10+ Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Dedicated Server

145
11 min read

Saat ini kita telah memasuki era Revolusi Industri 4.0 di mana teknologi digital telah mengambil alih seluruh aspek kehidupan manusia. Aktivitas manusia hampir seluruhnya bergantung dengan adanya teknologi.

Salah satu teknologi digital yang juga berperan penting dalam kehidupan manusia sekarang adalah website. Website telah menjelma menjadi sebuah media baru yang sangat sering digunakan untuk mengakses segala informasi hingga melakukan bisnis penjualan.

Namun perlu Exabytes Friends pahami jika sebuah website tidak mampu berjalan optimal tanpa adanya layanan hosting. Hosting ibarat rumah dan website bagaikan segala furniture serta aktivitas yang terjadi di dalamnya. Layanan hosting adalah sebuah tempat yang digunakan website untuk menyimpan segala file, data, aplikasi, hingga plugin agar dapat diakses dan digunakan oleh banyak orang melalui internet.

Jenis layanan hosting sangatlah beragam, mulai dari VPS, Shared Hosting, Dedicated Server, Cloud Hosting, hingga Managed WordPress. Exabytes Friends memerlukan pemahaman yang baik dan mumpuni guna memilih jenis layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan website. 

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang wajib diketahui sebelum kalian memutuskan untuk membeli Dedicated Server. Dimana VPS dan Dedicated Server sendiri sangat populer dan menjadi primadona di kalangan punggawa website saat ini. Sudah mulai penasaran? Yuk, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini! 

Apa Itu Dedicated Server?

sebelum membeli dedicated server, perhatikan hal ini
Dedicated Hosting menyediakan server secara pribadi untuk masing-masing penggunanya. (Sumber: ShutterStock)

Bagi Exabytes Friends yang baru pertama kali menyelami belantara dunia website, mungkin kalian penasaran dengan “apa itu Dedicated Server?”. Maka dari itu, berikut akan dijabarkan penjelasan sederhananya. 

Secara harfiah, Dedicated Server yaitu sebuah layanan hosting yang hanya digunakan untuk satu user saja. Sehingga ciri khusus dari Dedicated Server adalah memiliki uptime server andal serta memberi penggunanya keleluasaan untuk menggunakan segala fasilitas hosting secara pribadi. 

Kelebihan utama dari Dedicated Server adalah Exabytes Friends tidak perlu khawatir akan terjadi downtime dan error pada website akibat lonjakan trafik. Karena jenis hosting satu ini memiliki kapasitas bandwidth hingga 200Mbps dan penyimpanan data hingga 64GB.

Namun, untuk mengelola Dedicated Server, kalian diwajibkan memiliki pemahaman mendalam tentang segala seluk-beluk server, mulai dari proses konfigurasi, pemeliharaan, hingga backup data. Hal tersebut dikarenakan Dedicated Server memberikan akses dan kontrol penuh bagi penggunanya untuk mengatur server sendiri sesuai kebutuhan. 

Apabila Exabytes Friends memiliki alokasi biaya bulanan yang cukup banyak, memiliki keahlian tentang server, serta memerlukan website dengan performa sangat tinggi dan cepat, maka menggunakan Dedicated Server adalah pilihan mutlak yang sangat direkomendasikan. Karena itu, kamu perlu untuk membeli Dedicated Server segera.

Tetapi alangkah baiknya kamu bisa simak beberapa hal berikut ini sebelum menentukan dan membeli Dedicated Server.

10+ Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Dedicated Server

Agar dapat menghindari kesalahan memilih Dedicated Server, maka Exabytes Friends harus memahami beberapa hal tentang Dedicated Server sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli Dedicated Server.

Performa yang Dimiliki

performa - hal yang harus diperhatikan sebelum membeli dedicated server
Dedicated Server dapat dianalogikan sebagai sebuah kamar hotel yang disewakan. (Sumber: ShutterStock)

Performa website tentu saja menjadi prioritas andalan dan hal utama ketika ingin membeli Dedicated Server. Karena jika website memiliki performa yang andal serta kecepatan akses yang stabil, maka pengunjung pun cenderung merasa betah untuk terus berada pada halaman website

Karena ruang penyimpanan data dan server pada Dedicated Server hanya digunakan oleh satu pengguna saja, maka performa dari website cenderung lebih cepat, stabil, terkendali, aman, dan andal. So, kalian ingin memiliki website dengan kinerja dan performa sangat maksimal? Yuk, langsung saja mulai berlangganan Dedicated Server murah yang dapat dibeli melalui Exabytes. 

Memahami Waktu yang Tepat Untuk Menggunakan Dedicated Server

Ciri utama sebuah website yang membutuhkan server sehingga perlu membeli Dedicated Server adalah

  • Ketika lonjakan traffic pada website tersebut sudah mulai tinggi
  • Kapasitas data yang dibutuhkan mulai membesar
  • Menginginkan website yang dapat terus stabil digunakan selama 24 jam penuh
  • Serta membutuhkan keamanan yang terjamin dari spam dan hacking.
Baca Juga  New Normal Promo Juli

Jika telah memenuhi syarat di atas, maka sebaiknya kalian tak usah menunggu terlalu lama lagi untuk mulai mencoba Dedicated Server. Tak hanya mampu menjamin performa dan kecepatan website terus stabil, namun penggunaan Dedicated Server juga dapat membantu situs kalian dalam melakukan optimasi SEO hingga dapat menduduki peringkat atas SERP.

Selain itu, website yang sering mengalami downtime, error, lemot, sering terkena spam dan hacking, serta resource yang tidak mencukup juga diwajibkan untuk segera beralih menggunakan Dedicated Server.

Menentukan Biaya yang Harus Disiapkan Untuk Berlangganan

biaya - hal yang harus diperhatikan sebelum membeli dedicated server
Dedicated Server dapat dianalogikan sebagai sebuah kamar hotel yang disewakan. (Sumber: ShutterStock)

Pengelolaan uang yang baik dan benar sangat mempengaruhi keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang ke depannya. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum memutuskan untuk membeli Dedicated Server, kalian memahami terlebih dahulu harga yang biasanya ditawarkan untuk berlangganan layanan hosting ini.

Pada Dedicated Server, harga berlangganan yang ditawarkan per bulannya cenderung lebih mahal dibandingkan jenis hosting lainnya. Harga yang dibanderol untuk Dedicated Server mulai dari Rp1.000.000 per bulan. Namun harga tersebut sebenarnya sangat worth it mengingat berbagai kelengkapan fasilitas dan layanan yang ditawarkan.

Konfigurasi Server yang Digunakan

Sebelum memutuskan untuk membeli Dedicated Server, sebaiknya Exabytes Friends menggali informasi dan mempelajari terlebih dahulu mengenai konfigurasi servernya. Karena hal tersebut sangat dibutuhkan bagi kalian untuk menjalankan dan memantau proses berjalannya server.

Dedicated Server memiliki konfigurasi server, aplikasi, dan software yang kompleks serta cukup rumit. Sehingga dibutuhkan keahlian khusus untuk mengoperasikannya. Disarankan jika Exabytes Friends tidak memiliki keahlian sama sekali mengenai konfigurasi server untuk hosting, maka dapat mempekerjakan seorang teknisi website yang memang telah mengantongi pemahaman tentang server.

Akses dan Kontrol yang Dimiliki Oleh Pengguna 

Salah satu kelebihan utama dari Dedicated Hosting yang patut untuk dipertimbangkan adalah kebebasan dan fleksibilitas yang dimiliki pengguna dalam mengakses server. Karena layanan hosting pada Dedicated Server hanya digunakan oleh satu pengguna saja, maka user memiliki akses dan kontrol penuh.

Selain itu, melalui kelebihan ini, pengguna dari layanan Dedicated Server akan lebih mudah dan bebas dalam menentukan konfigurasi server sesuai dengan spesifikasi dan preferensi website yang dibutuhkan.

Dapat Menyimpan Data Website dalam Kapasitas Besar (Big Data)

10+ Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Dedicated Server - 2022
Kapasitas penyimpanan Dedicated Server dapat digunakan hingga untuk menyimpan Big Data. (Sumber: ShutterStock)

Apabila saat ini jenis website yang sedang kalian kelola adalah e-commerce atau website bisnis lain yang membutuhkan tempat penyimpanan data besar, maka sebaiknya kalian membeli Dedicated Server. 

Kelebihan Dedicated Server yang menarik selanjutnya adalah memiliki kapasitas penyimpanan data super besar untuk menunjang kebutuhan website dalam menampung segala dokumen dan data-data pribadi pengguna. Dedicated Server menyediakan fasilitas bandwidth hingga 200Mbps dengan tempat penyimpanan data antara 16GB hingga 64GB.

Dengan kapasitas bandwidth dan memory yang sangat besar tersebut, maka dapat dipastikan Exabytes Friends bebas menyimpan beragam file dan dokumen (mulai dari audio, video, teks, gambar, aplikasi, dan lainnya) tanpa takut mengganggu kestabilan performa website. 

Cara Kerja Dedicated Server

Sebelum tergerak untuk membeli Dedicated Server, sebaiknya Exabytes Friends mempelajari terlebih dahulu mengenai skema dan cara kerjanya. Hal tesebut diperhitungkan agar di kemudian hari ketika menjalankan server website, kalian dapat memantau dan melakukan pemeliharaan secara mandiri. 

Prinsip kerja Dedicated Server sering dikaitkan dengan Colocation Server. Dimana kedua layanan tersebut sama-sama menyewa space hardware di Data Center untuk menampung data dan file pengguna mereka. Namun karena Dedicated Server menyediakan satu space hanya untuk satu pengguna saja, maka kapasitas data dan memory yang didapatkan oleh pengguna semakin besar dan leluasa.

Sehingga pada intinya, layanan server dari Dedicated Hosting memberi kebebasan dan fleksibilits bagi penggunanya untuk mengatur dan melakukan kustomisasi server sendiri. Namun karena hardware server adalah menyewa dari Data Center, maka jika terjadi sesuatu dengan Data Center, website yang kalian jalankan dapat terkena imbasnya.

Dapat Digunakan Pada Sistem Operasi Apa pun

Agar Exabytes Friends dapat merasa nyaman ketika menjalankan website, maka kalian harus mempertimbangkan kecocokan sistem operasi yang kalian gunakan dengan yang disediakan oleh layanan hosting. Karena terdapat beberapa jenis hosting yang hanya dapat digunakan pada salah satu sistem operasi saja (seperti Shared Hosting dan Managed WordPress).

Sebaiknya Exabytes Friends memilih jenis hosting yang bisa digunakan dan bekerja optimal pada jenis sistem operasi apa pun. Saat ini sistem operasi yang sering digunakan pada jaringan internet adalah Mac (dengan MacOS), Internet PC (dengan Windows), Mini HP (dengan UNIX), serta PC lainnya (dengan Linux). 

Baca Juga  Mengenal Dedicated Server: Pengertian, Kelebihan dan Cara Kerjanya

Nah, untuk Dedicated Server sendiri dapat bekerja secara maksimal dan stabil pada jenis sistem operasi apa pun. Sehingga pelanggan akan memiliki kebebasan dan kuasa penuh terhadap pemilihan sistem operasi, hardware, jenis konfigurasi, dan lainnya jika menggunakan Dedicated Server. 

Cara Memilih Dedicated Server yang Tepat 

Sebaiknya Exabytes Friends memahami lima aspek penting yang perlu diketahui dalam memilih layanan hosting Dedicated Server sebelum memutuskan untuk membelinya. Hal tersebut dibutuhkan agar kalian tidak salah memilih hingga akhirnya hanya membuang biaya secara percuma pada penyedia jasa hosting abal-abal.

Kelima aspek penting tersebut yaitu:

  • Memastikan penyedia jasa hosting Dedicated Server memiliki spesifikasi server yang memadai (mengimplementasikan teknologi Cloud dan mendukung cPanel).
  • Menyediakan kapasitas memory dan RAM yang cukup besar (minimal 16GB).
  • Memberikan jaminan keamanan dari sisi hardware dan software.
  • Menawarkan harga terbaik (tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal).
  • Siap memberikan support dan dukungan teknis setiap saat (layanan customer service yang selalu siaga).

Layanan dan Fasilitas yang Disediakan

Ibarat sebuah peribahasa yang sering digaungkan yaitu “Don’t Judge a Book by Its Cover” yang memiliki makna bahwa kita sebaiknya tidak menilai sesuatu hanya dari sisi luarnya saja. Maka, Exabytes Friends jangan hanya sekadar mengetahui permukaan luar dari Dedicated Server saja jika ingin memutuskan untuk menggunakannya. Tetapi sebaiknya coba cari tau secara mendalam mengenai fungsi dan fasilitas yang dimiliki oleh Dedicated Server.

Pada umumnya, layanan hosting Dedicated Server menyediakan berbagai fasilitas seperti uptime server 99.9%, tim support teknis 24 jam penuh, garansi penggantian hardware, Single Intel Xeon E3, SSD, SSL/HTTPS, bandwidth 200Mbps, 2 Dedicated IP, memory 16GB – 64GB, backup data, dab berbagai fasilitas lainnya.

Kegunaan Dedicated Server

10+ Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Dedicated Server - 2022
Kegunaan Dedicated Server merupakan aspek penting yang wajib diperhatikan ketika memilih layanan hosting. (Sumber: iStock Photo)

Nah, hal yang paling wajib diketahui sebelum membeli Dedicated Server adalah memahami fungsi dan kegunaan yang ditawarkan. Karena dengan memahami kegunaan Dedicated Server, maka Exabytes Friends dapat menerka-nerka apakah kegunaannya telah sesuai dengan fungsionalitas serta spesifikasi website yang kalian harapkan. 

Beberapa kegunaan utama dari layanan hosting satu ini adalah meningkatkan optimasi SEO, memastikan kecepatan dan kinerja website tetap stabil, menghindarkan website dari terjadinya downtime dan error, meningkatkan bandwidth, serta meningkatkan kontrol dan fleksibilitas server.

Sudah Siapkan Kalian Beralih pada Dedicated Server?

Dedicated Server adalah sebuah layanan hosting yang khusus digunakan untuk satu user saja. Sehingga ciri khusus dari Dedicated Server yaitu memiliki uptime server andal serta memberikan penggunanya keleluasaan untuk menggunakan segala fasilitas hosting secara pribadi. 

Kelebihan utama dari Dedicated Server adalah Exabytes Friends tidak perlu khawatir akan terjadi downtime dan error pada website akibat lonjakan trafik. Nah, apabila website yang kalian kelola saat ini merupakan website e-commerce dengan trafik tinggi serta kebutuhan resource data yang besar, maka sebaiknya kalian segera menggunakan Dedicated Server.

Eitss tapi tunggu dulu. Jangan terburu-buru membeli layanan hosting satu ini. Exabytes Friends tetap harus memahami beberapa aspek penting mengenai Dedicated Server agar tak salah pilih. 

Hal wajib yang perlu diketahui mengenai Dedicated Server adalah performa yang dimiliki, biaya yang harus dipersiapkan, konfigurasi server yang digunakan, Akses dan Kontrol yang Dimiliki Oleh Pengguna, kapasitas penyimpanan data, serta cara kerjanya. 

Selain itu, yang tak kalah penting kalian juga wajib memahami Cara Memilih Dedicated Server yang Tepat, sistem operasi yang didukung, Layanan dan Fasilitas yang Disediakan, serta kegunaannya.

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai hal yang wajib diketahui sebelum membeli Dedicated Server. Semoga bermanfaat, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. 

Bagi Exabytes Friends yang belum tahu, Exabytes saat ini menyediakan berbagai jenis layanan hosting server Indonesia, loh! Layanan hosting Exabytes cukup terjangkau, sangat andal, keamanan terjamin, premium, terpercaya, hingga memiliki garansi 100 hari uang kembali. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi kalian sebagai alasan menggunakan hosting Exabytes. 

Jangan lupa pula untuk subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments