Apa Beda VPS Hosting dan cPanel? Yuk Simak!

0
1143

Bagi yang memiliki rencana untuk membangun situs untuk bisnis online, pastikan sudah tahu kalau hosting memiliki peran penting. Oleh sebab itu, penting untuk memilih layanan hosting yang tepat.

Saat ini, tersedia berbagai jenis layanan hosting. Jadi, pebisnis online bisa memilih hosting berdasarkan kebutuhan masing-masing. Pernah mendengar istilah VPS hosting dan cPanel? Kedua jenis hosting tersebut menawarkan fungsi dan kelebihan masing-masing.

Tentunya, ada perbedaan antara keduanya yang perlu dipahami sebelum memutuskan untuk memilih layanan hosting tertentu. Ingin tahu apa beda VPS hosting dan cPanel? Yuk simak artikel ini bersama dengan Exabytes friends lainnya!

Apa Itu VPS Hosting?

apa itu VPS hosting
Sumber: flickr

Untuk bisa melihat perbedaan VPS hosting dan cPanel hosting, tentu saja kamu harus mengenali dan memahami apa pengertian dari masing-masing. Apabila ingin menyimpan data dengan skala besar saat membangun situs web, VPS merupakan pilihan layanan hosting yang tepat.

Jadi, apa itu VPS hosting? VPS itu sendiri merupakan singkatan dari Virtual Private Server, yaitu web hosting dengan server virtual. Jadi, untuk menyimpan data situs web dan sumber daya yang diperlukannya, kamu akan menggunakan server virtual.

Server dari VPS hosting memungkinkan pengguna untuk bisa memanfaatkan semua resource yang tersedia, mulai dari memori, penyimpanan, bandwidth, hingga CPU tanpa harus berbagai dengan pengguna lain. Ya, hal ini dikarenakan kamu menggunakan VPS hosting, bukan shared hosting.

Meskipun VPS bisa digunakan oleh banyak pengguna, tetapi masing-masing akan menggunakan server virtual secara terpisah. Sebagai gambaran, kamu bisa memperhatikan bagaimana sebuah apartemen memiliki banyak kamar dan penghuni. Setiap kamar diisi oleh penghuni tertentu, baik sendiri maupun bersama keluarga.

Dengan begitu, fasilitas di masing-masing kamar hanya akan digunakan oleh penghuni atau pemilik kamar tersebut. Begitu pula VPS hosting yang tentunya sesuai dengan kebutuhan akan layanan hosting saat kamu mulai membuat situs web.

Fitur VPS Hosting

Berikut adalah beberapa fitur yang tersedia bagi para pengguna VPS Hosting:

  • Sistem operasi
  • Konfigurasi server
  • Mengelola akses
  • Menambahkan aplikasi
  • Mengatur backup
  • Performa

Fungsi VPS Hosting

Eits, sebelum mengenal lebih jauh apa beda VPS hosting dan cPanel, coba cari tahu dahulu apa saja fungsi dari layanan hosting ini. Ternyata, VPS hosting memiliki fungsi yang tidak hanya terbatas untuk kebutuhan web hosting saja. Berikut adalah beberapa fungsi dari VPS hosting:

Server Untuk Remote Desktop

Salah satu fungsi dari VPS hosting adalah sebagai remote yang bisa kamu manfaatkan untuk dapat mengoperasikan perangkat komputer menggunakan jaringan internet. Itu artinya, kamu bisa mengoperasikan perangkat tersebut meski sedang berada di tempat yang berbeda dari perangkat yang akan dioperasikan. 

Dengan begitu, akses terhadap dekstop tidak terkendala waktu dan jarak.

Membuat VPN

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, yaitu layanan jaringan virtual yang akan melindungi privasi pengguna saat mereka online di internet. Nah, jaringan tersebut ternyata bisa dibuat melalui VPS. Alhasil, kamu akan memiliki jalur koneksi yang bersifat pribadi.

Hosting Aplikasi

Tidak sedikit pengembang yang menggunakan VPS sebagai hosting aplikasi yang mereka kembangkan untuk berbagai perangkat, bahkan aplikasi berbasis web. Bagaimana bisa? VPS hosting menawarkan sumber daya yang besar dan spesifikasi hardware yang mendukung. 

Menjadi Backup Server

Saat memilih hosting murah, apakah kamu juga memperhatikan pentingnya mendapatkan layanan backup data? Karena kali ini lebih fokus untuk memilih VPS hosting, kamu bisa menjadikannya sebagai backup dari server.

Dengan demikian, tidak akan ada lagi kekhawatiran akan hilangnya data-data penting saat server mengalami masalah. Dengan enkripsi yang kuat, data yang tersimpan akan terlindungi, jadi tidak rentan terhadap risiko kejahatan siber.

Apa Itu cPanel Hosting?

mengenal cPanel hosting
Sumber: flickr

Jika sebelumnya sudah dibahas tentang VPS hosting, lantas apa itu cPanel hosting? Singkatnya, cPanel bisa diartikan sebagai panek kontrol yang memudahkan pengguna hosting dalam beraktivitas saat mengelola situs maupun server.

cPanel hadir dengan beragam manfaat, seperti memberikan kemudahan dalam mengelola file situs web dan domain, mengelola pengaturan email, mengatur keamanan, memasang berbagai software, membuat dan mengelola database, melakukan backup, dan lainnya.

Fitur-fitur cPanel Hosting

Untuk memberikan kemudahan dan pengalaman terbaik dalam menggunakan cPanel hosting, tersedia beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan dan gunakan sesuai kebutuhan, yaitu:

  • File manager
  • Site publisher
  • Penggunaan ruang penyimpanan
  • Bandwidth
  • Backup data
  • FTP accounts
  • TP session control
  • Remote MySQL

Fungsi cPanel Hosting

Seperti halnya layanan hosting lain, cPanel hosting juga memiliki berbagai fungsi penting, yaitu:

  • Melakukan backup file situs web
  • Mengelola file situs web dengan mudah
  • Mengatur software yang dipasang di situs web
  • Membantu dalam hal pengaturan konfigurasi PHP dan database
  • Memudahkan dalam memasang software CMS, misalnya WordPress atau Joomla
  • Mengelola domain dan subdomain
  • Mengatur password dan keamanan website
  • Melakukan analisis statistik metrik
  • Mengelola database dan email

Perbandingan VPS Hosting dan cPanel Hosting

apa beda VPS hosting dan cPanel
Sumber: flickr

Jadi, bagaimana bisa mengetahui perbedaan VPS hosting dan cPanel hosting? Ada beberapa hal yang membedakan antara keduanya jika dilihat dari berbagai hal.

Perbedaan Mendasar Antara VPS Hosting dan cPanel Hosting

Masih bertanya apa beda VPS hosting dan cPanel? Mari kita lihat perbedaan mendasar antara keduanya, yang terletak pada fungsinya. Seperti yang kita tahu kalau VPS hosting menggunakan server virtual dengan sumber daya yang bisa digunakan oleh masing-masing pengguna.

Sementara cPanel merupakan salah satu jenis kontrol panel untuk mengelola situs web dan hosting. Jika VPS hosting umumnya disediakan oleh penyedia hosting, lain halnya dengan cPanel hosting yang dipasang pada server. Hal tersebut bisa dilakukan oleh pengguna cPanel maupun penyedia layanan hosting.

Perbedaan lain juga bisa dilihat dari akses kontrol terhadap server. VPS hosting menawarkan kontrol penuh atas server yang mereka gunakan, sementara pengguna cPanel memiliki kontrol yang terbatas atas penggunaan server.

Kelebihan dan Kekurangan VPS Hosting

Lebih tertarik untuk menggunakan VPS hosting dibandingkan dengan cPanel hosting? Mungkin kelebihan dan kekurangan VPS hosting menjadi pertimbangan dalam membuat keputusan tersebut.

Kelebihan Kekurangan
Cepat dan andal Biaya tergolong mahal
Adanya jaminan resource server termasuk memori dan processing power Perlu pemahaman teknis dalam mengelola server
Website tidak terpengaruh masalah yang terjadi pada situs web pengguna lain Rentan terhadap risiko keamanan apabila terjadi kesalahan dalam pengaturan server
Akses root ke server  
Privasi terjamin karena server tidak bisa diakses oleh pengguna lain  
Menawarkan upgrade resource pada server, termasuk ruang penyimpanan, bandwidth, dan lainnya  

Kapan Harus Memilih VPS Hosting atau cPanel Hosting

Dengan melihat apa beda VPS hosting dan cPanel, bisa menyimpulkan kapan harus memilih VPS hosting atau cPanel hosting? Biasanya, pengguna mulai memilih VPS hosting apabila paket layanan hosting sebelumnya sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan situs web.

Kamu bisa memilih VPS hosting dari awal apabila tujuan dari pembuatan website adalah untuk situs web e-commerce. Situs web tersebut memerlukan pengaturan metode pembayaran dan hanya bisa dilakukan dengan menggunakan VPS hosting.

Penggunaan VPS hosting juga akan meminimalisir risiko terjadinya celah keamanan.

Apabila kamu menggunakan cPanel sebagai pilihan control panel untuk mengelola web hosting, cPanel hosting adalah pilihan tepat. Sayangnya, layanan hosting ini harus terlebih dahulu diinstal pada server yang digunakan baik dengan maupun tanpa bantuan dari penyedia layanan hosting.

cPanel hosting juga cocok bagi mereka yang perlu melakukan pengelolaan email website untuk kebutuhan bisnis.

Kesimpulan

VPS hosting menjadi pilihan bagi situs web dengan trafik sedang hingga tinggi karena adanya kebutuhan akan sumber daya yang tinggi. Website e-commerce yang harus mengatur metode pembayaran juga menggunakan layanan hosting ini.

Dengan VPS hosting, pengguna memiliki akses server sehingga bisa mengelolanya sendiri. Sementara pengguna cPanel hosting memiliki akses ke server yang terbatas. Meski demikian, cPanel hosting juga bisa menjadi pilihan tepat dengan menyesuaikan kebutuhan hosting.

Meski sudah mengetahui apa beda VPS hosting dan cPanel, apakah kamu tetap pada pilihanmu, yaitu memilih hosting murah?
Exabytes merupakan penyedia hosting yang sudah mendapatkan sertifikat ISO 27001. Jadi, terlepas dari apapun layanan hosting yang akan kamu pilih, percayakan saja pada Exabytes.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments