Error 501 Not Implemented: Pengertian dan Cara Mengatasinya

262
Error 501 not Implemented
8 min read

Sebagai pemilik website, Anda tentu saja harus siap ketika website mengalami beberapa masalah seperti error 501 not implemented. Error tersebut tidaklah terjadi tanpa sebab, ada beberapa alasan yang membuat website Anda mengalami error 501 not implemented.

Jika error tersebut muncul, pengunjung akan merasa terganggu ketika mencari informasi yang sedang mereka butuhkan di website dan bisa saja pengunjung akan enggan untuk kembali ke website, jika masalah ini tidak segera diselesaikan.

Efek serius lainnya selain ditinggalkan pengunjung adalah dampak negatif terhadap SEO, terutama jika Anda lambat dalam mengatasinya. Jika error 501 not implemented dibiarkan sampai berjam-jam, Google akan menganggap website sudah tidak direkomendasikan lagi karena sering terjadi masalah.

Maka dari itu, Anda harus mengetahui penyebab dan cara mengatasi error 501 not implemented tersebut. Namun sebelum ke pembahasan, tidak ada salahnya kita mencari tau lebih dalam apa itu error 501 not implemented.

Apa Itu Error 501 Not Implemented?

Error 501 not implemented adalah salah satu kode error http status codes, yang terjadi karena server tidak bisa untuk memenuhi permintaan data. Tidak hanya itu saja, kode error ini juga bisa muncul karena sebuah server yang tidak bisa mengenali metode request data.

Saat ini ada berbagai browser, sistem operasi, dan server web yang digunakan oleh pengguna, sehingga error tersebut bisa muncul dalam beragam bentuk di antaranya seperti 501 not implemented, error 501, HTTP 501, HTTP error 501 not implemented dan The server either does not recognize the request method, or lacks the ability to fulfill the request.

Setelah Anda mengenali tentang bentuk dari error 501 not implemented. Selanjutnya kita akan membahas tentang apa yang menjadi penyebab error ini terjadi.

Penyebab Error 501 not Implemented

Setiap kode kesalahan yang biasa terjadi di website pasti memiliki penyebabnya, tidak terkecuali error 501 not implemented. Lantas, apa penyebabnya? Yuk kita cari tahu!

Virus Malware

Penyebab yang paling umum terkadang bukan dari sisi server, melainkan penyebabnya adalah browser yang digunakan. Browser bisa saja rusak oleh serangan virus dan malware, sehingga bisa mengambil alih browser tersebut.

Server Error

Penyebab kedua yang bisa saja terjadi adalah server tidak dapat merespon permintaan dari browser yang dipakai pengunjung website. Kasus lainnya adalah website mencoba untuk melakukan permintaan data dalam jumlah banyak dari server, sehingga mengakibatkan server error.

Server Terjadi Overload

Trafik yang tinggi bisa menjadi salah satu penyebab error 501, biasanya Anda hanya menunggu beberapa waktu untuk pulih kembali dan lakukan reload.

Akan tetapi, jika hal tersebut terjadi kembali. Kami sarankan Anda untuk melakukan upgrade terhadap layanan web hosting dengan spesifikasi dan kapasitas yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tidak Pernah Diupdate

Penyebab lainnya adalah karena software yang tidak pernah di update atau bisa jadi karena kualitas update yang buruk dan tidak sempurna, sehingga server tidak bisa memenuhi permintaan dari browser yang sangat banyak.

Maka dari itu jangan lewatkan untuk melakukan maintenance WordPress secara rutin dari mulai update core WordPress, plugin, tema dan versi PHP yang digunakan di web hosting.

Konfigurasi yang Salah

Bagi pengguna NGINX, error 501 not implemented ini bisa terjadi karena kesalahan konfigurasi dan perlu segera diperbaiki. Jika Anda tidak bisa memperbaiki sendiri, maka Anda bisa meminta bantuan developer. 

Hosting yang Belum Dibayar

Penyebab yang bisa saja terjadi adalah tagihan hosting yang belum dibayar, karena beberapa layanan hosting biasanya akan memberikan notifikasi error 501. Tujuannya agar Anda masih memiliki kesempatan untuk membayar tagihan tersebut, sebelum dihapus secara permanen.

Nah, setelah Anda mengetahui apa penyebab dari error 501 not implemented. Anda sudah bisa mencegah agar website Anda tidak mengalaminya, minimal melakukan beberapa maintenance untuk pencegahan seperti memeriksa dan memperbarui semua file website apakah terinfeksi virus malware atau tidak.

Tidak lupa juga untuk cek kapasitas server dan tagihan jatuh tempo dari hosting web yang Anda gunakan. Apabila Anda telah melakukan kesalahan dalam memilih hosting, maka ganti sesegera mungkin hosting Anda dengan yang lebih tepat.

Tapi, bagaimana jika website sudah terlanjur mengalami error 501 not implemented? Tidak perlu panik, karena dalam pembahasan kali ini akan dibahas beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi error tersebut.

Cara berikut mungkin tidak membutuhkan teknis rumit, karena seringkali ada kasus di mana server maupun website sejatinya tidak mengalami masalah. Akan tetapi error tersebut bisa saja karena beberapa hal berkaitan dengan browser yang digunakan pengunjung website.

Cara Mengatasi Error 501 not Implemented

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika website Anda mengalami error 501:

Bersihkan Cache di Browser

Jika Anda sudah melakukan pemeriksaan terhadap file website maupun konfigurasi server dan ternyata tidak ada masalah di web server yang Anda gunakan, mungkin saja masalah terjadi di browser yang Anda gunakan.

Maka ada baiknya untuk mengatasi masalah di browser tersebut, salah satu masalah yang umum terjadi di browser adalah cache browser. Anda bisa membersihkan cache di browser, caranya sangat mudah hanya beberapa langkah saja!

Catatan: Dalam demo ini kami mempraktikannya menggunakan browser chrome ya! 

Langkah 1: Klik tombol menu di bagian sebelah kanan atas.

Error 501 Not Implemented: Pengertian dan Cara Mengatasinya - 2022

Langkah 2: Pilih dan klik menu More Tools.

Pilih dan klik menu More Tools.

Langkah 3: Pilih menu Clear Browsing Tools.

Pilih menu Clear Browsing Tools.

Langkah 4: Ada dua tab yang bisa Anda pilih seperti Basic dan Advanced. Defaultnya, browser sudah memilihkan untuk kita dengan pilihan yang aman di menu Basic. Pilih Time Range antara All Time, Last 4 weeks, Last 7 days, Last 24 hours, dan Las hour(dalam demo ini memilih All Time), lalu pilih Clear Data.

Ada dua tab yang bisa Anda pilih seperti Basic dan Advanced. Defaultnya, browser sudah memilihkan untuk kita dengan pilihan yang aman di menu Basic. Pilih Time Range antara All Time, Last 4 weeks, Last 7 days, Last 24 hours, dan Las hour(dalam demo ini memilih All Time), lalu pilih Clear Data.

Jika Anda lebih suka menggunakan shortcut, bisa menggunakan kombinasi Control+Shift+Delete (Windows) atau Command+Shift+Delete untuk pengguna MacOS.

Matikan Proxy Browser

Error terjadi juga bisa karena Anda menggunakan layanan proxy, maka penting sekali untuk melakukan pemeriksaan apakah layanan proxy aktif atau tidak. Caranya bagaimana? Yuk kita cari tahu sama-sama!

Langkah 1: Klik tombol menu di bagian sebelah kanan atas.

Klik tombol menu di bagian sebelah kanan atas.

Langkah 2: Klik Settings > Advanced > System > Open your computer’s proxy setting.

Klik Settings > Advanced > System > Open your computer’s proxy setting.
Klik Menu Settings
Klik Menu Advanced > System > Open your computer’s proxy
Klik Menu Advanced > System > Open your computer’s proxy

Langkah 3: Pada bagian bawah Automatic proxy setup, matikan Automatic detect settings. Kemudian matikan Use a proxy server yang letaknya di bagian bawah Manual Proxy Setup dan klik Save.

Pada bagian bawah Automatic proxy setup, matikan Automatic detect settings. Kemudian matikan Use a proxy server yang letaknya di bagian bawah Manual Proxy Setup dan klik Save.

Minta Bantuan Penyedia Hosting

Jika cara di atas sudah Anda terapkan, namun masih saja error 501. Mungkin saja masalah kali ini perlu bantuan teknis dari penyedia hosting, karena kemungkinan masalah terjadi pada server yang Anda gunakan.

Sehingga ketika masalah ini tidak bisa Anda selesaikan dengan membersihkan cache browser dan mematikan proxy, sebaiknya Anda menghubungi technical support server hosting WordPress yang Anda gunakan untuk mengatasi salah satu error http status codes 501 tersebut.

Jika Anda menggunakan layanan dari Exabytes Indonesia, bisa menghubungi technical support via chat di akun Anda.

Selesaikan Masalah Error 501 Not Implemented Sekarang Juga!

Setelah Anda mengetahui penyebab dari error 501 tersebut, lengkap dengan cara mengatasinya. Saatnya untuk melakukan pencegahan agar tidak terjadi error 501. Jika sudah terlanjur terjadi, selesaikan masalah tersebut secepatnya.

Jika terlambat, pengunjung website akan berhenti mengunjungi website Anda atau parahnya mesin pencari Google tidak akan merekomendasikan konten website Anda untuk muncul di halaman pertama mereka.

Saran kami adalah lakukan beberapa pencegahan agar tidak perlu mengalami error 501 tersebut, cara pencegahan bisa dengan melakukan perawatan secara rutin seperti memeriksa apakah website Anda terkena virus atau tidak, cek konfigurasi dan menggunakan layanan hosting terbaik dengan uptime server 99,99%.

Oh iya! Tidak kalah penting untuk pencegahan terjadinya error 501 adalah dengan menambahkan CDN pada website, agar kinerja server menjadi lebih ringan dan loading menjadi lebih cepat.

Akan tetapi, jika Anda sudah melakukan beberapa maintenance website secara rutin untuk pencegahan dan telah menerapkan cara mengatasi error 501 di atas seperti membersihkan cache dan nonaktifkan proxynamun error masih saja terjadi, jangan ragu untuk menghubungi technical support Exabytes Indonesia kapanpun dan di mana pun.

Semoga berhasil ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments