Mengenal Gmail, G-Suite, dan Google Workspace

0
2071

Nama besar Google tentunya sudah tidak perlu lagi kita ragukan. Namun, Google tidak hanya sebatas mesin pencari populer di dunia, bukan? Ada banyak fitur dan layanan dari Google yang ternyata kita gunakan sehari-hari. Akan tetapi, apakah kamu sudah mengenal Gmail, G-suite, dan Google Workspace?

Seiring dengan kebutuhan akan penggunaan teknologi yang semakin bertambah, semakin banyak layanan dan fitur yang bisa kita gunakan secara online. Bahkan Google mampu memenuhi kebutuhan tersebut melalui berbagai layanan terbaiknya. Meski demikian, masih banyak orang yang belum tahu apa itu Gmail, G-suite, Google Workspace, dan layanan lainnya. Padahal akan sangat bermanfaat terlebih dengan fitur dan manfaat masing-masing yang diberikan.

Mari kita mengenal Gmail, G-suite, dan Google Workspace melalui artikel satu ini!

Mengenal Google Workspace

Mengenal Gmail dan Google Workspace
Google Workspace, layanan Google untuk berbagai aktivitas. (sumber: flickr)

Sudah tahu apa itu Google Workspace

Google Workspace adalah rangkaian aplikasi pintar yang disediakan oleh Google yang bernama G-suite. Jadi, jika kamu menemukan istilah Google Suite dan sulit untuk mendefinisikannya, kamu bisa langsung mengingat apa itu Google Workspace. Mengapa demikian?

Sebelumnya, Google Workspace bernama G-suite. Akan tetapi, aplikasi ini ternyata memiliki sejarah panjang dimana pada awalnya bernama Google Apps for Your Domain. Nah, Google Workspace ini memungkinkan para penggunaanya untuk mengontrol data sehingga akan lebih aman. Tidak hanya itu, layanan Google satu ini juga bisa memecah berbagai informasi.

Para penggunanya bahkan bisa memanfaatkan Artificial Intelligence atau AI yang membantu kinerja tim kamu bekerja lebih cepat dan lebih kolaboratif

Fitur Google Workspace Terbaik

Sebagai sebuah layanan dari Google yang mempermudah kinerja individu maupun organisasi yang menggunakannya, Google Workspace tentunya menawarkan berbagai fitur menarik yang bisa kamu gunakan dan manfaatkan kapan saja dan dimana saja.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau layanan satu ini merupakan pengembangan dari G-suite dengan perubahan pada integrasi yang lebih dalam dan realt-ime bagi semua tim yang tergabung dalam proyek atau rapat. Jika penasaran apa saja fitur yang disediakan bagi para pengguna Google Workspace, berikut adalah fitur-fitur yang bisa kamu nikmati kapan pun:

  • Gmail
  • Google meet
  • Google chat
  • Google kalender
  • Google drive
  • Current
  • Google doc
  • Spreadsheet
  • Apps script
  • Cloud search
  • Jamboard
  • Endpoint
  • Vault
  • Admin
  • Work insight

Ada juga beberapa fitur terbaik yang disediakan oleh Google Workspace, diantaranya adalah sebagai berikut:

Integrasi User Experience (UX)

Salah satu fitur terbaik yang Google Workspace tawarkan pada para penggunanya adalah user experience atau pengalaman pengguna yang terintegrasi. Dimana aplikasi tersebut mendukung semua jenis kebutuhan kerja yang harus pengguan lakukan secara online seperti kebutuhan untuk work from home (WFH) atau kerja jarak jauh.

Sistem Keamanan yang Baru

Sistem keamanan yang baru turut melengkapi fitur yang akan sangat berguna bagi mereka yang mengandalkan Google Workspace. Google memberikan sistem keamanan yang baru dan lebih baik bagi kamu yang ingin berkomunikasi berbasis teks maupun video agar bisa menyelesaikan pekerjaan.

Dengan begitu, Google Workspace bisa meminimalisir penyalahgunaan saat ada audit logging yang bisa mencegah gangguan saat kamu maupun pengguna lain melakukan video conference.

Mention Rekan Kerja

Salah satu manfaat dari adanya Google Workspace adalah mempermudah suatu tim untuk bekerja meski terhalang jarak dan tempat. Layanan Google satu ini juga menawarkan fitur menarik dan bermanfaat yaitu mention rekan kerja yang berfungsi memunculkan informasi terkait detail kontak rekan kerja kamu. Istilah mention atau menyebut tentunya sudah sangat populer terutama di kalangan para pengguna media sosial, bukan?

Mereview Dokumen Tanpa Harus Membuka Tab Baru

Ingin menghemat waktu saat rapat online? Tenang saja karena ada fitur review dokumen tanpa membuka tab baru. Jadi, kamu bisa mengedit dokumen dengan membuatnya langsung pada aplikasi Google Meet dengan mudah dan cepat sehingga bisa dicoba bahkan oleh para pengguna baru atau orang awam.

Aplikasi Tambahan

Selain beberapa fitur utama yang banyak digunakan, Google Workspace juga menawarkan berbagai fitur tambahan seperti aplikasi CRM, pengelolaan project, dan solusi admin. Dimana masing-masing fitur bisa kamu gunakan untuk kebutuhan dan fungsi yang berbeda. Apabila ingin membuat project secara otomatis melalui Gmail, kamu bisa memanfaatkan aplikasi pengelolaan project

Kelebihan Google Workspace

mengenal gmail dan Kelebihan Google Workspace
Google Workspace menawarkan banyak kelebihan pada para pengguna. (sumber: pixabay)

Setelah mengetahui apa itu Google Workspace dan fitur-fiturnya, kini saatnya untuk mengetahui kelebihan yang bisa pengguna dapatkan dan rasakan. Dengan begitu, kamu maupun tim akan semakin yakin untuk menggunakan layanan Google untuk setiap kebutuhan pekerjaan atau project.

Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Google Workspace:

  • Meningkatkan Kolaborasi Tim
  • Mudah digunakan
  • Akun Google menjadi lebih aman saat disinkronkan dengan perangkat tertentu
  • Fasilitas email dengan domain perusahaan atau organisasi sehingga akan membantu branding dan terlihat lebih profesional
  • Layanan yang mampu memenuhi kebutuhan berbagai jenis dan ukuran bisnis
  • Email bebas iklan agar pengguna bisa lebih fokus pada pekerjaan
  • Mudah diakses kapan saja dan dimana saja
  • Lebih hemat biaya

Mengenal Apa Itu G-suite

Mengenal Gmail, G-Suite, dan Google Workspace - 2024
Sudah tahu apa itu Google Suite yang sekarang bernama Google Workspace? (Sumber: flickr)

Sebenarnya, G-suite merupakan layanan Google yang kini sudah berganti nama menjadi Google Workspace sejak tahun 2021. Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui layanan satu ini. Namun, akses fitur terbagi ke dalam beberapa level plan sesuai dengan harga yang dibayarkan oleh pengguna. Semakin tinggi level, semakin banyak fitur yang bisa mereka gunakan.

Jika sebelumnya Google Suite atau G-suite tidak membatasi jumlah anggota serta kapasitas penyimpanan. Lain halnya dengan Google Workspace yang mulai menerapkan pembatasan pada dua hal tersebut. Fungsi dari layanan software satu ini adalah mengelompokkan seluruh perangkat produktivitas dan kolaborasi dengan basis cloud untuk berbagai kebutuhan termasuk bisnis, organisasi, dan lembaga.

Bahkan G-suite juga banyak digunakan untuk keperluan belajar menggunakan Google Suite for Education. Dengan begitu, bisa mengajak peserta didik agar lebih berpikir kritis dan kreatif.

Fitur G-suite

Lalu, apa saja fitur yang bisa pengguna Google Suite dapatkan? Sebelum berganti menjadi Google Workspace, para pengguna G-suite bisa menggunakan dan memanfaatkan berbagai fitur dari Google Suite, termasuk:

  • Mengakses email menggunakan nama domain perusahaan atau organisasi
  • Bisa menambahkan domain baru secara gratis
  • Memiliki teknologi cloud computing
  • Kapasitas penyimpanan yang besar hingga 30 GB
  • Fitur keamanan akan menjaga data pengguna tetap aman
  • Migrasi email dengan mudah
  • Dilengkapi dengan fitur Hangouts yang bisa memuat hingga 15 pengguna untuk bergabung

Kelebihan G-suite

Dengan segudang fitur yang diberikan oleh Google Suite, rasanya bukan tidak mungkin para pengguna bisa merasakan berbagai kelebihan dari layanan Google tersebut.

Berikut adalah beberapa kelebihan yang diberikan oleh Google Suite untuk para penggunanya:

  • Ringan sehingga proses loading lebih cepat
  • User interface (UI) yang familiar dan mudah dimengerti
  • Menawarkan fitur yang lengkap
  • Hadir dengan berbagai pilihan plan yang bisa pengguna sesuaikan dengan kebutuhan dan budget

Mengenal Gmail

mengenal gmail
Gmail memungkinkan pengguna mengirim pesan elektronik dan menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar. (Sumber: flickr)

Berbicara tentang Google dan beragam layanannya, rasanya kurang lengkap jika kita tidak membahas tentang Gmail. Gmail merupakan singkatan dari Google mail yaitu layanan surat elektronik yang Google kembangkan dalam bentuk web HTTPS atau berbasis web. 

Tahukah kamu kapan pertama kali Gmail diperkenalkan? Layanan Google satu ini sudah mulai ada sejak awal April 2004 namun pada saat itu masih berbentuk beta. Kemudian, mulai diperkenalkan ke publik sekitar tahun 2007 tepatnya pada tanggal 7 Februari. Namun, status beta baru lepas pada tanggal 7 Juli 2009. 

Ide pengembangan Gmail muncul dari seorang insinyur komputer Google yang bernama Paul Buchheit. Melalui Google, orang-orang atau pengguna internet bisa saling berkirim pesan elektronik sehingga lebih memudahkan dalam berkomunikasi jarak jauh. 

Meski kini sudah semakin banyak pengguna dan hadir menawarkan sekitar 15 GB penyimpanan, tetapi saat kemunculan pertama kalinya Google Mail hanya memberikan kapasitas sebesar 1 GB pada setiap pengguna. Setelah terintegrasi dengan Google Drive, yaitu layanan lain dari Google, kapasitas Gmail menjadi semakin besar. Hal tersebut tentunya semakin menguntungkan bagi pengguna.

Fitur Terbaik dari Gmail

Setiap layanan Google termasuk Gmail tentunya memiliki fitur terbaik yang membuat pengguna tetap setia menggunakan dan memanfaatkan layanan tersebut untuk menunjang berbagai kebutuhan termasuk bekerja. Berikut adalah beberapa fitur terbaik dari Gmail yang bisa kamu gunakan setelah membuat atau memiliki akun Gmail.

Terintegrasi dengan Produk Google

Salah satu fitur sekaligus manfaat dari Google Mail atau Gmail adalah terintegrasi dengan produk Google lainnya. Sehingga para pengguna bisa mengakses layanan Google yang tersedia dengan lebih mudah. Selain Google Drive, Google Play Store juga terintegrasi dengan baik dengan Gmail. 

Bahkan para pengguna bisa mengunduh aplikasi tanpa harus mendaftarkan atau membuat akun lagi. Bukankah ini lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan berbagai aplikasi yang orang butuhkan?

Label Email

Fitur lain dari Gmail yang bisa kamu manfaatkan dengan baik adalah label email. Satu buah email bahkan bisa memiliki banyak label yang berguna untuk menyortir email sesuai dengan label yang digunakan. Tidak hanya itu, para pengguna juga bisa menambahkan label secara otomatis menggunakan filter.

Minim Spam

Gmail minim spam karena merupakan layanan yang cerdas sehingga bisa mengetahui apakah email yang diterima merupakan email spam atau bukan. Dengan demikian, pengguna Gmail tidak akan mendapatkan banyak email spam yang tentunya akan mengganggu.

Jika Gmail mencurigai pesan masuk yang bersifat spam, maka pesan tersebut akan masuk ke folder spam. Apabila kamu sedang menunggu email dari seseorang atau dari pihak tertentu namun tidak kunjung masuk ke inbox Gmail, sebaiknya periksa folder spam. 

Menyediakan Teknologi Pencarian Google

Teknologi pencarian Google yang ada dalam Gmail akan mempermudah penggunanya untuk mencari email. 

Memberi Prioritas untuk Platform atau Layanan Lain

Fitur selanjutnya dari Gmail tentunya tidak kalah bermanfaat dari fitur lainnya. Dimana Gmail memberi prioritas pada platform atau layanan lain saat pengguna Gmail hendak melakukan pendaftaran di layanan tertentu. Banyak platform yang memudahkan pembuatan akun menggunakan akun Google sehingga pengguna tidak perlu repot.

Cukup login menggunakan akun Gmail dan proses pembuatan atau pendaftaran akun di suatu platform akan segera diproses.

Memungkinkan Pengguna untuk Mengirim Lampiran hingga 25 MB per Email

Saat berbicara tentang fitur Gmail, kamu bisa menikmati fitur yang mempermudah dalam mengirim pesan kepada siapapun. Pasalnya, kamu maupun pengguna lain dari Gmail bisa mengirimkan lampiran dengan ukuran hingga 25 MB untuk setiap email. Jadi, kamu bisa mengirimkan lampiran berukuran besar melalui satu email. Cukup menghemat waktu dan tenaga, bukan?

Kelebihan yang Dimiliki Gmail

Jika sudah yakin untuk menggunakan layanan Google berupa Gmail, kira-kira apa saja kelebihan yang bisa kamu dapatkan? Umumnya, setiap pengguna akan mendapatkan pengalaman menggunakan Gmail yang menarik melalui berbagai kelebihan yang ditawarkan Gmail, seperti:

  • Hadir dengan penyimpanan 15 GB untuk setiap akun yang tergolong besar
  • Dilengkapi dengan malware dan antivirus terbaik sehingga membuat Gmail menjadi layanan email teraman
  • Sumber daya yang cukup besar membuat Gmail berjalan dengan stabil sehingga tidak sering down
  • Memungkinkan pengguna untuk login ke lebih dari 1 akun Gmail baik di perangkat desktop maupun di aplikasi Gmail yang terpasang di smartphone Android maupun iOs
  • Notifikasi email masuk akan muncul tanpa harus repot melakukan refresh karena ternyata Google bisa refresh secara otomatis untuk email yang baru masuk

Kesimpulan

Jadi, sekarang sudah mengenal Gmail, G-suite, dan Google Workspace? Jika demikian, kamu tentu sudah tahu apa saja manfaat dari masing-masing layanan Google tersebut dan mengapa semuanya penting bagi kamu terutama untuk bekerja atau menjalankan bisnis. Layanan Gmail bahkan diperlukan untuk kebutuhan harian misalnya sekedar untuk membuat akun di platform media sosial atau mendownload aplikasi kesayangan di smartphone.

Untuk yang menjalankan bisnis atau proyek, tentunya akan memerlukan layanan seperti Google Workspace yang bisa didapatkan dari Exabytes. Kamu bisa memilih layanan sesuai kebutuhan yang juga menawarkan domain gratis dan gratis backup hingga 50 GB. Silahkan hubungi Exabytes untuk mendapatkan pilihan paket yang sesuai dan bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau sekarang juga.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments