Ketahui 9+ Kriteria Penting Yang Harus Dimiliki Website Sekolah!

74
Kriteria Website Sekolah
9 min read

Seperti bisnis pada umumnya, memiliki presensi online telah menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk sebuah sekolah. Memiliki website sebagai cara untuk mengklaim presensi online sebuah sekolah dapat memberikan dampak yang sangat besar untuk citra sekolah. Juga sekolah yang memiliki website bisa mewakilkan visi misi sekolah kamu sehingga meningkatkan kesadaran orangtua murid. 

Memang banyak alasan penting untuk memiliki website sekolah. Tapi apa saja sih yang harus dimiliki oleh website sekolah agar bisa menonjol dan akurat? Yuk, simak dibawah beberapa kriteria website sekolah yang wajib diperhatikan. 

Website Sekolah 

Sebelum melanjut ke kriteria website sekolah, yuk ketahui terlebih dahulu apa itu website sekolah serta kepentingannya. 

Untuk memiliki sekolah yang berjalan secara efektif membutuhkan proses yang sangat kompleks. Mulai dari memiliki instruksi kelas, operasi front office, sampai menjalin komunikasi dengan para orang tua, setiap sekolah harus memiliki objektif tersebut agar bisa mendapatkan dukungan dari komunitas sekitarnya agar bisa sukses. 

kriteria website sekolah
Ilustrasi murid sekolah ( Source: Adobe Photostock )

Salah satu cara untuk mencapai tujuannya adalah dengan memiliki website. Apa itu website sekolah? Website sekolah merupakan presensi online sebuah sekolah yang mewakilkan segala informasi tentangnya secara jelas agar bisa menggampangkan seluruh orangtua, murid, dan staf. 

Informasi yang berada di website sekolah bisa termasuk; kalender akademik, event, peringatan penting, dan kebijakan-kebijakan tertentu. 

Pentingnya Memiliki Website Sekolah 

Setelah mengetahui arti dibalik website untuk sekolah, pasti banyak yang memikirkan; kenapa sih memiliki website untuk sekolah tuh penting banget? 

Nyatanya, memiliki website untuk sekolah juga gak kalah pentingnya. Ini adalah beberapa alasan mengapa memiliki website untuk sebuah sekolah sangat penting; 

  1. Bisa meningkatkan kredibilitas

Memiliki website dapat meningkatkan kredibilitas serti membuktikan legalitas sekolah kamu. Hal tersebut dikarenakan, sebuah website dapat menunjukan bahwa kamu berjasa terhadap inovasi dan perkembangan yang terjadi di sekolahmu. Selain itu memiliki website sekolah juga menampilkan informasi tertentu untuk murid serta orang tua baru. 

  1. Dapat menjangkau audiens yang lebih besar 

Dengan memiliki website, hal tersebut bisa dipakai sebagai strategi digital marketing sebuah sekolah dimana kamu bisa memperluas audiens. Kemudian, dengan website yang teratur, platform sosial media yang tepat, dan terisi dengan informasi yang berguna, banyak murid baru yang akan tertarik untuk daftar ke sekolahmu. Sehingga, peluang sebuah sekolah akan meningkat. 

  1. Bisa menyampaikan informasi secara jelas 

Seperti yang sudah diketahui, kamu bisa menyampaikan segala informasi melalui website yang dibuat khusus untuk sekolah. Dimulai dari kontak person, lokasi, informasi untuk daftar, ataupun kebijakan sekolah, semua bisa ditampilkan melewati website. Dengan demikian, kamu tidak harus ngasih informasi satu per satu. 

Informasi mengenai alasan pentingnya memiliki website sekolah dapat dicek di artikel berikut ini.

11 Kriteria Website Sekolah yang harus diperhatikan

Nah, kalau sudah mengerti arti dan kepentingan dibalik website sekolah, lantas fitur apa saja yang harus dimiliki sebuah website sekolah agar bisa bantu mencapai misi dan visi sebuah sekolah? 

Langsung saja simak kriteria website sekolah yang harus diperhatikan untuk membangun website yang bermanfaat.

Desain Yang Simpel 

Kriteria website yang pertama adalah dengan memiliki desain yang simpel. Tampilan website merupakan hal pertama yang menarik perhatian visitor dan oleh karena itu, ketika membangun website untuk sekolah, pastikan bahwa desain bisa menyorot keunikan sebuah sekolah serta visi misinya. 

Baca Juga  Manfaatkan dan Optimalkan Website Sekolah di EDD For Customer

Hal tersebut bisa dicapai dengan memasukan logo, memilih skema warna yang tepat, dan mengintegrasikan berbagai macam gambar yang terkait dengan sebuah sekolah. Desain yang simpel namun penuh dengan informasi akan memberi kesan yang positif dan membuat pengunjung website tetap tertarik dengan konten yang ada. 

Homepage/User Interface yang berguna

Kelanjutan dari desain, memiliki homepage atau User Interface yang berguna menjadi kriteria website sekolah yang penting. Yang dimaksud oleh berguna adalah; user interface bisa mengarahkan pengunjung ke page atau link yang diinginkan secara cepat dan tanpa harus melakukan scroll banyak. 

kriteria website sekolah
Web Design sekolah (Source: Adobe Photostock)

Untuk meningkatkan kemampuan homepage, kamu bisa menggunakan quick links yang bisa mengalihkan pengunjung ke web page yang diinginkan dengan cepat. Kemudian, kamu juga bisa menggunakan gambar dalam bentuk slider untuk member informasi terbaru kepada para pengunjung. 

Aksesibilitas dan Navigasi yang gampang

Kriteria website sekolah selanjutnya juga gak kalah penting, yaitu; gampang diakses dan di navigasi. Website yang bisa di akses dengan mudah memastikan bahwa para visitor bisa mengalami dan mengerti semua desain serta konten yang berada di dalam website tersebut. 

Memiliki website yang rumit dan susah untuk di navigasi akan menurunkan engagement, terutama dengan orang tua. Alhasil, hal tersebut bisa meningkatkan bounce rate website sekolah milikmu. Oleh karena itu, pastikan bahwa website sekolah kamu memiliki elemen dan layout yang minimal dan clean agar para visitor bisa memiliki pengalaman yang nyaman. 

Dengan demikian, memiliki keseimbangan antara desain yang informatif namun tidak rumit adalah kunci di saat membangun website sekolah. 

Berisi dengan Konten Informasional

Yang ketiga, adalah untuk selalu menampilkan konten yang informasional. Tujuan utama memiliki presensi online untuk sebuah sekolah adalah agar bisa menyediakan banyak informasi dan layanan bermanfaat untuk para siswa-siswi dan orangtua. 

Informasi tertentu seperti; pemberitahuan event, berita sekolah terkini, penjelasan ekstrakurikuler, direktori sekolah dan aktivitas penting lainnya menjadi konten yang wajib diunggah di sebuah website sekolah agar bisa menarik minat dan keterikatan siswa-siswi. 

Tidak hanya itu, kamu juga harus memastikan bahwa informasi tersebut sudah diperbarui agar bisa tetap relevan dan menjaga keaktifan sebuah website untuk mengikutsertakan para guru, murid dan orangtua. 

Responsif dan Cepat 

Kriteria website sekolah selanjutnya yang wajib diperhatikan adalah untuk bisa responsif dan memiliki loading page yang cepat. 

Setiap website, termasuk website sekolah, haru bisa responsif dimana website tersebut dapat diakses dari berbagai macam device; mau itu dari desktop, tablet, ataupun smartphone. Hal tersebut dikarenakan para pengunjung (orangtua atau murid) bisa saja mengakses dari berbagai macam device dan jika tidak responsif, mereka tidak akan nyaman disaat sedang mengunjung. 

website sekolah
Responsive Website (source: Adobe Photostock)

Lalu loading page juga menjadi salah satu faktor yang krusial untuk website sekolah. Jika loading page melebihi 3 detik, pengunjung websitemu akan langsung meninggalkan website. Jadi, pastikan website sekolah kamu memiliki loading page yang cepat agar menarik banyak murid dan orangtua. 

Memiliki Mobile-First Design

Meskipun memiliki website yang responsif penting, memiliki website dengan mobile-first design juga sangat penting. Mobile-first design atau mobile friendly dapat diartikan sebagai; website yang di desain seperti desktop, namun bisa diakses lewat smartphone dan memiliki pengalamannya yang setara. 

Kriteria website sekolah yang ini sangat penting karena sebagian besar traffic (50-60%) untuk website berasal dari pengguna smartphone. Juga, murid ataupun orang tua biasanya mengunjungi website sekolah disaat sedang bepergian atau menggunakan multiple device. Sehingga, memiliki mobile-first design sangatlah penting untuk membangun website sekolah yang luar biasa. 

Baca Juga  Exabytes Digital Day Special Hari Pendidikan Nasional

Sudah Dioptimalkan untuk Dicari

Kebanyakan website sekolah memiliki strategi Search Engine Optimisation (SEO) yang bisa menggampangkan mereka untuk mencapai ranking tinggi untuk kategori yang bersangkutan. Meskipun kriteria website yang ini tidak terlalu berkait dengan pengalaman website tersendirinya, memastikan kalau website sekolah milikmu sudah dioptimalkan untuk SEO merupakan salah satu kunci untuk bisa ditemukan oleh orangtua. 

Jika sekolahmu sudah memiliki website yang luar biasa namun tidak dapat dicari oleh siapapun, lalu apa gunanya? Sehingga pastikan bahwa strategi search engine optimization website sekolahmu sudah diasah dengan benar. 

Terintegrasi dengan Baik 

Mengintegrasikan website dengan platform yang lain merupakan kriteia website sekolah yang sangat penting. Website sekolah milikmu tidak bisa berdiri sendiri, sehingga kamu wajib mempunyai akun dari media sosial lain yang bisa bekerja sebagai pondasi. 

Akun seperti email, Instagram, Facebook, Google Analytic, Google Webmaster pun tak kalah penting. Dengan mengintegrasikan website sekolah kamu dengan semua akun tersebut, pondasi strategi digital marketing sudah dimanfaatkan sehingga sekolahmu bisa mencapai audiens yang lebih luas. 

Bersifat Dinamis 

Kriteria website sekolah selanjutnya adalah website sekolah harus bersifat dinamis agar operator/admin website tidak usah menghubungkan programer untuk mengupdate konten dan fitur di website sekolah. 

Pastikan bahwa sebuah website sekolah bisa diperbarui dengan cepat dan tidak rumit untuk bisa melayani visitor tanpa kesalahan.

Bisa mengelola User Engagement 

Website sekolah yang mampu menciptakan user engagement melalui interaksi juga menjadi kriteria website sekolah yang sangat penting. Sekarang, memiliki website sekolah yang mampu mengelola interaksi timbal balik antara pengunjung dan pihak secara online menjadi salah satu yang diperhatikan.

Memiliki Server Hosting yang aman 

kriteria website sekolah
Ilustrasi Server Hosting ( source: adobe photostock )

Kriteria website sekolah yang terakhir, adalah untuk memastikan bahwa website sekolah kamu memiliki server hosting yang aman. Tidak hanya kecepatan, hosting juga bisa bertanggung jawab atas privasi dan sekuriti data di sebuah website lho. 

Jika kamu ingin menghindari serangan cyber, pastikan bahwa server hosting website sekolah kamu sudah aman dan efektif. 

Bingung memilih server hosting dimana? Yuk langsung saja pilih Exabytes sebagai server sekolah kamu agar bisa memiliki website yang aman, lancar dan informatif! Ada banyak sekali fakta menarik yang bisa kamu dapatkan jika membangun website dengan Exabytes lho. Langsung aja cek disini! https://www.exabytes.co.id/blog/fakta-menarik-membuat-website-wordpress/

Kesimpulan 

Sebagai kesimpulan, kunci membuat website sekolah yang harus selalu diingat adalah; website sekolah harus intuitif dan praktikal. Selain harus menggampangkan navigasi untuk murid, pihak sekolah, orangtua hingga pengunjung website, sebuah website sekolah juga harus bisa mengintegrasi proses sekolah yang sudah ada agar bisa memudahkan workflow atau sistem sekolah yang sudah ada. 

Tentunya untuk lebih menjangkau banyak murid prospek dan memudahkan staf sekolah. Kamu bisa mulai dengan membangun website yang memenuhi kriteria website sekolah yang sudah dijelaskan di atas.

Dan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Exabytes dan PANDI bekerja sama untuk mendorong kesadaran sekolah dalam memiliki website dengan meluncurkan Website Untuk Sekolah. Program Website Untuk Sekolah merupakan program exclusive dimana sekolah dapat membangun website sekolah mulai sekarang sekaligus dapat mengikuti event yang insightful mengenai presensi online sekolah di Indonesia.

Website Untuk Sekolah
Website Untuk Sekolah

Untuk Anda yang saat ini belum memiliki website sekolah, mulai bangun website sekolah Anda hari ini. Informasi selengkapnya dapat mengunjungi laman Website Untuk Sekolah atau Exabytes Indonesia.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments