Tren Marketing Tahun 2023 Yang Harus Wajib Anda Tahu!

0
2056

Apakah Exabytes friends sedang mengerjakan rencana pemasaran untuk bisnis kamu tahun depan? Atau kamu hanya ingin mengetahui perkembangan tren marketing? Apapun alasannya, penting untuk mengetahui tren marketing tahun 2023.

Alasannya sangat sederhana. Marketing adalah topik yang selalu berubah. Tahun demi tahun, ada tren marketing yang patut disimak. Dan tidak menutup kemungkinan salah satu dari tren marketing tersebut berdampak pada industri atau bisnis yang kamu jalankan.

Sebagai contoh, penelitian menunjukkan bahwa sejak tahun lalu, 41% perusahaan telah menggunakan kecerdasan buatan (AI) dalam proses bisnisnya.

Selain itu, masih banyak tren marketing tahun 2023 yang perlu Exabytes friends ketahui. Mari kita lihat satu per satu!

Artificial Intelligence (AI)

Tren marketing di tahun 2023 yang pertama ada kecerdasan buatan (AI) adalah program kecerdasan buatan yang dapat memprediksi perilaku dan aktivitas konsumen. Pada tahun 2020 saja, AI digunakan oleh sebagian besar produk dan layanan perangkat lunak di pasar.

Chatbots adalah contoh teknologi berbasis AI. Contoh teknologi berbasis AI lainnya adalah pengenalan suara dan pembuatan konten otomatis.

Salah satu fitur pengenalan ucapan paling populer adalah pencarian suara Google. Kami akan berbicara lebih banyak tentang pencarian suara di topik berikut.

Sedangkan contoh pembuatan konten otomatis adalah fitur AI Writer dengan jasa pembuatan website Exabytes. Fitur ini dapat secara otomatis menghasilkan konten berdasarkan kriteria yang kamu pilih.

Augmented Reality (AR)

Apakah kamu pernah bermain Pokemon Go? Jika demikian, maka kamu telah mengalami teknologi augmented reality.

Oleh karena itu, ini adalah teknologi yang mampu menggabungkan realitas dengan dunia digital. Bisa dibayangkan potensi penuh dari teknologi ini, terutama dalam hal meningkatkan pengalaman pelanggan.

Diperkirakan pada tahun 2023, 70% bisnis akan menguji teknologi ini. Hal ini wajar, karena penerapan teknologi ini dapat mengubah cara konsumen berinteraksi dengan pelaku bisnis.

Teknologi ini juga mulai digunakan oleh merek-merek besar. Misalnya, Toyota meluncurkan aplikasi berbasis AR untuk memamerkan salah satu model mobilnya. Hasilnya, konsumen dapat berinteraksi langsung dengan aplikasi untuk mempelajari berbagai fitur kendaraannya.

Salah satu perusahaan Indonesia yang telah mengadopsi teknologi ini adalah KCMTKU, sebuah perusahaan kacamata. Mereka menawarkan fitur uji coba virtual yang memungkinkan pengunjung untuk “mencoba” berbagai model kacamata melalui kamera.

tren marketing 2023

Geofencing Techonolgy

Pernahkah kamu pergi ke suatu daerah dan kemudian menerima notifikasi dari bisnis di daerah tersebut? Atau mungkin kamu pergi ke suatu kota dan diinformasikan oleh jasa ojek online bahwa kamu baru saja mendapatkan promo khusus di kota tersebut?

Nah, pemasaran jenis ini menggunakan teknologi geolokasi. Dengan demikian, teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk menyasar pelanggan potensial di wilayah tertentu.

Sejauh ini, teknologi ini masih menunjukkan tren positif. Faktanya, pada tahun 2023, nilai pasar geofencing diperkirakan akan tumbuh menjadi $2,4 miliar.

Intinya, teknologi ini dapat memudahkan calon pelanggan menemukan bisnis kamu. Namun jika bisnis kamu belum berencana menggunakan teknologi ini dalam waktu dekat, kamu bisa mencoba praktik SEO lokal terlebih dahulu untuk menjangkau konsumen terdekat.

Internet of Things

Internet of Things (IoT) adalah istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan konsep menghubungkan perangkat yang berbeda ke Internet. Contohnya termasuk jam tangan pintar dan smartphone. Bahkan Xiaomi memiliki kit rumah pintar yang dapat dihubungkan melalui aplikasi.

Jadi apa hubungan antara IoT dan pemasaran? Nah, secara statistik, pengeluaran untuk IoT akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Hingga 2023 mencapai 1,1 triliun dolar AS.

Salah satu alasan utama tren positif IoT adalah perkembangan teknologi 5G. Teknologi ini dirancang untuk menghubungkan berbagai perangkat dengan koneksi yang lebih cepat dan kamul.

