Bagi mereka yang bekerja di bagian pemasaran atau branding, open rate mungkin menjadi istilah yang sering didengar. Sebenarnya, istilah tersebut merupakan teknik marketing secara digital. Open rate email menjadi hal yang penting untuk dikuasai bagi mereka yang melakukan promosi dan marketing melalui email.
Apa sebenarnya open rate email dan bagaimana cara meningkatkannya? Dengan meningkatkan open rate email, kamu memiliki potensi yang lebih untuk meningkatkan kualitas serta pelanggan bisnis yang dikelola.
Jika penasaran, yuk cari tahu bersama melalui artikel satu ini!
Daftar Isi
Apa Itu Open Rate?
Open rate merupakan salah satu indikator keberhasilan promosi atau pemasaran bisnis. Promotor atau marketer bisa memantau efektifitas teknik pemasaran yang digunakan melalui indikator satu ini.
Apabila open rate rendah, maka kamu harus mengganti teknik yang digunakan. Ada banyak teknik pemasaran digital, di mana salah satunya adalah mengirimkan promosi dan pemberitahuan melalui email.
Untuk melakukan marketing melalui email, kamu bisa mengambil cara yang paling mudah yaitu dengan memilih produk email marketing Indonesia sehingga akan lebih efektif dan efisien.
Mengapa Open Rate Email Penting?
Saat menjalankan pemasaran melalui email, open rate email tentunya menjadi sangat penting karena nantinya akan digunakan sebagai indikator keberhasilan marketing itu sendiri. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya open rate pada email.
Mengetahui Performa Teknik Marketing
Kamu bisa mengetahui kesuksesan performa pemasaran yang dijalankan. Bagaimana bisa? Open rate email akan menghitung berapa banyak email yang dibuka oleh customer atau target marketing. Apabila performa tersebut belum maksimal, besar kemungkinan kamu harus menggunakan teknik lain.
Sebelum memilih menggunakan email sebagai sarana digital marketing, akan lebih baik jika terlebih dahulu mengetahui apa saja keunggulan email marketing.
Menjadi Penentu Topik yang Paling Disukai Pelanggan
Ada banyak pilihan topik yang bisa kamu gunakan untuk email marketing. Apakah tentang diskon atau apa yang terbaru dari brand milikmu. Melalui open rate email, kamu bisa melihat topik mana saja yang disukai oleh calon pelanggan maupun pelanggan setia.
Agar hasil marketing melalui email lebih maksimal, kenali jenis email marketing sehingga kamu bisa memilih yang paling tepat sesuai kebutuhan pemasaran saat ini.
Menghitung Subscriber yang Tertarik dengan Email
Alasan lain dibalik pentingnya open rate email adalah bahwa kamu bisa menghitung subscriber yang tertarik dengan email yang kamu kirimkan kepada mereka. Open rate sangat kamu butuhkan dalam langkah pertama strategi marketing.
Open rate dan click through rate merupakan indikator yang masuk ke dalam sales funnel. Sales funnel merupakan skema atau saluran penjualan yang harus ditentukan agar bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan. Pada sales funnel inilah seseorang akan menjadi pelanggan tetap atau tidak.
Cara Meningkatkan Open Rate
Setelah mengetahui betapa pentingnya open rate email untuk pemasaran digital yang kamu lakukan menggunakan media email, kini saatnya untuk menemukan cara tepat untuk meningkatkan open rate tersebut.
Terdapat banyak cara yang bisa kamu lakukan agar open rate meningkat. Akan tetapi, kamu harus memastikan bahwa cara tersebut benar-benar akan bekerja dengan maksimal sehingga hasilnya pun akan sesuai dengan harapan atau ekspektasi yang sudah ditentukan.
Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam meningkatkan open rate email.
Email Hosting: Solusi Profesional untuk Komunikasi
Dapatkan Alamat Email dengan Cara yang Benar
Mendapatkan email calon pelanggan adalah hal fundamental dalam menjalankan email marketing. Salah satu cara untuk mendapatkan email adalah menggunakan tool seperti scrapping yang memungkinkan kamu mendapatkan hingga ribuan email dalam hitungan menit.
Namun, kamu harus mempertimbangkan apakah cara tersebut benar atau tidak. Bagaimana pun juga, hal tersebut akan berdampak pada bisnis kamu. Di mana subscriber akan respek dan loyal jika kamu mendapatkan email mereka dengan cara yang benar sehingga brand atau bisnis kamu akan semakin dikenal.
Ini menjadi kekuatan email marketing yang tidak dimiliki oleh channel marketing lainnya.
Dapatkan Nama Domain yang Tepat
Sudah punya domain? Pemilihan nama domain yang tepat sangat diperlukan karena akan membuat email bisnis kamu terlihat lebih profesional. Ini juga bisa membantu menghindari email masuk folder spam penerima email marketing.
Kamu bisa memilih ekstensi domain yang unik dan membuat email kamu berbeda dari yang lain.
Buat Judul Email Semenarik Mungkin
Penulisan judul email atau subject lines dapat memengaruhi open rate email apakah akan meningkatkan atau menurunkan rate tersebut. Pastikan kamu membuat judul yang tidak hanya jelas tetapi juga menarik sehingga penerima email akan tertarik untuk membacanya.
Tidak ada salahnya dan bahkan sangat dianjurkan untuk mempelajari cara menulis judul yang baik agar bisa meningkatkan strategi marketing open rate email.
Lakukan Email Blast Secara Tepat
Email blast adalah istilah yang ada dan berfungsi saat mengirim email di waktu bersamaan. Perusahaan-perusahaan besar sering menggunakannya saat melakukan marketing, terlebih jika mereka sudah memiliki pelanggan aktif maupun tidak aktif yang ada pada database sistem.
Mengirimkan email blast juga harus dilakukan dengan teknik dan cara yang tepat. Akan lebih baik untuk tidak menggunakan platform email biasa. Kamu akan mengirimkan email dalam jumlah cukup besar. Jadi, kamu harus memilih platform email blast yang bahkan bisa membantu mencari keyword yang tepat.
Buat Preheader yang Menarik
Judul merupakan kalimat yang mengandung topik pembicaraan pada email marketing. Sementara preheader adalah tagline atau baris yang lebih spesifik serta menarik daripada judul.
Tuliskan preheader sedetail mungkin namun pastikan tidak membuka semua topik email yang akan kamu kirim. Penggunaan preheader akan membantu meningkatkan performa indikator open rate email.
Hindari Penggunaan Kata yang Berpotensi Spamming
Membuat konten untuk kebutuhan email marketing memang susah susah gampang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik termasuk penggunaan kata. Kamu harus menghindari kata yang berpotensi spamming.
Tentu saja kamu harus memastikan bahwa promosi melalui email tidak akan terdeteksi sebagai email spam agar email bisa terlihat dan dibaca pelanggan atau subscriber. Beberapa kata spamming adalah gratis, tanpa biaya, dan harga terendah.
Selain itu, kamu juga harus memeriksa kembali penulisan email dan pastikan kamu tidak menggunakan huruf kapital semua. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menghindari penggunaan simbol yang tidak berguna seperti tanda tanya, tanda seru, atau persen secara berturut-turut.
Agar email tidak terdeteksi sebagai spam, masukkan tombol Unsubscribe di bagian atas email. Ini juga akan sekaligus membantu mengetahui apakah calon pelanggan akan memproses iklan kamu atau tidak.
Tulis Isi Email Dengan Baik
Setiap strategi marketing dan iklan harus mengandung kata-kata persuasif agar orang-orang penasaran dengan apa yang kamu tawarkan, bukan? Untuk hal itu, penempatan kata-kata dan tulisan sangat diperlukan.
Agar bisa menulis isi email dengan baik, dibutuhkan kemampuan copywriting yang bisa mengajak orang untuk membaca secara lanjut.
Lakukan Segmentasi Pelanggan
Kamu juga bisa meningkatkan open rate email dengan melakukan segmentasi pelanggan. Buatlah daftar segmentasi khusus sehingga kamu bisa memilah dan memilih pelanggan untuk mendapatkan email-email tertentu.
Ada beberapa kriteria yang bisa digunakan untuk mengelompokkan pelanggan atau penerima email, seperti:
- Pekerjaan pelanggan
- Lokasi tempat tinggal
- Minat atau ketertarikan pelanggan
- Industri yang mereka jalani
- Tanggal berlangganan terhadap brand kamu
- Jenis kelamin
- Usia
- Sejarah pembelian brand kamu
Dengan menggunakan data segmentasi pelanggan, kamu bisa mengelompokkan mereka berdasarkan data tersebut. Sehingga akan lebih mudah untuk menentukan promosi atau strategi marketing apa yang paling sesuai.
Lakukan Pembersihan List Email
Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan open rate email adalah melakukan pembersihan list email. Tidak menutup kemungkinan ada beberapa orang yang tidak membuka email dari kamu.
Jika hal tersebut terus-terusan terjadi sedangkan kapasitas kontak email marketing kamu terbatas, kamu harus membersihkan list email.
Hal ini bertujuan untuk menjaga list email tetap berkualitas. Pantau siapa saja yang tidak membuka email kamu dalam kurun waktu tertentu, misalnya selama satu minggu. Dengan begitu, daftar email kamu selalu terisi oleh orang-orang yang selalu membuka email.
Meski sudah tahu cara tepat untuk meningkatkan open rate email yang tepat, tidak ada salahnya jika kamu juga memanfaatkan email marketing tools yang juga bisa sangat membantu.
Berapa Open Rate Email yang Bagus?
Open rate email merupakan indikator yang saling melengkapi dengan indikator lainnya seperti click through. Kesuksesan dapat kamu tandai ketika pelanggan membuka email. Rate tersebut berkisar antara 15 persen hingga 30 persen dari total keseluruhan email yang terkirim.
Email yang mempunyai open rate yang tinggi biasanya adalah email yang memang ditunggu oleh para pelanggan.
Kesimpulan
Sudah tahu kan seperti apa pentingnya open rate email yang menjadi salah satu indikator keberhasilan marketing yang dijalankan? Dengan demikian, kamu harus mempersiapkan email marketing dengan baik terlebih dengan mengetahui beberapa cara untuk meningkatkan open rate email.
Apabila masih ragu untuk melakukan pemasaran brand atau produk melalui email sendiri, mungkin kamu butuh jasa digital marketing yang berfokus pada pemasaran digital melalui email.
Jika demikian, segera hubungi Exabytes sekarang agar lebih cepat mendapatkan hasil dari pemasaran digital yang sudah kamu susun dan rencanakan dengan matang!