CentOS vs Ubuntu: Manakah yang Paling Aman, Mudah, dan Stabil Digunakan?

0
205

Agar bisa menunjang kinerja website, banyak orang yang mengeluarkan uang untuk membeli layanan Virtual Private Server alias VPS. VPS menjadi instrumen penting bagi mereka yang sangat memperhatikan performa website.

Umumnya VPS memiliki beberapa tipe sistem operasi yakni Windows dan Linux. Dari beberapa tipe tersebut, Linux banyak dipilih karena memiliki banyak varian. Bahkan banyak orang yang membutuhkan waktu lama untuk menentukan VPS Linux mana yang diinginkan.

Dari sekian banyak Linux, CentOS vs Ubuntu masih menjadi pilihan utama yang selalu dipertimbangkan. Banyak pengguna yang kerap membandingkan manakah yang lebih unggul dari keduanya.

Baik pemula maupun profesional masih sering mengulik apa perbedaan dari keduanya. Untuk itu, berikut ini akan diulas mengenai perbedaan keduanya mulai dari pengertian, perbedaan, hingga perbandingannya.

Apa Itu CentOS dan Ubuntu?

centos vs ubuntu

Sebelum membandingkan lebih jauh terkait kedua linux ini, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tentang apa CentOS dan Ubuntu itu sendiri.

CentOS merupakan Linux yang dikembangkan berdasarkan Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Saking miripnya, banyak orang yang beranggapan bahwa CentOS adalah koning dari RHEL.

Distro Linux ini tersedia secara open source yang cocok digunakan untuk skala perusahaan (enterprise). Reputasinya sangat bagus karena dikembangkan berbasis RHEL yang terkenal karena keunggulan performanya.

Berbeda dengan CentOS, Ubuntu justru lebih populer digunakan oleh individu atau orang – orang yang ahli dibidangnya. Kedua OS ini sama – sama dirilis tahun 2004 dengan segmentasi pengguna yang berbeda.

Memiliki sifat open source dan mendapatkan update secara berkala untuk mengatasi permasalahan seperti bug dan lain sebagainya. 

Ubuntu dikembangkan oleh Cannonical Ltd dengan berdasar pada Debian Linux. Ada beberapa jenis Ubuntu yang telah dikenal secara luas yakni versi server, core, dan desktop.

Menariknya, sistem operasi Ubuntu dikonfirmasi dapat dikustomisasi dari interface grafis ke paket server web dan jaminan keamanan berkualitas.

Apa Perbedaan Utama Antara CentOS dan Ubuntu?

CentOS vs Ubuntu: Manakah yang Paling Aman, Mudah, dan Stabil Digunakan? - 2024

Dari bahasan sebelumnya dapat diketahui salah satu hal utama yang membedakan antara CentOS vs Ubuntu adalah dari segi arsitektur linux yang menjadi dasar pengembangannya. Diketahui bahwa CentOS dikembangkan berbasis RHEL sedangkan Ubuntu berbasis Debian.

Selain itu berikut ini ada beberapa perbedaan utama lainnya antara CentOS dengan Ubuntu yang perlu untuk diketahui.

Jumlah Software yang Tersedia

Diketahui jumlah software yang ditawarkan dari kedua sistem operasi linux ini berbeda. Repository CentOS hanya menawarkan beberapa software aplikasi saja, sedangkan Ubuntu menawarkan lebih dari 40 ribu software.

Pembaruan

Dari segi pembaruan, Ubuntu jauh lebih diunggulkan karena menghadirkan sistem pembaruan berkala. Paling tidak setiap 6 bulan sekali selalu ada pembaruan versi terbaru.

Sedangkan CentOS jarang terjadi pembaruan. Hal inilah yang membuat CentOS sangat minim fiturnya. Namun jika pengguna ingin menginstal software, bisa menggunakan pihak ketiga secara manual.

Support cPanel

Hal yang paling dapat diidentifikasi dari CentOS vs Ubuntu adalah dukungan dari cPanel. Perlu diketahui bahwa Ubuntu tidak mendukung akses cPanel yang membuatnya jarang dipilih oleh pengguna.

Sedangkan CentOS mendukung cPanel atau Web Hosting Manager (WHM) yang memungkinkan pengguna bisa memetakkan resource ke beberapa server hosting.

Package Manager

Karena dikembangkan dengan basis sistem operasi yang berbeda, maka paket software manajemennya dapat dipastikan berbeda. 

CentOS menggunakan Redhat Package Manager (RPM) yang hanya bisa digunakan untuk mengunduh melalui Yellowdog Update Manager (YUM). Di sisi lain Ubuntu memiliki Advance Package Tool (APT) sebagai software manager. 

Keamanan dan Stabilitas

CentOS lebih dipercaya keamanan dan stabilitasnya daripada Ubuntu karena sangat jarang terjadi pembaruan. Intensitas pembaruan yang jarang mendorong pengembang untuk lebih detail dan teliti dalam mengembangkannya.

Meski demikian bukan berarti Ubuntu tidak aman dan stabil. Hanya saja ketika terjadi pembaruan, otomatis membutuhkan konfigurasi tambahan untuk meningkatkan performanya.

Sistem Operasi Mana yang Lebih Stabil?

CentOS vs Ubuntu: Manakah yang Paling Aman, Mudah, dan Stabil Digunakan? - 2024

Secara umum sangat sulit untuk membandingkan stabilitas CentOS vs Ubuntu. Sebab keduanya memiliki sistem yang sama unggulnya. 

Namun beberapa sumber mengklaim bahwa CentOS dipercaya sebagai distro linux yang paling stabil. Hal itu tidak terlepas dari frekuensi pembaruannya yang sangat jarang terjadi. 

Pembaruan berkala yang ada pada Ubuntu seringkali dianggap sebagai penyebab ketidakstabilannya. Untuk menyeimbangkan itu, perlu adanya konfigurasi tambahan atau dukungan lain agar performa lebih stabil.

Di samping itu banyak pula yang menganggap di beberapa bagian Ubuntu terkadang bisa unggul dari CentOS.

Sistem Operasi Mana yang Lebih Mudah Digunakan, Apakah CentOS vs Ubuntu?

CentOS vs Ubuntu: Manakah yang Paling Aman, Mudah, dan Stabil Digunakan? - 2024

Membandingkan CentOS vs Ubuntu tidak akan terlepas dari penggunaannya. Hal inilah yang membuat orang sedikit kesulitan mempertimbangkan antara keduanya.

Jika berbicara soal kemudahan penggunaan, banyak yang sepakat Ubuntu jauh lebih unggul. Hal itu karena pengembang berusaha menciptakan sistem interface yang user friendly. Memiliki fungsi pencarian praktis membuat pengguna baru dapat dengan mudah menggunakannya.

Dukungan komunitas dan pembaruan rutin memudahkan pengguna dalam mengelola semua yang berkaitan dengan server.

Sementara itu, CentOS umumnya diperuntukkan bagi para pengguna yang telah ahli dibidangnya. Pengguna yang sudah berpengalaman biasanya akan langsung nyaman menggunakan CentOS.

Salah satu hal yang membuat level penggunaan CentOS lebih tinggi dibandingkan dengan Ubuntu adalah karena pengguna harus memahami hal – hal teknis penggunaan yang terbilang cukup rumit.

Selain itu CentOS tidak memiliki banyak bantuan sehingga pengguna perlu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi secara mandiri. Sedangkan Untuk memiliki banyak bantuan dari komunitas baik tutorial penggunaan maupun penggunaan secara gratis.

Sistem Operasi Mana yang Lebih Aman?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pembaruan yang berkala menunjukkan bahwa adanya konfigurasi tambahan untuk memperkuat suatu sistem operasi. Di sisi lain ini juga menandakan adanya peningkatkan untuk mengatasi berbagai masalah keamanan.

Itulah sebabnya Ubuntu diklaim tidak lebih baik soal keamanan dibandingkan dengan CentOS. Meskipun pembaruan secara berkala dapat meningkatkan performa dari sistem operasi Ubuntu baik dari fitur maupun kinerja.

Di sisi lain, CentOS jauh dianggap sebagai sistem operasi linux yang aman karena jarang terjadi pembaruan. Karena jarang terjadi pembaruan, pengembang tentu akan mengusahakan untuk mengembangkan sistem operasi dengan lebih teliti dan detail agar tidak cacat.

Terlebih lagi sistem operasi linux ini diperuntukkan untuk skala bisnis enterprise alias perusahaan.

Apa Persyaratan Minimum untuk Menjalankan CentOS dan Ubuntu?

CentOS vs Ubuntu juga dapat dibandingkan berdasarkan spesifikasi minimum yang digunakan. Hal ini agar sistem operasi Linux dapat bekerja dengan lebih maksimal dan minim terjadi kesalahan.

Perlu dipahami bahwa penggunaan Linux tidak akan terlepas dari perangkat yang digunakan. Oleh sebab itu penting bagi para pengguna untuk memperhatikan syarat minimum setiap sistem operasi.

Jika ingin menggunakan CentOS, pengguna harus menyiapkan perangkat dengan spesifikasi minimal berprosesor 64-bit dengan kecepatan 800Mhz. Selain itu pastikan untuk memiliki lebih dari 10 GB ruang penyimpanan kosong dan RAM 1GB.

Setiap versi CentOS memiliki spesifikasi minimal yang berbeda – beda. Semakin baru versi CentOS, maka syarat minimalnya juga akan semakin tinggi. Misalnya untuk menginstal CentOS 8 pengguna membutuhkan perangkat dengan RAM 2GB dan penyimpanan 20GB.

Namun apabila pengguna ingin menginstal Ubuntu, maka spesifikasi minimal pada perangkat harus memiliki Prosesor dual core 2 GHz, 4 GB RAM, dan penyimpanan 25 GB.

Agar performa tidak terganggu, sebaiknya pengguna menyiapkan perangkat lebih tinggi dari standar minimalnya.

VPS Linux Dapat Memberikan Performa yang Dibutuhkan Website

Setiap pengelola website pasti ingin website mereka memiliki performa yang terbaik. Tak heran jika banyak yang memilih VPS Linux sebagai instrumen yang dipilih.

Dari sekian banyak sistem operasi Linux, CentOS dan Ubuntu sering menjadi pilihan bagi para pengelola website. Selain familiar, keduanya menawarkan performa yang dibutuhkan oleh sebuah website.

Tak mudah memilih sistem operasi Linux mana yang cocok digunakan. Ada banyak pertimbangan dan perbandingan yang perlu dilakukan. Tak heran jika banyak yang membandingkan performa dari CentOS vs Ubuntu.

Secara umum CentOS vs Ubuntu dikembangkan dengan klasifikasi penggunaan yang berbeda. CentOS biasa digunakan untuk para pengguna yang sudah ahli dan berpengalaman dalam menggunakan Linux. Sedangkan Ubuntu lebih diperuntukkan pada para pengguna baru Linux atau yang sebelumnya pernah menggunakan Ubuntu Desktop.

Sebelum menginstal, ada baiknya jika pengguna memperhatikan syarat minimum perangkat yang digunakan. Hal ini agar performa dari sistem operasi linux dapat lebih maksimal.