8+ Tips Memilih Penyedia Layanan Colocation Server – Exabytes

85
8 min read

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa begitu penting untuk mengetahui tips memilih penyedia colocation server. Setiap perusahaan atau bisnis memiliki berbagai data penting yang harus disimpan dengan aman di tempat yang tepat. 

Untuk kebutuhan tersebut, colocation server berperan penting guna memastikan data disimpan di satu tempat dan bisa diakses untuk berbagai kebutuhan.

Dewasa ini, data center menjadi jantung pengusaha modern dengan menyediakan penyimpanan dan sumber daya jaringan guna mendukung berbagai penggunaan sesuai kebutuhan. Saat memilih server, kamu bisa mempertimbangkan colocation server

Sudah tahu cara memilih colocation server yang tepat?

Untuk bisa mendapatkan layanan yang tepat dari penyedia colocation server Indonesia, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan dengan baik. Itulah kenapa kamu akan membutuhkan tips memilih penyedia colocation server. Semua itu bisa kamu dapatkan mulai dari artikel ini!

Mengenal Apa Itu Colocation Server

Mengenal colocation server dan tips memilihnya
Memahami pentingnya colocation server untuk bisnis. (Sumber: pixabay)

Mungkin di antara kalian masih ada yang bertanya-tanya apa itu colocation server dan mengapa penting terutama bagi bisnis digital masa kini. Colocation merupakan layanan data center yang menyewakan ruang untuk kebutuhan penyimpanan server. 

Layanan ini memungkinkan perusahaan atau bisnis mendapatkan bangungan fisik berupa ruangan untuk menyimpan server mereka.

Selain ruang penyimpanan, mereka juga membutuhkan sistem pendingin, listrik, bandwidth, dan keamanan agar server tetap bisa bekerja sebagaimana mestinya. 

Memilih layanan colocation server yang tepat adalah sebuah keharusan karena kamu harus memastikan server tersebut dapat diakses dan minim gangguan sehingga tidak akan berdampak pada bisnis. 

Sebelum lebih jauh mencari informasi seputar tips memilih penyedia colocation server, kamu harus tahu seperti apa cara kerja jenis server satu ini. Dengan begitu, kamu akan semakin yakin bahwa colocation server adalah jenis layanan yang paling tepat yang dapat memenuhi kebutuhan kamu.

Dengan memilih colocation server, perusahaan atau bisnis menyewa layanan dari penyedia terpercaya. Meski demikian, penyedia layanan tersebut tidak akan menyentuh server fisik para kliennya kecuali jika ada penanganan yang harus dilakukan. 

Meskipun server memiliki peran penting untuk kebutuhan penyimpanan data, tetapi merawat server fisik bukanlah tugas yang mudah. Mengapa demikian? 

Setiap server harus dikelola dan dipelihara dengan baik, di mana kamu harus memastikan lingkungan sekitar mendukung agar server tersebut selalu bekerja secara optimal. Namun, hal tersebut justru menjadi kendala bagian sebagai besar pebisnis.

Untuk memastikan server tersimpan di tempat yang aman dan minim risiko serta gangguan yang dapat menghambat kinerja server, perusahaan biasanya menyewa layanan colocation. Bahkan, saat ini sangat mudah untuk mendapatkan colocation server murah namun tetap memberikan kualitas terbaik.

Tips Memilih Penyedia Colocation Server

Tips memilih penyedia layanan colocation server
Tips memilih penyedia colocation server. (Sumber: pixabay)

Sudah yakin untuk memilih colocation server? Agar tidak lagi tersisa keraguan untuk segera memilih layanan tersebut, kamu bisa mencari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan colocation server.

Sementara untuk mendapatkan layanan yang tepat, berikut adalah beberapa tips memilih layanan colocation server yang bisa kamu coba.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Colocation Server

Lokasi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika memelihara server berarti kamu harus memperhatikan setiap hal tentangnya termasuk lingkungan dimana server fisik nantinya akan kamu simpan. Jadi, saat memilih penyedia colocation server, salah satu hal yang harus kamu perhatikan dan pertimbangkan dengan baik adalah lokasi. 

Lokasi tempat penyimpanan data center menjadi salah satu alasan kenapa banyak perusahaan yang lebih memilih colocation server dibandingkan dengan layanan cloud server.

Pertimbangkan apakah kamu atau orang dari perusahaan bisa mencapai lokasi penyimpanan server dengan mudah. Apakah area di sekitar lokasi server rawan bencana seperti banjir, gempa bumi, dan lainnya. Pemilihan lokasi server yang tepat juga berhubungan dengan keamanan server itu sendiri. 

Ruang Bangunan

Nah, jika kamu butuh tips memilih penyedia colocation server, jangan sampai lupa untuk mempertimbangkan ruang bangunan, di mana server kamu nanti akan ditempatkan. 

Ruang fisik sama pentingnya dengan ruang digital untuk kebutuhan colocation kamu. Data center idealnya memiliki ruang yang lebih besar dan lebih baik. Sehingga peralatan akan berjalan dengan lebih efisien. 

Selain itu, pertimbangkan fasilitas yang memiliki ruang khusus untuk pemuliaan dan kelangsungan bisnis untuk berjaga-jaga apabila terjadi bencana.

Fleksibilitas dan Kemampuan Ekspansi (Skalabilitas)

Tips memilih penyedia colocation server selanjutnya adalah fleksibilitas dan kemampuan ekspansi atau skalabilitas. 

Memilih layanan satu ini bukan hanya untuk keperluan saat ini tetapi juga beberapa tahun kemudian di masa mendatang. Umumnya, penyedia layanan colocation server menawarkan tingkat fleksibilitas yang berbeda.

Beberapa dari mereka mungkin menawarkan solusi yang mungkin tidak memenuhi kebutuhan klien sedangkan penyedia lainnya menawarkan solusi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Artinya, mereka menawarkan layanan yang lebih fleksibel sehingga setiap klien merasa nyaman karena mereka bisa mempercayakan kebutuhan ruang fisik server. 

Jika perlu, kamu bisa mencari tahu lebih lanjut tentang ketersediaan ruang dan daya atau listrik. Seiring dengan berkembangnya bisnis, kamu mungkin membutuhkan ruang penyimpanan dan kapasitas daya (listrik) yang lebih di kemudian hari.

Keamanan

Pertimbangkan keamanan saat memilih penyedia layanan colocation
Pertimbangkan keamanan saat memilih layanan colocation. (Sumber: pixabay)

Untuk setiap jenis penyimpanan data yang kamu pilih, keamanan menjadi sangat krusial. Jadi, tips memilih penyedia colocation server selanjutnya berhubungan dengan keamanan. 

Tidak dapat dipungkiri jika data sangat penting bagi setiap bisnis. Saat menyimpan data di sebuah lokasi, akan lebih baik untuk memilih penyedia yang menyediakan keamanan tingkat tinggi dengan teknologi canggih dan terkini.

Fasilitas yang kamu sewa seharusnya memiliki beberapa lapisan keamanan, prosedur kontrol akses, pengawasan, dan sistem alarm. Tidak hanya itu, pemantauan lanjutan juga diperlukan agar bisa mendeteksi dan memberitahu kemungkinan keadaan darurat pada bangunan atau sistem yang ada di dalamnya.

Managed Service

Tahukah kamu jika beberapa penyedia layanan colocation menawarkan managed service? Dengan memilih managed service, penyedia colocation yang akan bertanggung jawab mengelola sistem dan infrastruktur di dalamnya. Mereka akan mengelola sistem keamanan server serta melakukan proses backup.

Tidak hanya itu, mereka juga akan bertugas untuk mengelola database dan memantau kesehatan server yang kamu punya. Untuk mendapatkan layanan satu ini, kamu bisa bertanya di awal berapa biaya tambahan yang harus dibayarkan sehingga tidak akan merasa terbebani nantinya. 

Baca Juga  Ketahui Secara Lengkap Apa Itu Colocation Server

Apabila budget yang kamu tetapkan untuk layanan colocation cukup besar, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan managed service.

Kamu juga bisa mencari tahu apa saja perbedaan colocation server dan dedicated server melalui artikel ini. Dengan begitu, kamu bisa tahu bahwa kedua jenis server ini memiliki berbagai perbedaan.

Daya Listrik

Listrik adalah hal penting lain yang diperlukan agar server tetap dapat berjalan. Saat memilih layanan colocation, kamu harus memahami berapa besar daya listrik yang diperlukan. Kamu bisa mendiskusikan kebutuhan daya dan sistem pendingin dengan jelas di awal dengan penyedia colocation.

Banyak penyedia yang hanya menyediakan 5 kW per rak penyimpanan server sehingga akan kesulitan untuk mendukung 10 kW per rak. Dengan kebutuhan yang semakin bertambah seiring dengan berjalannya waktu, daya listrik dan pendingin yang terbatas akan menyebabkan berbagai kendala di kemudian hari. 

Uptime yang Ditawarkan

Mempertimbangkan uptime bisa kamu masukkan ke dalam list tips memilih penyedia colocation server terbaik. Bagaimana pun juga, uptime server adalah faktor yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan. 

Downtime akan menghambat produktivitas bisnis sehingga kamu tidak bisa menjalankannya dengan maksimal. Bayangkan berapa banyak kerugian yang akan dialami oleh bisnis kamu selama downtime karena konten dan sumber daya penting tidak dapat diakses dalam kondisi tersebut.

Harga

Pada dasarnya, setiap orang ingin mendapatkan layanan berkualitas dengan harga terjangkau. Akan tetapi, semua kembali lagi pada kebutuhan individu atau perusahaan yang berbeda serta layanan yang ditawarkan. 

Saat memilih layanan colocation, pastikan kamu mendapatkan informasi harga di awal secara jelas termasuk layanan tambahan apa saja yang akan kamu dapatkan. Sehingga kamu tahu berapa biaya yang harus kamu bayar tanpa adanya biaya terselubung yang akan memberatkan di akhir masa kontrak layanan. 

Reputasi Penyedia Layanan

Reputasi penyedia layanan bisa kamu pertimbangkan sebagai tips memilih penyedia colocation server. Reputasi dibangung dari kepercayaan dan kepuasaan pelanggan sebelumnya dan bahkan bisa memengaruhi seseorang dalam memilih sebuah layanan termasuk colocation server. 

Agar semakin yakin dengan penyedia yang kamu pilih, cari tahu informasi riwayat dan track record penyedia. Lakukan riset, baca testimoni, dan temukan feedback dari pelanggan.

Customer Service

Layanan pelanggan dari penyedia colocation server
Layanan pelanggan yang ditawarkan penyedia colocation server. (Sumber: pixabay)

Colocation server tidak harus selalu berfokus pada ruang yang besar dan kecepatan yang maksimal. Fasilitas server yang juga sudah seharusnya menawarkan layanan pelanggan tanpa batasan waktu atau 24 jam setiap hari. 

Dengan demikian, calon pelanggan maupun pelanggan setia bisa menghubungi mereka kapan pun mengalami kendala atau ingin menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan layanan.

Kesimpulan

Dengan kebutuhan penyimpanan data yang berbeda bagi setiap bisnis atau perusahaan, sangat mungkin jika perusahaan kamu lebih membutuhkan layanan colocation server. Oleh karena itu, tidak ada ruginya untuk mulai mengumpulkan tips memilih penyedia colocation server agar tidak salah langkah nantinya.


Butuh layanan colocation cepat tapi tidak tahu harus kemana? Tidak perlu khawatir karena Exabytes bisa kamu pilih untuk mendapatkan colocation server dengan performa maksimal.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments