Apa Itu Plesk? Pengertian dan Perbedaannya dengan cPanel

0
1795

Apa itu Plesk? – Website yang Anda akses selama ini menggunakan web server untuk bisa dilihat oleh semua orang secara online. Semua data yang ada pada website disimpan pada web hosting dan untuk dapat mengelola web hosting, Anda membutuhkan tools yang biasanya disebut control panel.

Biasanya, jika Anda membeli hosting bersama atau virtual, layanan hosting jenis ini dilengkapi dengan antarmuka (interface) control panel. Namun, jika Anda perlu beralih ke server khusus, Anda harus menyiapkan antarmuka Anda sendiri.

Memiliki antarmuka yang sudah disiapkan untuk Anda lebih mudah dikelola, tetapi dapat menempatkan sendiri antarmuka Anda di server memungkinkan Anda lebih mengontrol.

Ada beberapa control panel yang bisa digunakan dalam pengelolaan website, namun kali ini kami akan membahas Plesk. Plesk merupakan salah satu control panel yang banyak digunakan selain cPanel.

Pada artikel ini, Anda akan mengenal apa itu Plesk lebih jauh dan kenapa Anda memilihnya dibandingkan jenis control panel lain.

Mengenal Apa Itu Plesk

mengenal apa itu plesk

Saat berbicara tentang control panel, beberapa orang mungkin membicarakan tentang Plesk. Apakah Anda tahu apa itu Plesk?

Plesk dikenal sebagai salah satu control panel paling multifungsi di dunia. Mampu melampaui kemampuan alat berbasis web biasa untuk mengelola sumber daya server yang dibutuhkan situs Anda. 

Plesk adalah platform control panel hosting multi-level yang lengkap, memberikan administrator server berbagai opsi antarmuka grafis untuk mengatur dan memelihara bisnis hosting secara keseluruhan.

Ini sama baiknya untuk mengkonfigurasi solusi hosting bersama seperti halnya untuk menyiapkan server virtual dan khusus. Sistem operasi yang mendukung Plesk termasuk Windows, CentOS, Ubuntu, Fedora, Red Hat, Debian, SuSE, dan FreeBSD.

Ingin mempelajari centOS lebih lanjut? Yuk cari tahu apa itu CentOS dengan membaca artikel ini.

Plesk sangat disarankan bagi pemilik website yang mencari akses ke infrastruktur yang lebih cepat, lebih aman, dan efisien. Plesk terus meningkatkan upayanya untuk memungkinkan penggunanya bisa memperluas dan menyesuaikan Plesk sebagai platform hosting terbuka.

Selain itu Plesk juga memiliki ekosistem yang beragam. Tidak hanya menyediakan akses ke fitur yang lebih relevan yang ditargetkan pada audiens tertentu, tetapi juga memungkinkan penyedia layanan dari berbagai macam ukuran.

Plesk Obsidian adalah versi terbaru dari panel kontrol server dan hosting ini. Menawarkan user experience dan lebih menarik. Selain itu juga mampu menyederhanakan manajemen situs web. Antarmuka grafis nya sangat ramah pengguna dan memungkinkan penambahan banyak fungsi.

Fitur Plesk

fitur plesk

Plesk menawarkan antarmuka otomatisasi hosting web yang mudah dinavigasi oleh pengguna. Beberapa bagiannya telah difasilitasi secara maksimal, sehingga pengguna dapat dengan cepat menemukan fungsionalitas yang diperlukan kapan saja.

Plesk menawarkan banyak fitur untuk administrasi dan pengelolaan yang efisien dari sumber daya hosting yang tersedia. Beberapa opsi administratif yang paling penting termasuk mekanisme pembaruan otomatis dan pembaruan komponen otomatis, manajer migrasi, serta pemasangan berbasis web untuk penyebaran cepat.

Dengan fitur administratif tersebut, pengguna Plesk akan dapat menangani semua pembaruan yang diperlukan secara otomatis.

Pengguna akan memiliki kesempatan untuk menyesuaikan tata letak lingkungan kerja Anda dengan memilih dari berbagai skin tambahan, atau dengan membuat skin bermerek Anda sendiri melalui antarmuka berbasis web.

Plesk juga menawarkan beberapa layanan tambahan yang bisa membuatnya menjadi pilihan utama bagi para pengelola website. Plesk memiliki paket perangkat lunak add-on yang meliputi: Parallels Plesk Sitebuilder, alat pembuatan dan pengelolaan situs web berfitur lengkap.

Ada juga Parallels Plesk Billing yaitu alat penagihan profesional dan Parallels Plesk Expand, platform dukungan untuk beberapa server yang canggih. 

Kelebihan Plesk

Plesk bisa menjadi pilihan control panel yang tepat. Akan tetapi, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan apa saja kelebihan yang diberikannya. Nah, berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Plesk:

Flexibilitas

Salah satu hal terbaik tentang Plesk adalah kenyataan bahwa Plesk tidak hanya dilengkapi dengan berbagai tools yang diperlukan untuk memulai website, tetapi juga dapat disesuaikan sepenuhnya dengan preferensi Anda. Misalnya, Anda dapat menyesuaikan panel dengan berbagai extensions tambahan di atas tools penting yang sudah diberikan.

Hal hebat lainnya tentang apa itu Plesk adalah, saat Anda membayar extensions tersebut, Anda hanya membayar apa yang Anda gunakan. Ini berarti bahwa ketika Anda ingin memilih ekstensi baru atau menghapus yang lama, Anda hanya perlu membayar satu kali.

Kompatibilitas/ Kesesuaian

Plesk bisa digunakan dengan beberapa sistem operasi, seperti Windows dan Linux. Di dalam kedua sistem operasi ini, Plesk juga mendukung versi berbeda dari masing-masing sistem.

Untuk menambah kesesuaian, Plesk hadir dengan kemampuan untuk menggunakan berbagai extensions, seperti WordPress Toolkit. Ini meningkatkan kemampuannya untuk bekerja di berbagai platform. 

Tools Administrasi yang Beragam

Plesk hadir dengan berbagai alat administrasi yang dapat digunakan. Selain fakta bahwa Plesk bisa menyesuaikan diri di berbagai platform, Anda dapat dengan mudah mendesain control panel dengan alat ini agar berfungsi sesuai keinginan Anda.

Plesk juga memungkinkan otomatisasi yang mudah untuk banyak tugas berbeda, yang semuanya cepat dan mudah diatur.

Sebagai seorang admin website, memiliki fitur semacam ini adalah hal yang luar biasa. Anda tidak akan lagi terjebak melakukan tugas yang berulang-ulang, dan menghabiskan waktu untuk menunggu jam yang sudah direncanakan. Anda bisa menghabiskan waktu untuk hal-hal yang lebih penting.

Misalnya, daripada harus melakukan pembaruan setiap saat, extensions seperti “Perfect Dashboard” memungkinkan Anda mengklik satu tombol agar situs web diperbarui sepenuhnya dan dicadangkan secara otomatis.

Dukungan untuk Banyak Bahasa

Karena Plesk mendukung dua konfigurasi Windows dan Linux, bahasa yang didukungnya termasuk ASP, Microsoft ASP.NET, dan Sisi Server termasuk PHP, CGI, dan FastCGI, Perl, Python.

Layanan Customer Support

Biasanya, pengguna yang telah mengelola layanan web hosting jarang membutuhkan bantuan dari customer support. Akan tetapi, saat pengelolaan web dilakukan sendiri pengguna harus memutar otak untuk segala hal mulai dari persiapan awal hingga pemantauan.

Karena hal tersebut, layanan customer support siap membantu. Layanan ini gratis dan tersedia 24 jam setiap harinya dan bisa diakses melalui telepon atau chat. Selain itu, bantuan ini dapat diakses untuk semua akun Plesk dan untuk semua pengguna tanpa batasan kemitraan.

Kekurangan Plesk

Dengan banyaknya fitur dan extensions yang beragam pada Plesk, akan membuat pengguna baru yang ingin mengelola web hosting. Meskipun ada banyak panduan secara online untuk pengelolaan web hosting dengan Plesk, namun tidak lebih populer dari cPanel.

Bergabung dengan komunitas yang menggunakan Plesk sebagai control panel utama dalam web hosting mungkin bisa menjadi solusi. Anda juga harus sering mencoba mengoperasikan layanan yang disediakan untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan administrator dalam mengelola web. 

Perbedaan Plesk dengan cPanel

perbedaan plesk dan cPanel

Setelah mengetahui apa itu Plesk, fitur, kekurangan, dan kelebihannya, lantas apakah kamu sudah tahu apa yang membedakan Plesk dengan cPanel? Berikut adalah  beberapa perbedaan Plesk dengan cPanel:

Fungsi

Meskipun keduanya mendukung penginstalan aplikasi tambahan, lebih mudah menjalankan Docker dan Git di Plesk daripada cPanel. Ada solusi untuk menjalankannya di cPanel, tetapi relatif sulit.

Keamanan

cPanel dan Plesk menawarkan banyak perangkat yang membantu menjaga keamanan dan perlindungan pada server. cPanel memungkinkan Anda mengatur Let’s Encrypt SSL certificate dan memperbaruinya secara otomatis. 

Direktori yang dilindungi kata sandi, perlindungan Leech, pemblokiran IP, perlindungan Hotlink, kunci GNUPG, akses SSH adalah beberapa fitur keamanan lain yang disediakan cPanel untuk penggunanya.

Sedangkan Plesk menawarkan fitur seperti fail2ban (alat yang memindai file log), anti-spam email, dan dukungan firewall Plesk kepada penggunanya.

Harga

Perbedaan harga cPanel dan Plesk mungkin tidak mutlak, karena biaya akhir bergantung pada add-on dan faktor lainnya. Namun, ketika Anda mempertimbangkan paket dasar, cPanel harganya sedikit lebih mahal daripada Plesk.

Performa

cPanel sepenuhnya dioptimalkan untuk memuat halaman lebih cepat. Persyaratan memori relatif lebih sedikit di cPanel daripada Plesk dan tugas manajemen server dapat dilakukan dengan mudah dan cepat di cPanel.

Kesimpulan

Dengan berbagai macam keunggulan yang dimiliki Plesk, mungkin ini bisa menjadi opsi utama dalam memilih control panel bagi web hosting Anda. Meskipun cPanel lebih popular di bandingkan Plesk, tetap banyak pengelola website yang lebih tertarik untuk menggunakannya.

Semua kebutuhan antarmuka administrator dan management asset yang mudah menjadi jawaban untuk pengguna web hosting murah. Anda juga memiliki kemampuan untuk menginstal Add-on dan layanan secara manual (di Plesk control panel).

Harga paket dasar yang sedikit lebih murah jika dibandingkan cPanel juga bisa menjadi pertimbangan. Anda tidak akan dikenai biaya tambahan untuk extensions yang tidak diperlukan. Namun akan lebih banyak jika hanya memilih ekstension yang diperlukan saja.

Untuk mendapatkan pilihan hosting yang tepat, mengapa tidak segera menghubungi Exabytes sekarang juga?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments