Tips Mengatur Keuangan Menjelang Bulan Ramadhan

Hi Exabytes Friends,

Tidak terasa dua minggu lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan loh! Berikut Exabytes punya tips ampuh mengatur keuangan menjelang bulan Ramadhan agar keuangan mu tetap aman menjelang Lebaran.

1.Menyusun Anggaran Keuangan
Menyusun alokasi anggaran keuangan sangat penting agar terhindar dari pemborosan, apalagi mengingat sebentar lagi sudah bulan Ramadhan, dimana harga bahan-bahan pokok akan meningkat. Cara menyusun anggaran keuangan paling mudah adalah dengan membuat pos – pos pengeluaran khusus, misalnya:

  • Pos pengeluaran rutin (tagihan telepon, kebersihan, listrik, cicilan, dll)
  • Pos khusus bulan Ramadhan (zakat, infak, dan sedekah)
  • Pos khusus investasi
  • Pos khusus dana darurat (digunakan sebagai cadangan keuangan jika terjadi hal yang darurat).

Pos-pos diatas bisa disusun berdasarkan urutan skala prioritas kebutuhan kita ya.

2. Minimalisir Frekuensi Berbuka Puasa di Luar
Momen buka bareng (bukber) pada bulan Ramadhan sering kali digunakan untuk bersilahturahmi dengan relasi, teman dan sanak saudara, yang biasanya dilakukan di restoran fancy, namun, jika terlalu sering dilakukan akan terjadi peningkatan pengeluaran. Minimalisir frekuensi berbuka puasa di luar. Kamu bisa mengundang teman, keluarga dan relasi mu untuk buka puasa bersama di rumah untuk meminimalisir pengeluaran.

3. Buat Catatan Pengeluaran Harian
Membuat catatan pengeluaran harian akan membantu kita untuk mengontrol pengeluaran kita. Buat batasan pengeluaran harian dan lakukan review harian agar pemborosan tidak terulang kembali.

4. Utamakan Kebutuhan, Bukan Keinginan
Pusat perbelanjaan, mall, marketplace akan mengadakan banyak promosi dan diskon besar-besaran pada bulan Ramadhan. Hal ini sering kali membuat kita kalap membeli barang yang sebenarnya bukan kebutuhan utama kita. Memanfaatkan promo dan diskon keperluan Ramadhan boleh saja, asal harus disesuaikan dengan kebutuhan kita ya..

5. Menyiapkan Kebutuhan Ramadhan Jauh-Jauh Hari
Kita pasti sudah tahu jika bahan-bahan pokok dan kebutuhan pendukung lainnya akan terjadi peningkatan harga saat bulan Ramadhan. Untuk menghindari peningkatan pengeluaran, kita dapat mensiasatinya dengan membeli kebutuhan Ramadhan jauh-jauh hari sebelum Ramadhan. Kita juga bisa membuat daftar kebutuhan apa aja yang akan kita beli selama ramadhan untuk menghindari membeli barang yang tidak penting.

6. Kelompokkan Pengeluaran untuk Hari Raya
Tradisi membeli pakaian baru, kue lebaran, biaya mudik, zakat, dan memberikan angpao untuk sanak keluarga ketika Hari Raya akan mendorong banyaknya pengeluaran, maka ada baiknya kamu mempersiapkan perencanaan keuangan agar lebih teratur. Jangan sampai pengeluaran kita melebihi pendapatan sehingga harus berhutang. Jika Kamu seorang karyawan, Kamu bisa memanfaatkan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

7. Berkomitmen dengan Anggaran Keuangan yang Telah Dibuat
Anggaran keuangan yang sudah dibuat akan sia-sia jika kita tidak berkomitmen dalam menjalankannya. Agar keuangan tetap terkontrol maka komitmen harus dijaga sejak awal bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here