Dengan munculnya IoT, praktik pemasaran digital dapat berubah. Dari yang awalnya terbatas pada ponsel atau laptop, kini kamu bisa beralih ke perangkat lain. Bukan tidak mungkin akan ada lebih banyak iklan atau layanan di masa mendatang pada perangkat yang sebelumnya tidak tersedia.

Big Data

Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang big data. Tapi apa sebenarnya Big Data itu dan bagaimana dengan tren marketing tahun 2023?

Singkatnya, big data adalah volume data yang sangat besar dan volumenya akan terus bertambah. Manfaatnya bergantung pada bagaimana data yang ada diubah menjadi informasi bisnis yang bermanfaat.

Ada survei yang menunjukkan bahwa proses analisis kampanye pemasaran masih membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan 47% kampanye membutuhkan waktu lebih dari seminggu untuk mendapatkan hasil dari analitik.

Sebagai solusinya, 78% organisasi telah memiliki atau sedang mengembangkan platform data pelanggan untuk analitik. Alhasil, proses analisis data bisa lebih cepat dan lebih optimal. Terutama dalam kampanye pemasaran.

Nah, hasil analisis data tersebut bisa digunakan untuk lebih memahami konsumen. Misalnya, kamu bisa menemukan produk unggulan yang mereka sukai, sehingga kamu tahu produk apa yang bisa kamu rekomendasikan kepada mereka di masa mendatang.

Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan aturan terkait penggunaan data pengguna. Hal ini untuk menghindari pelanggaran privasi. Oleh karena itu, kamu harus mendidik diri sendiri tentang Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) untuk memahami cara penerapannya.

Chatbot

Tren marketing tahun 2023 berikutnya adalah chatbot. Chatbot adalah program berbasis kecerdasan buatan (AI) yang berfungsi untuk melayani obrolan langsung dengan konsumen. Program ini diatur sedemikian rupa sehingga kamu dapat menjawab pertanyaan seperti orang normal.

Teknologi chatbot memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar. Tahun demi tahun, penelitian memprediksi bahwa interaksi bisnis dengan konsumen akan berlangsung tanpa keterlibatan manusia.

Dengan kata lain, itu akan mengubah cara perusahaan memberikan layanan pelanggan. Ini masuk akal, karena teknologi menguntungkan kedua belah pihak: bisnis dan konsumen.

Namun, perusahaan tidak perlu mempekerjakan banyak orang layanan pelanggan untuk dapat menawarkan fungsionalitas live chat.

Di sisi lain, konsumen dapat menghubungi bisnis kapan pun mereka mau, 24/7 dan mendapatkan jawaban akurat tanpa mengkhawatirkan keramahan layanan pelanggan.

Push Notifications

Pernahkah kamu menerima pesan atau notifications di browser kamu? Lalu kenapa berpengaruh terhadap tren marketing tahun 2023?

Ini adalah pemberitahuan push browser, yang merupakan fitur yang membantu memberi tahu pengguna browser untuk mengambil tindakan.

Meski terlihat sepele, jangan remehkan notifikasi seperti ini. Karena lebih dari dua kali lebih banyak pengguna yang berlangganan notifikasi push browser daripada pelanggan newsletter.

Apalagi, cara ini juga semakin populer di kalangan pebisnis online. 85% e-trader sudah menggunakannya. Jika kamu tertarik, mungkin sertakan toko online kamu.

tren marketing di tahun 2023

Content Marketing

Apakah content marketing masih menjadi tren marketing tahun 2023 ya? Tentu!

Buktinya, lebih dari tiga perempat pengguna internet mengaku masih rutin membaca blog. Selain itu, 70% bisnis masih aktif menggunakan konten marketing sebagai strategi pemasaran.

Itu hanya ngeblog. Belum lagi jenis konten marketing lainnya, seperti email marketing, video marketing, dan podcasting. Namun, kesuksesan konten marketing tentu dipengaruhi oleh kualitas konten.

Selain memperhatikan kualitas konten, kamu juga harus memperhatikan kenyamanan audiens kamu saat menyajikan konten. Contohnya termasuk ketajaman tata letak blog kamu atau kecepatan situs web kamu.

Video Marketing

Nah, seperti namanya, video marketing adalah kegiatan pemasaran yang menggunakan video.

Video marketing menjadi salah satu tren marketing di tahun 2023. Memang, konsumsi mobile video terus tumbuh sekitar 100% setiap tahunnya. Memang, pada tahun 202, 85% perusahaan menggunakan video sebagai alat pemasaran.

Secara keseluruhan, dalam hal video marketing, platform yang kita bicarakan pasti adalah YouTube. Bahkan, kamu juga bisa melakukan video marketing di platform lain, seperti Facebook dan Instagram. Kamu bahkan dapat melakukannya di TikTok!

Selain itu, statistik menunjukkan bahwa 96% konsumen menggunakan video untuk membuat keputusan pembelian. Tentunya peluang yang sangat bagus bukan?

Omnichannel Marketing

Tren marketing di tahun 2023 selajutnya adalah omnichannel marketing adalah metode pemasaran yang mengandalkan beberapa platform sekaligus. Dari website, akun media sosial, email, toko fisik. Semua platform ini diselaraskan untuk menyampaikan pesan yang sama dan citra yang konsisten.

Cara ini bisa membuat brand kamu lebih dekat dengan konsumen. Karena konsumen akan menemukan merek kamu di platform apa pun yang mereka gunakan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan dan volume pembelian melalui pemasaran omnichannel jauh lebih tinggi daripada pemasaran dengan satu saluran. Bahkan jumlah pembeli variabel 250% lebih tinggi!

Salah satu contoh penerapan omnichannel marketing yang terkenal di Indonesia adalah program Mitra Bukalapak. Karena program ini menggabungkan booth tradisional dengan fitur dan layanan Bukalapak. Ini menjadikannya program offline ke online yang efektif.

Influencer Marketing

Metode beriklan melalui influencer akan terus menjadi tren marketing di tahun 2023.

Influencer marketing dianggap berpotensi meningkatkan Return of Investment (ROI) secara efektif, berdasarkan seberapa besar pengaruh mereka terhadap keputusan pembeli.

Namun, brand harus berhati-hati saat memilih key opinion leader (KOL) di TikTok, Instagram, YouTube, dan platform lainnya. Seringkali, citra negatif seorang influencer juga dapat memengaruhi citra merek, yang sebenarnya dapat merugikan.

Agensi Digital Marketing

Layanan yang ditawarkan oleh digital marketing agency terbukti sangat bermanfaat bagi para pelaku bisnis, baik usaha kecil maupun perusahaan besar yang dikenal masyarakat luas.

Jika tim kamu kekurangan sumber daya, tidak ada salahnya bekerja sama dengan agensi digital marketing terpercaya. Salah satu keunggulan agensi adalah timnya biasanya terdiri dari para profesional berpengalaman.

Ini memungkinkan mereka memberikan informasi pemasaran tambahan untuk pertumbuhan merek kamu.

Visual Search

Visual search adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian berbasis gambar. Sementara pencarian masih umum dilakukan melalui kata kunci atau teks akhir-akhir ini, potensi visual search tidak dapat diremehkan.

Riset menunjukkan bahwa 62% generasi milenial lebih tertarik pada teknologi visual search dibandingkan teknologi lainnya. Selain itu, ada prediksi bahwa teknologi voice search dan visual search dapat meningkatkan keuntungan online sebesar 30%.

Kamu bisa melihat merek-merek besar mulai menggunakan teknologi ini dan untuk tren marketing tahun 2023. Contohnya termasuk Google dan Pinterest.

Pinterest menawarkan fitur Pinterest Lens. Fitur ini memungkinkan kamu mengidentifikasi produk atau mencari berdasarkan gambar atau kamera.

Voice Search

Jika visual search mencari dengan gambar, voice search mencari dengan suara. Nah, hanya dengan berbicara, kamu sudah bisa menemukan apa yang kamu cari. Kamu bahkan dapat mengeluarkan perintah melalui fungsi voice search.

Haruskah kamu mempertimbangkan voice search dalam rencana pemasaran kamu? Saya kira demikian, karena voice search masuk ke tren marketing tahun 2023. Karena di tahun 2020 saja, 50% pencarian dilakukan melalui voice search.

Jadi bagaimana kamu mengoptimalkan situs web kamu untuk voice search? Nah, voice search terutama mengandalkan kata-kata semantik saat menampilkan hasil pencarian. Oleh karena itu, kamu bisa mulai dengan mempelajari tentang kata kunci Latent Semantic Indexing (LSI).

Interactive Content

Apakah bisnis kamu masih mengandalkan content marketing? Jika demikian, kamu perlu tahu tentang interactive content.

Sementara konten tradisional seperti posting blog hanya berfokus pada penyajian teks dan gambar, konten interaktif yang bertujuan menghadirkan fitur juga mengajak pembaca untuk berinteraksi.

Kamu perlu mempertimbangkan jenis konten ini. Karena ada survei yang membuktikan bahwa 91% konsumen lebih tertarik dengan konten interaktif daripada konten tradisional.

Jika ingin mengetahui contoh konten interaktif yang baik, kamu bisa melihat Visual Interactive Kompas (VIK). Ini adalah bagian dari website Kompas yang menyediakan berbagai informasi menarik dengan infografis yang interaktif.

User Generated Content (UGC)

User generated content adalah konten yang dibuat oleh konsumen atau pengikut merek kamu. Loh, kenapa mereka mau membuat konten untuk brand kamu?

Jawabannya sederhana. Itu karena kamu memberi mereka hadiah. Biasanya, jenis konten ini dibuat untuk menjawab tantangan yang dihadirkan oleh merek. Hadiah yang ditawarkan dapat berupa produk, kupon, diskon, dll.

UGC adalah satu satu strategi penting. 90% pembeli mengatakan UGC memengaruhi keputusan pembelian mereka. Memang UGC bisa meningkatkan engagement dengan pembeli.

Hyper-Personalization

Kamu mungkin sudah tahu bahwa personalisasi adalah suatu keharusan saat membangun strategi conten marketing agar kampanye kamu menjangkau audiens yang tepat.

Namun, ternyata ada cara lain untuk membuat konten menjangkau audiens target kamu yang jauh lebih relevan dengan kebutuhan dan minat mereka.

Misalnya, kamu dapat melihat fitur hyper-personalization ini di Netflix, dimana mereka akan merekomendasikan film berdasarkan riwayat pencarian pengguna.

tren marketing tahun 2023

Sosial Media Stories

Selanjutnya tren marketing tahun 2023 adalah sosial media stories. Saat ini, ada banyak media sosial yang menampilkan stories. Dari Snapchat, Instagram, hingga Facebook. Kepopuleran fitur ini tentu membuat stories menjadi fitur yang dinilai memiliki potensi besar.

Buktinya, banyak manfaat yang bisa didapat dari stories. Contohnya antara lain menggunakan tagar dan tag lokasi, melakukan survei melalui polling, membuat kuis, dan mengarahkan pengunjung ke sebuah website.

Stories adalah salah satu alat pemasaran yang perlu kamu manfaatkan di tahun 2023. Tidak hanya banyak platform yang diikuti, bahkan saat ini YouTube juga memiliki fitur stories, banyak brand yang menggunakannya sebagai alat pemasaran.

Social Commerce

Tren marketing tahun 2023 berikutnya social commerce. Social commerce adalah kombinasi dari media sosial dan e-commerce. Sehingga kamu bisa merasakan manfaat keduanya melalui fitur ini.

Dengan kata lain, kamu bisa berjualan melalui akun media sosial. Kamu mungkin pernah melihat contoh di akun Instagram yang menjual produk melalui postingan atau di Facebook Marketplace.

Jumlah pengguna di setiap platform media sosial menunjukkan tren yang meningkat dari tahun ke tahun. Itu sebabnya social commerce menjadi salah satu tren marketing yang perlu dipertimbangkan di tahun 2023.

Inklusivitas dan Representasi

Fokus pada inklusivitas untuk kelompok yang sebelumnya kurang terwakili akan terus menjadi tren marketing di tahun 2023. Apa yang dimaksud dengan inklusivitas dan representasi?

Dahulu, standar kecantikan masyarakat hanya menganggap wanita cantik memiliki kulit putih dan tubuh langsing. Saat ini, orang perlahan-lahan mulai meninggalkan norma-norma ini demi merek yang menganut nilai inklusivitas, baik dalam inovasi produk maupun dalam strategi pemasaran.

Kamu dapat melihat contoh penyertaan ini dalam iklan kosmetik atau fesyen yang menampilkan wanita dengan berbagai bentuk tubuh dan warna kulit.

Tanggung Jawab Sosial dan Reputasi Brand

Tren marketing tahun 2023 berfokus pada membangun dan mempertahankan reputasi merek yang positif. Bagi sebagian orang, keputusan pembelian mereka mungkin hanya bergantung pada kualitas produk.

Namun, banyak juga konsumen yang memberikan nilai atau nilai tambah pada pilihannya. Konsumen mungkin enggan membeli produk dari perusahaan yang terbukti memperlakukan karyawannya dengan buruk atau tidak bertanggung jawab atas pengelolaan limbah.

Sebaliknya, mereka akan lebih memilih untuk membeli produk dari perusahaan yang tidak hanya menjalankan bisnis secara etis, tetapi juga memberikan kontribusi lebih kepada lingkungan atau masyarakat sekitar.

Mana Dari 21 Tren Marketing Tahun 2023 Yang Akan Kamu Gunakan?

Setelah melihat lebih dari 10 tren marketing tahun 2023, mana yang membuat kamu ingin mencoba? Apakah kamu ingin mengintegrasikan fungsi chatbot ke dalam toko online kamu? Atau mungkin kamu ingin mulai membuat konten interaktif untuk memasarkan produk kamu?

Apapun pilihannya, pastikan tren marketing tahun 2023 ini sesuai dengan kebutuhan website atau toko online kamu ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments