Serangan DDoS: Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

0
1864

Serangan DDoS atau Distributed Denial of Service adalah jenis serangan jaringan di mana penyerang menggunakan banyak komputer yang terhubung ke internet untuk menyerang satu sumber daya dengan lalu lintas yang sangat tinggi menyebabkan sumber daya tersebut menjadi tidak aktif, normal atau bahkan berhenti bekerja sama sekali.

Serangan DDoS adalah salah satu serangan paling umum terhadap website dan jaringan saat ini dan dapat menyebabkan kerugian besar bagi bisnis dan organisasi.

Pada artikel ini, kita akan berbicara secara rinci tentang serangan DDoS, cara kerjanya, dan cara menghadapinya untuk melindungi website atau jaringan kamu.

Apa Itu Serangan DDoS?

serangan ddos

Serangan DDoS atau Distributed Denial of Service adalah serangan jaringan yang menggunakan beberapa komputer yang terhubung ke internet untuk menyerang suatu sumber daya dengan lalu lintas yang sangat tinggi sehingga menyebabkan sumber daya tersebut tidak lagi berfungsi dengan baik, atau bahkan mematikannya sama sekali.

Serangan DDoS biasanya dilakukan dengan menggunakan botnet, yaitu kumpulan komputer yang telah diambil alih oleh penyerang melalui virus atau malware. Setelah berhasil menyusup ke komputer target, botnet akan dikendalikan oleh penyerang untuk menyerang sumber daya target.

Bagaimana Cara Kerja Serangan DDoS?

Peretas memiliki cara berbeda untuk melakukan serangan tergantung pada tekniknya. Ada tiga teknik serangan DDoS yang digunakan hacker untuk membanjiri lalu lintas server atau jaringan komputer.

Request Flooding

Teknik serangan ini melibatkan pengiriman terlalu banyak permintaan yang membanjiri jaringan. Pengguna terdaftar pada suatu website tidak dapat mengakses website karena banyaknya permintaan yang masuk.

Traffic Flooding

Teknik ini dilakukan dengan mengirimkan banyak data untuk membanjiri lalu lintas internet. Pengguna lain, baik terdaftar atau tidak, tidak dapat mengakses website target yang membanjiri lalu lintas.

Mengubah Sistem Konfigurasi

Teknik penyerangan ini masih kurang digunakan oleh hacker karena lebih sulit. Ini bekerja dengan mengubah pengaturan server atau merusak elemen website yang membuatnya tidak dapat diakses.

Terlepas dari tekniknya, serangan ini ditujukan untuk menggunakan bandwidth website target.

Jenis-Jenis Serangan DDoS

Serangan DDoS dapat dibagi menjadi beberapa metode berdasarkan metode serangan dan kepentingannya.

Serangan DDoS Berdasarkan Metode Serangan

Serangan Lapisan Jaringan atau Network Layer Attack

Serangan ini menargetkan infrastruktur jaringan dan sumber daya banjir dengan lalu lintas IP palsu atau spoofed. Ini membuat router dan switch sangat sibuk memproses permintaan ini, memperlambat atau bahkan menghentikan koneksi ke jaringan.

Serangan Lapisan Aplikasi atau Application Layer Attack

Serangan ini menargetkan aplikasi dan layanan web dengan mengirimkan permintaan palsu atau membanjiri sumber daya dengan permintaan kompleks yang membuat server tidak dapat memproses permintaan pengguna yang sah.

Serangan Lapisan Transportasi atau Transport Layer Attack

Serangan ini menargetkan protokol transport seperti TCP atau UDP dengan membanjiri sumber daya dengan permintaan palsu atau memperlambat respons server.

Serangan DDoS Berdasarkan Tingkat Kepentingan

Serangan DDoS Tersebar Kecil atau Low-Rate DDoS Attack

Serangan ini biasanya melibatkan sejumlah kecil komputer dan menggunakan lalu lintas rendah untuk menyerang sumber daya. Namun, serangan ini bisa bertahan lama dan sulit dideteksi.

Serangan DDoS Tersebar Sedang atau Mid-Rate DDoS Attack

Serangan ini melibatkan lebih banyak komputer dan menggunakan lebih banyak lalu lintas daripada serangan DDoS terdistribusi kecil. Serangan ini dapat memperlambat atau bahkan mengganggu koneksi internet.

Serangan DDoS Tersebar Besar atau High-Rate DDoS Attack

Serangan ini melibatkan ribuan bahkan jutaan komputer dan menggunakan lalu lintas yang sangat tinggi. Serangan ini dapat menyebabkan penonaktifan total sumber daya dan menyebabkan kerugian besar bagi perusahaan dan organisasi.

Serangan Volumetric

Jenis serangan ini dilakukan dengan mengirimkan lalu lintas jaringan yang sangat tinggi ke server target. Serangan ini bertujuan untuk menghabiskan sumber daya server, sehingga server tidak lagi dapat merespon permintaan pengguna.

Serangan Protokol

Serangan protokol dilakukan dengan membanjiri server dengan permintaan yang salah atau tidak valid. Tujuan dari serangan ini adalah untuk mencegah server memproses permintaan yang sah.

Serangan Aplikasi

Serangan aplikasi dilakukan dengan mengirimkan permintaan ke server meminta server untuk melakukan tugas yang sangat kompleks atau intensif sumber daya. Tujuan serangan ini adalah untuk mencegah server menanggapi permintaan pengguna.

Cara Mengatasi Serangan DDoS

apa itu serangan ddos

Berurusan dengan serangan ini bisa sangat sulit karena asal serangan tersebar secara geografis dan sulit diidentifikasi. Namun, beberapa tindakan dapat dilakukan untuk mengurangi dampak serangan ini, antara lain:

1. DDoS Protection Services

Beberapa layanan perlindungan DDoS seperti Cloudflare dan Akamai dapat membantu melindungi website dari serangan ini. Layanan ini menyediakan filter lalu lintas dan memblokir serangan ini sebelum mencapai server.

2. Menggunakan Firewall

Firewall dapat membantu melindungi server kamu dari serangan ini dengan membatasi lalu lintas internet yang masuk ke server. Konfigurasi firewall yang tepat dapat membantu mencegah serangan ini.

3. Perbarui Sistem Keamanan

Pastikan sistem keamanan server kamu selalu terbaru dengan menginstal pembaruan terbaru yang dirilis oleh vendor sistem operasi. Pembaruan keamanan biasanya mengatasi kerentanan yang dapat dimanfaatkan oleh serangan ini.

4. Load Balancer

Load balancer dapat membantu mengurangi dampak serangan dengan mendistribusikan lalu lintas masuk ke beberapa server. Dengan cara ini server tidak akan dibebani dengan lalu lintas tinggi.

5. Sinkhole

Sinkhole adalah tindakan yang diambil sebagai respons terhadap serangan dengan membiarkan router atau firewall mengarahkan lalu lintas yang mencurigakan ke alamat yang salah. Dengan cara ini, lalu lintas berbahaya tidak akan mencapai server target.

6. Lindungi Jaringan dan Perangkat

Pastikan jaringan dan perangkat kamu terlindungi dari serangan dengan memasang perangkat lunak keamanan yang sesuai, seperti perangkat lunak antivirus dan firewall. Selain itu, pastikan kamu memiliki kata sandi yang kuat dan unik untuk menghindari serangan yang dapat dimanfaatkan oleh peretas.

Kesimpulan

Serangan DDoS merupakan ancaman serius bagi keamanan jaringan. Pada artikel ini, kami telah menjelaskan apa itu serangan DDoS, bagaimana cara melakukannya, dan jenis serangan DDoS yang ada.

Selain itu, kami juga membahas beberapa cara untuk menghadapi serangan DDoS seperti menggunakan layanan perlindungan DDoS berbasis cloud, mengkonfigurasi firewall, memperbarui sistem keamanan, dan melindungi jaringan dan perangkat kamu.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, karena begitu serangan DDoS terjadi dan server kamu offline, pemulihan dapat menjadi mahal – downtime website dapat memengaruhi penjualan dan reputasi bisnis kamu. Jadi pastikan bisnis kamu selalu siap menghadapi berbagai jenis serangan.

1.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments