di Indonesia. Magento 2 juga dapat digunakan oleh website dengan jenis industri apapun seperti computer & electronic, lifestyle, home & garden, dan lain-lain.

Fitur-Fitur Magento 2

Membangun Toko Online Mudah dengan Magento 2 

Magento 2 tentunya menyediakan banyak sekali fitur-fitur unggulan yang dapat dinikmati oleh para pengguna nya. Fitur-fitur tersebut disediakan oleh Magento 2 untuk menyempurnakan platform nya sehingga dapat digunakan dengan baik oleh pengguna nya. Nah, ini dia fitur-fitur Magento 2 yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Menyediakan Berbagai Metode Pembayaran

Magento 2 menyediakan berbagai metode pembayaran yang bisa diterapkan pada toko online mu loh Friends. Kamu dapat memilih berbagai metode pembayaran seperti credit card, PayPal, cek, transfer bank, dan lain-lain. Sehingga dengan banyaknya pilihan yang disediakan oleh Magento, dapat memudahkan konsumen mu yang akan berbelanja di toko online mu.

Pengiriman Produk ke Beberapa Alamat

Fitur ini menjadi salah satu fitur unik yang dimiliki oleh Magento. Dengan menggunakan Magento untuk toko online mu, konsumen mu bisa membeli produk yang sama dan memilih beberapa alamat untuk pengirimannya. Dengan adanya fitur ini, proses pembelian yang dilakukan oleh konsumen akan lebih sederhana dan tidak akan memakan banyak waktu loh Friends.

Pilihan Bahasa dan Mata Uang yang Bervariasi

Jika kamu menggunakan Magento 2 untuk toko online mu, kamu bisa melakukan pengaturan agar konsumen mu bisa memilih bahasa sesuai dengan keinginan mereka. Selain itu, mata uang yang bisa digunakan oleh konsumen mu juga bervariasi sesuai dengan mata uang yang mereka gunakan untuk membeli produk. Dengan menyediakan banyak bahasa dan mata uang untuk toko online mu, konsumen tentunya akan merasa lebih mudah saat ingin berbelanja di toko online mu. 

SEO Friendly

Magento juga sudah dilengkapi dengan strategi SEO (Search Engine Optimization) sehingga toko online mu akan memiliki ranking yang baik di pencarian. Sebelum konsumen membeli produk yang dicari, tentunya mereka akan melakukan riset tentang produk terlebih dahulu di mesin pencarian. Dengan melakukan strategi SEO, toko online kamu berpotensi untuk dilihat oleh konsumen dan dibeli loh Friends. Sehingga hal ini bisa sangat menguntungkan kamu sebagai pemilik toko online.

Kelebihan Magento 2

Membangun Toko Online Mudah dengan Magento 2 

Sudah lebih dari 100.000 website menggunakan Magento 2 untuk bisnis nya. Tentunya hal tersebut terjadi karena Magento 2 memiliki banyak manfaat yang menguntungkan. Nah, sebelum mengetahui bagaimana cara membuat toko online dengan Magento 2, kamu harus tahu dulu nih apa saja manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan Magento 2. 

Dirancang Khusus untuk Ecommerce

Magento 2 ini dirancang khusus untuk Ecommerce atau toko online agar dapat menyediakan kebutuhan dan keinginan dari pengguna nya. Platform Magento 2 yang dikhususkan untuk toko online tentunya akan memfokuskan fitur-fiturnya untuk menyempurnakan website penggunanya. Selain itu, Magento 2 memiliki alat dan ekstensi penting yang dapat membantu kinerja website kamu di level tertinggi loh. Magento 2 juga dapat digunakan untuk semua jenis website yang menjual apapun. Sehingga kamu gak perlu khawatir deh kalau barang jualanmu itu gak bisa menggunakan Magento 2.

Baca Juga  Lakukan 6 Strategi Bisnis Ini Untuk Bersaing di Era New Normal

Keamanan yang Terjaga

Beberapa bisnis yang berniat untuk menggunakan website sebagai channel jual beli tentunya akan menghabiskan banyak waktu untuk mendesign tampilan dari website tersebut. Namun, tidak hanya design website saja yang harus kamu perhatikan loh Friends. Keamanan website jual beli mu juga harus sangat diperhatikan karena data-data konsumen harus kamu jaga agar tetap aman. Terdapat beberapa kasus toko online yang hanya mempedulikan design dan justru mendapatkan risiko yang besar saat proses checkout dan data pelanggan tidak terjaga. Sehingga hal tersebut bisa membuat konsumen pergi dan beralih. Kamu gak mau kan konsumen mu pergi dan gak membeli produk mu lagi? Nah, jangan khawatir Friends karena Magento 2 akan menghindarkan kamu dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti keamanan yang buruk. Magento 2 memungkinkan pengguna nya untuk menjaga proses transaksi dari kosumen, data-data konsumen, serta informasi mengenai keuangan mu juga. Tak hanya itu, katalog produk dan daftar harga juga akan aman loh. Dengan sistem keamanan yang tinggi ini membuat Magento 2 memiliki banyak pembaruan yang dapat menyempurnakan fitur-fitur di Magento 2. Koneksi nya pun akan terenkripsi serta Magento 2 akan mendeteksi dan menyaring hal-hal yang dapat mengganggu keamanan website.

Open-Source

Untuk memulai sebuah bisnis dengan toko online tentunya akan memakan biaya yang cukup mahal agar dapat mengcover semua fasilitas yang dibutuhkan. Tapi tenang aja Friends, kalau kamu tidak mempunya budget yang banyak, kamu bisa menggunakan Magento 2. Magento 2 menjadi platform CMS gratis yang akan menyediakan banyak solusi untuk kamu membangun toko online mu agar dapat berfungsi dengan baik dan memiliki konsep yang sesuai dengan produkmu.

Dapat digunakan untuk Semua Ukuran Bisnis

Salah satu manfaat Magento 2 ini adalah bisa digunakan untuk semua ukuran bisnis juga Friends. Jadi, buat kamu yang baru akan memulai untuk berbisnis tenang aja, karena Magento 2 menyediakan Magento Open Source dan Magento Go untuk perusahaan kecil dan perusahaan menengah. Serta perusahaan besar yang ingin menjadikan website sebagai media penjualan juga dapat memanfaatkan Magento Enterprise yang memiliki banyak fitur yang sangat cocok digunakan oleh perusahaan besar yang membutuhkan kapasitas lebih besar. Menarik banget kan Friends?

Device Friendly

Magento 2 ini sangat kompatibel loh Friends untuk digunakan di smartphone, tab, atau pc (personal computer). Hal ini membuat kamu lebih mudah untuk mengakses toko online mu agar bisa selalu terpantau dengan baik. Magento yang diakses melalui smartphone pun akan selalu dioptimalkan dan dierbarui secara berkala. Hal ini membuat akses Magento menjadi lebih responsif dan tidak akan ada kendala mengenai akses yang lambat.

Kekurangan Magento 2

Membangun Toko Online Mudah dengan Magento 2 

Diantara banyak kelebihan yang dimiliki oleh Magento 2, tentunya Magento juga memiliki kekurangan pada platform nya. Kamu juga perlu tahu ya Friends apa saja kekurangan yang dimiliki Magento 2 agar kamu dapat mengantisipasi permasalahan yang kemungkinan terjadi.

Penggunaan Memori yang Lebih Besar

Jika kamu menggunakan Magento 2 untuk toko online mu, kamu harus menyediakan ruang penyimpanan yang besar karena Magento ini memiliki ukuran yang besar. Hal ini juga disebabkan karena fitur-fitur yang tersedia pun sangat banyak dan bervariasi. Jangan sampai penyimpanan yang kamu miliki itu terlalu sedikit dan membuat akses Magento menjadi lebih lambat. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan kapasitas penyimpanan yang cukup bahkan jika bisa berlebih dari penyimpanan yang dibutuhkan.

Membutuhkan Waktu Lebih Lama untuk Kustomisasi

Nah kalau kamu mau mengelola toko online mu dengan Magento 2, kamu harus bersiap-siap untuk menyiapkan waktu yang banyak agar bisa melakukan kustomisasi dengan tepat. Mengapa demikian? Karena pada platform Magento 2 ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melakukan kustomisasi toko online. Hal ini dikarenakan pilihan fitur-fitur yang disediakan oleh Magento 2 lebih banyak dari platform lain. Namun tenang saja Friends, dengan menggunakan Magento ini kamu bisa melakukan kustomisasi sesuai dengan keinginan untuk toko online mu sendiri.

Membutuhkan Hosting yang Tepat

Ketika kamu akan memutuskan untuk memilih Magento sebagai platform toko online mu, kamu harus mencari provider hosting yang tepat dan cocok untuk platform Magento ini. Jika kamu salah memilih provider hosting untuk toko online mu, siap-siap saja kamu akan menghadapi banyak masalah terkait hosting pada toko online mu. Terlebih lagi jika kamu tidak ahli dalam dunia hosting yang akan membuat mu kebingungan sendiri. Makanya, memilih provider hosting yang bagus sangatlah penting terutama saat terjadi suatu masalah mengenai hosting, provider akan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mudah.

Tutorial Memulai Toko Online dengan Magento 2

Pasti kamu udah penasaran kan Friends tentang cara untuk membuat toko online dengan Magento 2. Setelah dijelaskan tentang kelebihannya, pasti kamu juga tertarik kan untuk menggunakan Magento 2 sebagai platform toko online mu. Kalau gitu, simak tutorial memulai toko online dengan Magento 2 dan jangan sampai ada yang kelewat ya Friends!

Baca Juga  20 Cara Mudah Memindahkan Bisnis Dari Offline ke Online (Paling Update)

Sebelum kamu melakukan instalasi Magento 2, kamu harus memperhatikan sistem yang diperlukan untuk instalasi Magento 2. Persyaratan sistem untuk Magento 2 yaitu:

• Basis Data – MySQL 5.1 +

• Server Web –

o Apache 2.x

o Nginx 1.7.x

• Sistem Operasi – Lintas-platform

• Dukungan Browser – IE (Internet Explorer 7), Firefox, Google chrome

• SSL (Secure Socket Layer) – Diperlukan sertifikat keamanan yang valid untuk HTTPS

• Kompatibilitas PHP – PHP 5.4+

Setelah kamu memenuhi persyaratan sistem yang ada di atas, barulah kamu bisa melakukan instalasi Magento 2.

Langkah 1 – Kunjungi link 

Membangun Toko Online Mudah dengan Magento 2 

Image source: https://www.tutorialspoint.com/magento/magento_installation.htm

Pertama, kamu dapat mengunjungi halaman produk Magento 2 untuk mendownload melalui link https://www.magentocommerce.com/products/downloads/magento/. Ketika sudah masuk ke halaman link tersebut, akan muncul tampilan seperti gambar di atas.

Langkah 2 – Pilih Format File

Membangun Toko Online Mudah dengan Magento 2 

Image source: https://www.tutorialspoint.com/magento/magento_installation.htm

Setelah kamu masuk ke halaman website yang sesuai dengan link, kamu dapat memilih format file Magento 2 untuk di download. Kamu dapat menekan tombol dropdown yang dilingkari merah dan memilih format file yang tersedia yaitu .zip, .tar.gz dan .tar.bz2 

Langkah 3 – Ekstrak File

Selanjutnya, kamu dapat mengekstrak file web Magento di komputer mu yang telah didownload sebelumnya dan kamu dapat mengunggah ke server web atau hosting lokal mu.

Langkah 4 – Membuat Database MySQL

Ketika kamu ingin menggunakan Magento, Magento membutuhkan database MySQL untuk pengoperasiannya. Sehingga kamu harus membuat database kosong yang baru dan username serta password untuk Magento yang dapat disesuaikan dengan keinginan kamu.

Langkah 5 – Instalasi Magento

Membangun Toko Online Mudah dengan Magento 2 

Image source: https://www.tutorialspoint.com/magento/magento_installation.htm

Sekarang kamu bisa membuka browser di komputer dan mengarahkan ke file Magento yang ada (misalnya http://localhost/magento) agar dapat memulai instalasi Magento. Kemudian akan muncul gambar seperti di atas untuk mulai menginstall.

Langkah 6 – Validasi

Membangun Toko Online Mudah dengan Magento 2 

Image source: https://www.tutorialspoint.com/magento/magento_installation.htm

Klik tombol continue di halaman depan dan akan muncul halaman validasi untuk Magento downloader seperti gambar di atas. Pada kolom di atas, kamu bisa memasukkan detail database jika kamu ingin memeriksa InnoDB support untuk Magento. Namun jika kamu tidak ingin memeriksa hal tersebut, maka kamu dapat menekan tombol continue untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. 

Langkah 7 – Magento Connect Manager

Membangun Toko Online Mudah dengan Magento 2 

Image source: https://www.tutorialspoint.com/magento/magento_installation.htm

Pada tampilan di atas, akan memberikan nama protokol seperti HTTP atau FTP, serta stability version seperti tipe stabil, beta, alfa, dan deployment type. Kamu dapat memilih opsi yang paling tepat dan jangan lupa untuk klik tombol continue untuk melanjutkan. Kemudian proses download Magento akan dimulai.

Langkah 8 – Installation Wizard Screen

Image source: https://www.tutorialspoint.com/magento/magento_installation.htm

Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu mencentang kotak kecil yang bertuliskan I agree to the above terms and conditions dan klik continue. Pastikan bahwa kamu benar-benar membaca syarat dan ketentuannya agar kamu mengetahui dan memahami hal tersebut.

Langkah 9 – Localization

Membangun Toko Online Mudah dengan Magento 2 

Image source: https://www.tutorialspoint.com/magento/magento_installation.htm

Kemudian akan muncul halaman seperti gambar di atas. Kamu dapat mengatur lokalisasi dengan memilih local/daerah, zona waktu, serta mata uang yang sesuai dengan lokasi mu saat ini. Setelah itu klik continue untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Langkah 10 – Configuration

Membangun Toko Online Mudah dengan Magento 2 

Image source: https://www.tutorialspoint.com/magento/magento_installation.htm

Pada tahap ini, kamu perlu mengisi beberapa informasi database seperti Database Type, Host, Database Name, User Name and User Password. Namun, jika kamu tidak ingin memvalidasi base URL, maka kamu dapat mencentang kotak bertuliskan Skip Base URL validation before Next Step dan klik continue. Jika http://localhost/magento tidak berfungsi, kamu dapat menggunakan http://127.0.0.1/magento sebagai ganti base URL. Langkah ini juga akan memakan waktu karena Magento akan membuat Tabel Database.

Langkah 11 – Create Admin Account

Membangun Toko Online Mudah dengan Magento 2 

Image source: https://www.tutorialspoint.com/magento/magento_installation.htm

Masukkan informasi pribadi mu seperti nama depan, nama belakang, dan email. Kemudian informasi login seperti username, password, dan confirm password. Kamu juga tidak perlu khawatir tentang encryption key karena Magento akan memberikan encryption key pada halaman selajutnya. Setelah mengisi semua informasi tersebut, klik continue untuk melanjutkan.

Langkah 12 – Salin Encryption Key

Kamu dapat menyalin encryption key yang telah diberikan dan akan digunakan untuk mengenkripsi password, credit card, dan informasi rahasia lainnya. Kemudian kamu dapat memilih frontend atau backend dari website Magento.

Langkah 13 – Login to Admin Panel

Membangun Toko Online Mudah dengan Magento 2 

Image source: https://www.tutorialspoint.com/magento/magento_installation.htm

Setelah instalasi Magento berhasil, kamu dapat menekan tombol Go to Backend untuk masuk ke admin panel seperti gambar di atas.

Langkah 14 – Admin Panel

Membangun Toko Online Mudah dengan Magento 2 

Image source: https://www.tutorialspoint.com/magento/magento_installation.htm

Setelah login, kamu akan masuk ke panel dashboard admin seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Kamu dapat melakukan pengaturan penjualan, katalog, promosi, dan lain-lain sesuai dengan keinginan mu dan disesuaikan dengan toko online milikmu.

Itu dia beberapa informasi seputar Magento 2 dan tutorial membuat toko online dengan Magento 2. Kamu bisa mencobanya untuk membuat toko online mu loh Friends!

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

Credit to: Salma Nur Hanina


Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here