12 Tips Meningkatkan Cyber Security Agar Lebih Baik

0
2355

Mengetahui cara meningkatkan cyber security perusahaan dan bisnis online kamu adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki para pebisnis.

Tujuannya adalah agar perusahaan dan bisnis tetap aman dan terlindungi dari ancaman dunia maya, bahkan ketika mereka ada dan tersedia di internet.

Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana meningkatkan cyber security dengan benar dan efektif. Tapi jangan khawatir Exabytes Friends!

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa cara untuk meningkatkan cyber security bisnis, perusahaan, situs web, sistem, dan server kamu. Ayo kita mulai!

Tips Meningkatkan Cyber Security

tips meningkatkan cyber security

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan cyber security atau keamanan siber pada sistem, jaringan, atau perangkat kamu. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Latih karyawanmu

Faktor manusia adalah salah satu risiko terbesar dalam keamanan siber, dan karena serangan rekayasa sosial, phishing, dan ransomware selalu terjadi, beri tahu diri kamu, keluarga, dan tim kamu tentang topik ini.

Topik keamanan siber – dan terus berlatih! Dari bisnis kecil hingga perusahaan besar, ada banyak sumber daya gratis dan hebat yang tersedia untuk membantu kamu melakukan ini.

Tingkatkan perangkat keras yang sudah usang, jika perlu

Kamu tidak harus selalu up to date dengan inovasi teknologi tinggi terbaru, tapi setidaknya kamu harus rajin memperbarui perangkat lunak kamu. Karena pengembang menyadari risiko kerentanan perangkat lunak, mereka merilis pembaruan secara berkala.

Namun, pembaruan ini mungkin tidak kompatibel dengan perangkat keras yang ada. Inilah yang menyebabkan perangkat keras menjadi usang, yaitu ketika perangkat keras tidak cukup diperbarui untuk menjalankan versi perangkat lunak terbaru – hindari risiko ini.

Tetap perbarui perangkat lunak

Vendor perangkat lunak merilis pembaruan karena berbagai alasan, termasuk peningkatan fungsionalitas, perbaikan bug, dan patch keamanan. Pastikan perangkat lunak kamu selalu diperbarui ke versi terbaru segera setelah tersedia.

Otomatiskan kepatuhan keamananmu

Dengan lebih dari 1.000 undang-undang berbeda yang memengaruhi keamanan siber, privasi, dan tata kelola secara global saat ini – dan akan terus berkembang – hal ini dapat menimbulkan tantangan kompleksitas.

Terapkan otomatisasi sedapat mungkin untuk memvisualisasikan, mengelola, mengukur, dan meningkatkan kepatuhan dengan lebih baik di semua tingkatan.

Kebijakan Email dan Komunikasi

Email diperlukan untuk komunikasi internal dan internal. Sebab itu, karyawan dalam perusahaan atau organisasi harus memiliki akun email yang aman digunakan. Peretas gemar menyerang melalui email dengan mengirimkan malware phising atau tautan (lampiran) lain.

Kebijakan terkait pernggunaan email diperlukan untuk perusahaan agar bisa mencegah serangan phising sehingga keamana dan data di sistem selalu aman.

Lindungi data kamu, selalu miliki rencana cadangan

Keamanan data sangat penting, terutama data yang dibagikan secara lokal dengan karyawan. USB terenkripsi sangat efektif di sini, membantu memastikan bahwa data sensitif dapat disimpan dan ditransfer dengan cara yang paling aman.

Cadangan data yang aman sangat penting untuk usaha kecil dan menengah. Ingatlah bahwa ancaman berbahaya dan peretas tidak selalu ingin mencuri data kamu, tetapi terkadang menggunakan ransomware untuk mengenkripsi atau menghapus data.

Pemulihan data yang rajin adalah kuncinya.

Amankan perangkat seluler

Bukan hanya kantor (atau rumah) yang membutuhkan keamanan. Penting juga untuk memahami keamanan perangkat seluler. Gunakan kata sandi dan fitur biometrik autentikasi 2 faktor.

Gunakan VPN

Menggunakan VPN untuk mengakses internet akan melindungi informasi pribadi kamu, bahkan ISP kamu. Perangkat lunak VPN sekarang banyak digunakan dan telah terbukti manfaatnya.

Nonaktifkan Bluetooth

Dengan begitu banyak aplikasi yang memanfaatkan protokol koneksi ini, perangkat bluetooth sering menjadi sasaran serangan dan sering dikaitkan dengan pesan phishing yang meminta kamu untuk “mengklik di sini” – jangan lakukan itu!

Jangan asal klik tanpa berifkir

Tautan berbahaya dapat merusak dalam beberapa cara. Penting bagi kamu untuk melatih staf kamu tentang cara mengidentifikasi jenis tautan ini. Pastikan untuk memeriksa dan memastikan link tersebut dari pengirim yang terpercaya sebelum mengklik.

Rekayasa sosial

Ketika peretas tidak dapat menemukan lubang keamanan, mereka menyerang dengan cara lain. Melalui rekayasa sosial. Jenis serangan ini berfokus pada keadaan pikirnan dan kecemasan pengguna, bukan perangkat untuk mengakses sistem dan informasi.

Hapus semua permintaan informasi pribadi atau kata sandi. Jangan izinkan siapa pun menghubungi kamu untuk meminta informasi pribadi. Waspadai risikonya.

Siapkan rencana untuk mengatasi pembobolan

Ini adalah skenario “bukan jika, tetapi kapan”, dan dengan ruang ancaman keamanan siber yang terus berkembang, akan sulit untuk mengantisipasi serangan jahat yang juga semakin canggih.

Miliki rencana untuk menangani pembobolan dan latih/periksa reaksi kamu secara teratur.

Kolaborasi adalah antitesis dari fragmentasi ekosistem

Kita membutuhkan teknologi, tata kelola, kepatuhan, hukum, pendidikan, dan asuransi untuk menyatukan kita melawan risiko keamanan. Jelajahi peluang untuk berbagi pengetahuan dan saran tentang praktik terbaik dan untuk “terlibat”.

Setiap orang akan mendapat manfaat dari pendekatan ko-kreatif dan terbuka untuk berbagi keamanan.

meningkatkan cyber security

Kesimpulannya

Mengetahui cara meningkatkan cyber security kamu adalah suatu keharusan bagi penyedia layanan internet serta pengguna internet aktif.

Untungnya, blog Exabytes telah membahas semua yang perlu kamu ketahui tentang cyber security. Mulai dari pengertian, jenis, metode dan cara meningkatkannya.

Oh iya, jangan lupa juga tingkatkan keamanan website dan server kamu dengan berbagai pilihan layanan Acronis terbaik dari Exabytes.

Yuk langsung bergabung dengan Exabytes!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments